Polres Enrekang Diminta “Lidik” Penyaluran Bantuan Sosial Dana Hibah TA 2021

Foto Ilustrasi Dana Hibah

Berita-Online.com, Enrekang – Badan Pemantau Aset Negara (B-PAN) Sulawesi-Selatan, Meminta Polres Enrekang Polda Sulsel untuk Menelusuri aliran Bantuan Sosial Dana Hibah Tahun Anggaran 2021.

Hal tersebut di ungkapkan koordinator Monitoring dan Investigasi B-PAN sulsel, Muliadi SH, Jumat,(21/7/23) siang, disalah satu warkop di kota Makassar.

Aktivis Senior ini menjelaskan, berdasarkan hasil investigasinya, kuat dugaan bantuan sosial dana hibah yang dikucurkan oleh pemkab Enrekang melalui Sekretariat Daerah Bidang Kesra belum dapat dipertanggung jawabkan sepenuhnya.

Ditanya Bantuan sosial dana hibah yang di maksud, Muliadi SH Menjelaskan bahwa ada aliran dana ke Komite Olahraga Nasioanal Indonesia (KONI) sebesar 775 Juta Rupiah, dan sebanyak 701 Juta diduga belum dipertanggung jawabkan.

Lanjut muliadi SH, Dari Dana 701 Juta rupiah itu, Koni diketahui memberikan dana sebesar 375 Juta Rupiah kepada klub Gabungan sepak bola Massenrempulu (Gasma) untuk Persiapan dan pelaksanaan Liga 3 Profesional.

Selain Bantuan Dana Hibah Untuk Koni, Juga ditemukan adanya Kucuran Dana Sebesar 215 Juta Rupiah Kepada sejumlah Kelompok penerima bantuan sosial yang diduga belum menyampaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ).

“sebanyak 701 Juta rupiah Bantuan Sosial Dana Hibah ke Organisasi Koni yang diduga belum dipertanggung jawabkan, dan Sebanyak 215 Juta Rupiah kepada sejumlah Kelompok penerima bantuan yang diduga belum melaporkan LPJ nya,” Tutup Muliadi SH.

Sementara Kapolres Enrekang, Melalui Kasatreskrim Polres Enrekang, AKP Halim Lau, mengapresiasi adanya informasi tersebut.

” Terima kasih infonya, kami akan Menindak lanjuti informasi tersebut sesuai prosedur Yang berlaku,” Singkatnya, Jumat (21/7/23).

Hingga Berita ini ditayangkan, Belum ada klarifikasi resmi dari OPD terkait dan Pihak Penerima Bantuan, Namun wartawan terus berupaya Melakukan Klarifikasi untuk pemberitaan selanjutnya.

Bersambung…..

Laporan : Sufri Lakotong

Pos terkait