Sejumlah Aset Daerah Milik Pemkab Soppeng Diduga Tidak Diketahui Keberadaannya

Ilustrasi Aset Daerah

Berita-online.com, Soppeng – Sejumlah Aset Milik Pemerintah Kabupaten Soppeng, Sulawesi-Selatan, diduga tidak diketahui keberadaanya hingga mendapatkan sorotan keras dari sejumlah Kalangan.

Sorotan tersebut salah satunya dari Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Pembela Rakyat (Perak) Sulsel.

Koordinator Hukum dan Pelaporan LSM Perak Sulsel, Burhan Salewangan SH Kepada wartawan mengatakan, berdasarkan Data Yang di miliki, pihaknya menemukan adanya sejumlah aset Milik pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng yang diduga tidak diketahui keberadaannya.

“Berdasarkan data yang kami miliki, Banyak aset daerah yang tidak diketahui keberadaannya yang nilainya sangat pantastis,” Ujar Burhan Salewangan SH, Kepada wartawan disalah satu warkop di kota makassar, Senin (15/1/24).

Aktivis senior dan tajam dalam menyoroti sejumlah kasus tersebut mengatakan, pihaknya belum dapat bersedia merincikan secara detail aset-aset yang di maksud.

” Kami belum dapat merincikan daftar aset-aset yang dimaksud, belum saatnya kami publik, yang jelasnya Temuan tersebut akan kami tindak lanjuti sebagai bukti awal pelaporan kami ke aparat penegak hukum,’ Ujarnya

Dikonfirmasi melalui sambungan aplikasi Whatsappnya, Kepala badan Pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah (BPKPD) Kabupaten Soppeng, Dipa, kepada wartawan Senin (15/1/24) mengatakan, hal tersebut hanya situsional pada saat pemeriksaan.

” Terkait temuan Aset, itu hanya situsional pada saat pemeriksaan, yang di harapkan pemeriksa harus ada saat itu,” Ujarnya Kepala BPKPD Soppeng, Dipa.

Lanjut Dipa, hal tersebut terjadi karena SKPD belum menyampaikan laporannya.

“SKPD Belum menyampaikan sehingga menjadi temuan saat itu, dan kami penanggung jawab aset sudah menindak lanjuti temuan tersebut oleh SKPD Dan disampaikan juga ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” Tutupnya.

Sekedar diketahui, BPK telah menemukan sejumlah Aset Daerah yang tidak diketahui keberadaanya.

Hal tersebut berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Soppeng tahun anggaran 2022 dengan nomor : 40.A/LH/XIX.MKS/05/2023 Tanggal 12 Mei 2023.

Laporan : SUFRI

Pos terkait