Caleg Terpilih di Pinrang Dari Partai Nasdem Dilaporkan Atas Dugaan Pemerkosaan

Foto Ilustrasi

Berita-Online.Com, Pinrang – Seorang Oknum Caleg Terpilih inisial KRN di Kabupaten Pinrang, Sulawesi-Selatan (Sulsel), diLaporkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Pinrang Atas Dugaan Pemerkosaan.

Kejadian pemerkosaan yang dilaporkan korban inisial NS (18) terjadi di salah satu rumah kontrakan di Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang sekitar Maret 2020 lalu.

Saat kejadian, korban mengaku sempat diajak ke kamar kemudian terlapor melakukan pemerkosaan tersebut.

“Pelapor diperlihatkan handphone (diminta memilih jenis handphone) kemudian dilakukan persetubuhan,” Ujar Kanit PPA polres Pinrang, Ipda Dr Sudirman.

Lebih Lanjut, Ipda Dr Sudirman mengatakan, Adapun korban melaporkan kejadian dugaan pemerkosaan tersebut ke polisi pada Selasa (4/6) lalu sekitar pukul 23.00 Wita. Namun hanya berselang beberapa jam kemudian korban mencabut laporannya kembali.

“Dilaporkan Selasa malam dan pemeriksaan selesai Rabu dinihari (5/6) sekitar pukul 03.00 Wita. Setelah kami selesai pemeriksaan kemudian datang lagi kembali (pada hari yang sama) untuk melakukan permohonan pencabutan laporan,” jelas Kanit PPA polres Pinrang, Ipda Dr Sudirman.

Ipda Sudirman menambahkan, korban mengaku telah bertemu dengan terlapor dan keluarganya dan memutuskan penyelesaian masalah secara kekeluargaan.

“Kami tidak terlalu paham (alasan pencabutan laporan). Katanya sudah bertemu dengan terlapor dan keluarga dan melakukan pencabutan laporan,” terangnya

Sudirman mengaku pihaknya sementara menunggu petunjuk dari Kapolres Pinrang terkait penanganan kasus tersebut. Sebab pelapor telah mencabut laporannya.

“Kami menunggu petunjuk dari pimpinan Pak Kapolres Pinrang dan kita akan melakukan gelar perkara,” Tutupnya.

Berdasarkan Penelusuran Redaksi Berita-online.com, Oknum Caleg inisial KRN Yang dilaporkan itu Diketahui merupakan Caleg Terpilih DPRD pinrang Dapil 3 melalui Partai Nasdem Dengan Perolehan 4843 Suara.

Ditempat Terpisah, Ketua DPD Nasdem Pinrang, H.Andi Irwan Hamid saat dimintai tanggapannya oleh Wartawan melalui sambungan sellulernya mengatakan pihaknya baru akan melakukan pengecekan terkait kebenaran informasi tersebut.

” Saya juga baru mau cek kebenarannya,” Singkat Ketua DPD Nasdem Pinrang, H.Andi Irwan Hamid, Minggu (9/6/2024) Malam.

Sementara itu, Perkumpulan Lembaga Kajian dan Advokasi HAM indonesia meminta aparat penegak hukum dan pihak-pihak terkait untuk tetap profesional dalam menangani kasus ini.

” Kami minta aparat penegak hukum dan pihak-pihak terkait untuk tetap profesional menangani kasus ini, kami dari Perkumpulan Lembaga Kajian dan Advokasi HAM indonesia akan mengawal kasus ini hingga tuntas,” Jelas Ketua Umum Perkumpulan Lembaga Kajian dan Advokasi HAM indonesia, Arham MS.

Pos terkait