Lima Paket Proyek di Dinas PUTR Barru diduga Mengalami kekurangan Volume

Berita-Online.om, Barru – Sebanyak 5 (Lima) Paket Pekerjaan Proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Barru Sulawesi-selatan, Diduga Tidak sesuai dengan Spesifikasi Teknis Yang ditentukan Dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Akibatnya, Lima Pekerjaan tersebut diduga Mengalami kekurangan Volume Hingga Mengakibatkan kelebihan Pembayaran mencapai Ratusan Jutah Rupiah.

Hal tersebut berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi-Selatan Nomor : 38.A/LHP/XIX.MKS/05/2023 Tanggal : 12 Mei 2023.

Lima Paket Pekerjaan yang dimaksud tersebut diantaranya :

  1. Peningkatan Jalan Barantang – Manuba yang dikerjakan oleh CV Vensa Madani dengan anggaran 1 Milyar Rupiah.
  2. Pekerjaan Pembangunan Jalan Rabat Beton (Lanjutan) Lokae Kel. Coppo yang dikerjakan oleh CV DIP. (Penunjukan Langsung /PL).
  3. Peningkatan Jalan Bette – TangngassoE Yang dikerjakan oleh CV Mitra Bangun Nusantara dengan anggaran 2 Milyar Rupiah.
  4. Rekonstruksi Ruas Jalan Lampoko – Labunge yang dikerjakan oleh CV Cahaya Tunggal Sejahtera dengan anggaran 3,2 Milyar Rupiah.
  5. Pekerjaan Rekonstruksi Ruas Jalan Palanro – Pattanronnge yang dikerjakan oleh CV Mega Jaya Pratama dengan anggaran 6,3 Milyar Rupiah.

Akibatnya, Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dikonfirmasi melalui sambungan sellulernya, Senin (22/1/24), Kepala dinas PUTR Kabupaten Barru, Drs.Baharuddin mengatakan, Hal tersebut sudah ditindak Lanjuti.

” Itu sudah ditindak Lanjuti, dan semuanya telah melakukan pengembalian,” Ungkapnya.

Laporan : SUFRI

Pos terkait