Search

Pulau Semak Daun Wisata Menarik di Kepulauan Seribu

Pulau Semak Daun Wisata Menarik di Kepulauan Seribu
Share this :

Wisata menarik di Kepulauan Seribu atau sering juga disebut dengan pulau seribu, merupakan sebuah tempat yang berada di daerah Utara Jakarta dalam jarak sekitar 45 kilometer. Total pulau yang ada di area tersebut adalah 110 pulau. Ada sejumlah pulau yang tidak berpenghuni ada pula yang berpenghuni. Pulau ini tersusun di pinggiran Pulau Jawa dalam bentuk seperti rantai. Nama dari kepulauan ini dibuat berdasarkan banyaknya pulau yang tersebar di wilayah tersebut. Jumlah sebenarnya hanya mencapai dua ratus pulau. Tempat wisata ini merupakan salah satu dari beberapa tempat yang memikat wisatawan dengan ciri khas kepulauan tropis yang tentunya indah dan eksotik.

Ada dua kategori yang digunakan untuk wisata di pulau ini. Salah satu dari dua kategori tersebut adalah wisata private seperti private resort dan wisata lainnya. Pengunjung tentu saja harus memiliki undangan khusus untuk memasuki tempat ini. Selain dari wisata private yang tidak tersedia untuk banyak orang, para wisatawan bisa menikmati sebuah wisata taman nasional laut yang memiliki luas dalam kisaran 108.000 ha. Ada beberapa pulau yang bisa dilihat di kepulauan seribu. Berikut adalah ulasan untuk Pulau Semak Daun yang sering berada dalam urutan pertama daftar 10 pulau terendah di kepulauan seribu.

         | Baca juga : Wajib Baca ! Ini 5 Tips Travelling Saat Lebaran Tiba

Nama pulau ini mengindikasikan bahwa kepulauan ini dipenuhi oleh semak. Hal ini sesuai dengan kenyataannya. Pulau ini hanya ditumbuhi oleh semak dan beberapa pohon. Keunggulannya adalah pantai berpasir putih yang landai dan halus. Pulau ini tidak menyediakan penginapan karena tidak ada penghuni di pulau ini. Wisatawan biasa mengunjungi pulau ini pada dini hari dan pulang pada sore hari dengan transportasi yang sudah dipesan sebelumnya. Wisata menarik di Kepulauan Seribu ini hanya menyediakan satu pilihan yaitu menginap di tenda. Karena letaknya tidak jauh dari Pulau Pramuka yang berpenghuni dan menyediakan penginapan maka pengunjung tidak perlu khawatir soal akomodasi tempat tidur nyaman setelah mengunjungi tempat ini.

Pulau ini tidak hanya menyediakan pantai yang indah. Ada banyak wisata snorkeling yang bisa dicapai dari pulau ini. Tempat diving yang bagus jug banyak tersedia. Ini adalah kesempatan yang baik bagi seseorang untuk memanjakan matanya dengan keindahan bawah laut. Mengunjungi pulau ini bisa dilakukan dari Pelabuhan Muara Angke. Untuk berlayar ke pulau ini membutuhkan waktu 3 jam apabila transportasi yang digunakan adalah kapal kayu tradisional. Rute perayaan akan melewati teluk Jakarta menuju titik persinggahan Pulau Pramuka,

Walaupun transportasi pelayaran tradisional mungkin murah dan menarik namun orang yang ingin mencapai tujuan dengan cepat bisa menyewa sebuah kapal cepat di Pelabuhan Marina Ancol. Hal yang sangat penting untuk dibawa adalah air bersih karena di pulau ini jarang sekali ditemukan spot air tawar bahkan biasanya orang yang berusaha mencarinya akan gagal untuk menemukannya. Hal ini dapat dijelaskan dari tumbuhan yang ada pada pulau tersebut. Keinginan untuk menginap di pulau tentu saja harus dipertimbangkan dengan baik. Hal lain yang harus dibawa akan sama dengan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk berwisata di alam liar.  Tidak ada binatang buas kecuali serangga di daerah ini. Memancing ikan akan dilarang karena daerah ini termasuk area taman nasional laut. Peralatan menyelam dan snorkeling adalah hal yang harus disediakan sendiri atau wisatawan bisa menggunakan akomodasi yang disediakan di Pulau Pramuka dan membawanya ke spot selam Wisata menarik di Kepulauan Seribu.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »