Tiga Proyek Puskesmas di Sidrap Diduga mengalami Kekurangan Volume

Berita-Online.Com, Sidrap – Sebanyak 3 (tiga) Proyek Puskesmas di Kabupaten Sidrap, Sulawesi-selatan (sulsel) menuai berbagai sorotan.

Hal tersebut di ungkapkan koordinator Monitoring dan Investigasi Badan Pemantau Aset Negara (B-PAN) Sulawesi-selatan, muliadi SH, Minggu (16/7/23) sore.

” berdasarkan hasil monitoring dan investigasi kami di lapangan, ada 3 proyek milik dinas kesehatan Sidrap diduga kuat mengalami kekurangan Volume yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah,” Ujar muliadi SH.

Ketiga proyek puskesmas yang di maksud adalah, Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Manisa, Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Barukku, dan Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Bilokka.

Aktivis senior dan tajam dalam menyoroti sejumlah kasus tersebut menjelaskan, Adapun kekurangan volume tersebut terletak pada sejumlah bagian pekerjaan.

” Kekurangan volumenya terletak pada bagian pekerjaan lantai, pekerjaan plafond, pekerjaan kanopi, pekerjaan ACP, Pekerjaan mekanikal dan Pumbing,” Jelasnya

Ditanya terkait perincian nominal kekurangan volume yang terdapat pada setiap pekerjaan, Muliadi SH Langsung buka-bukaan.

” kalau mau perinciannya lebih detail, kami akan bukakan, namun yang jelasnya Puskesmas Barukku kekurangannya kisaran 91 juta, puskesmas Manisa kekurangannya kisaran 92 juta dan puskesmas bilokka kekurangannya kisaran 85 juta,” Tegasnya

Dengan adanya temuan tersebut, Muliadi SH Menegaskan, Pihaknya akan segera menindak lanjuti temuan itu dan akan segera membuat laporan ke Aparat Penegak Hukum (APH).

” Insya Allah senin ini kami akan membuat pelaporan secara tertulis ke APH, Kemungkinan laporannya ke Polres Sidrap atau Ke Polda Sulsel,” Tutupnya

Berdasarkan informasi yang diperoleh Wartawan Berita-Online.com, Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Manisa yang menelan anggaran 7,2 Milyar dikerjakan oleh CV Karosal yang berkantor di jalan andi Pannyiwi sidrap.

Sementara Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Barukku yang menelan anggaran 4,4 Milyar dikerjakan oleh CV Alkautzar Mandiri yang berkantor di jalan abdul mutalib dg narang Gowa.

Sedangkan Proyek Penambahan Ruangan Puskesmas Bilokka yang menelan anggaran 6,8 Milyar dikerjakan oleh CV  Era Mustika Graha yang berkantor di jalan toddo puli raya timur komp griya Kota Makassar.

Dikonfirmasi melalui sambungan Aplikasi WhatsApp nya, Pejabat Pelaksana Tehnik Kegiatan (PPTK), Mahmuddin, tidak menampik adanya temuan tersebut. Namun menurutnya hal tersebut telah diselesaikan oleh pihak rekanan.

” Ini laporan hasil pemeriksaan BPK RI Tentang kekurangan volume pekerjaan dan pihak rekanan telah dilakukan langkah tindak lanjut dengan memerintahkan kepada pihak penyedia untuk melakukan pengembalian ke kas Daerah dan telah dilaksanakan,” Ujar PPTK, Mahmuddin, senin (17/7/23) pagi.

Laporan : Sufri

Pos terkait