Tindak Lanjuti Keluhan Masyarakat Sulitnya Dapatkan BBM Subsidi, Polres Pinrang Gelar Operasi Disejumlah SPBU

Kanit Tipidter Polres Pinrang, Iptu Muis Panrita (Baju Hitam) Saat Melakukan Operasi di Sejumlah SPBU, Sabtu (28/10/23) Malam Hingga Sore.

Berita-Online.Com, Pinrang – Jajaran Kepolisian Dari Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pinrang, Menggelar Operasi Disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di kabupaten Pinrang, Beberapa Hari Terakhir Ini.

Dari Pantauan Wartawan, Sejak Seminggu terakhir ini, Nampak Sejumlah Personil Kepolisian Berpakaian Preman Menyambangi Setiap SPBU.

Kepada wartawan, Hal tersebut dibenarkan Polres Pinrang bahwa pihaknya telah melakukan operasi.

” Sehubungan Dengan Maraknya Laporan dan Informasi dari Masyarakat Tentang Adanya Dugaan Penyalahgunaan Penyaluran BBM Bersubsidi, Maka Jajaran Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pinrang Langsung Bergerak Cepat Melakukan Pengembangan.” Ujar Kasatreskrim Polres Pinrang, Melalui Kanit Tipidter, Ipda Muis Panrita, S.Pd.i Senin (23/10/23) Malam.

Menurut Ipda Muis Panrita, S.Pd.i Apabila ditemukan pelaku pelanggaran Penyalahgunaan BBM Bersubsidi, maka Pihaknya akan melakukan penindakan tegas dan memproses sesuai hukum yang berlaku.

” Berdasarkan Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2021 tentang Minyak dan Gas Bumi, Semua Pengusaha SPBU dan Lembaga Penyalur BBM serta HPMS diwilayah hukum Polres Pinrang Telah Kami surati dan Ingatkan Untuk tidak melakukan Pelanggaran Penyalahgunaan Penyaluran BBM bersubsidi,” Terangnya.

Ipda Muis Panrita,S.Pd.i Menegaskan Bahwa Polres Pinrang tidak akan memberikan Ruang Bagi Pelaku Pelanggar Penyalahgunaan Penyaluran BBM bersubsidi,” Tegasnya.

Berdasarkan Hasil Pantauan Wartawan, Dari Sekian Jumlah SPBU Yang telah di sambangi Oleh Jajaran Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pinrang, Tiga Diantaranya Tidak Luput Dari Operasi tersebut. Diantaranya, SPBU 74.91218 Jalan Lingkar, Kel Jaya Kec Watang Sawitto, SPBU 74.01267 Bungi, Kec Duampanua dan SPBU 74.91214 Pangaparang Desa Binanga Karaeng Kec Lembang.

Tindakan Gerak Cepat yang dilakukan Oleh Jajaran Kepolisian untuk Menindak Lanjuti Keluhan dan Laporan Masyarakat, Sejumlah Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Polres Pinrang.

” Akhir-akhir ini kami akui sebagai Masyarakat biasa sangat Sulit mendapatkan BBM Bersubsidi di SPBU, Entah Apa penyebabnya, Kalaupun Stoknya Ada, Antriannya sangat panjang apabila ingin membeli BBM Bersubsidi, Dengan Adanya Operasi Kepolisian Beberapa Hari Terakhir ini, BBM Sudah tidak sulit Lagi Didapatkan.” Ujar L, Salah satu Warga Desa Bungi Yang berprofesi sebagai Petani.

Hal senadah Juga di katakan oleh W dan R, Warga Desa Binanga Karaeng dan Desa Pangaparang.

” Akhir-Akhir ini sudah tidak sulit Lagi kita dapatkan BBM bersubsidi, Kami dengan kabar Tiap Hari sudah Ada Polisi Yang mengawal Penyaluran BBM Subsidi.” Terangnya

Diberitakan Juga Sebelumnya, Sejumlah Mahasiswa dan Pemuda Menggelar Aksi unjuk Rasa didepan Mapolres Pinrang Menuntut Polres Pinrang melakukan Pengawasan Terhadap Oknum Mafia BBM Bersubsidi, Senin (16/10/23) sore.

Massa Meminta Jajaran kepolisian Polres Pinrang untuk mengawal Penyaluran BBM Bersubsidi agar Tepat Sasaran.

Bahkan Pengunjuk Rasa Mengancam Polres Pinrang Melakukan Aksi Susulan Dengan Jumlah Massa Yang Lebih Besar Apabila tuntutannya Tidak Ditindak Lanjuti.

Kapolres Pinrang melalui sambungan sellulernya mengatakan bahwa pihaknya telah menerima para demonstran dan akan pelajari masalah tersebut.

” Tentunya kami akan pelajari terlebih dahulu permasalahan permasalahan nya” ujar Kapolres Pinrang AKBP Andiko wijaksono SIK, Senin (16/10/23) malam.

Mantan Kapolres Parepare ini juga menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas para oknum mafia BBM.

“Akan kita ambil langkah sesuai ketentuan yang berlaku,” Tegasnya.(*)

Pos terkait