Search

Ini Dia 5 Tempat Wisata di Puncak Bogor Yang Wajib Dikunjungi

Ini Dia 5 Tempat Wisata di Puncak Bogor Yang Wajib Dikunjungi
Share this :

Salah satu tempat wisata yang terkenal di kota Bogor, yaitu wisata puncak di kota Bogor. Walau tempat ini tidak terlalu jauh dari kota Jakarta dan bisa ditempuh hanya kurang lebih selama satu jam perjalanan, kota Bogor menawarkan berbagai suasana yang sangat begitu berbeda, sehingga kota Bogor ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi atau tempat liburan akhir pekan favorit dari warga ibu kota Jakarta. Apalagi kota Jakarta ini mudah diakses dengan berbagai bermacam pilihan transportasi, diantaranya: dengan menggunakan kendaraan umum, seperti kereta api, atau kendaraan pribadi mobil atau motor pribadi.

Meskipun demikian, ternyata di kota Bogor ini masih banyak tempat-tempat wisata yang menarik di kawasan khususnya puncak Bogor yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Kebanyakan orang berpandangan bahwa tempat wisata di kota Bogor hanya kebun raya saja. Bahkan di kawasan sekitar kota Bogor ini, sama seperti Puncak sampai ke Cipanas yang berada di kota Cianjur juga menawarkan sangat banyak sekali tempat wisata yang memikat hati wisatawan dan dapat ditempuh dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Hal ini yang membuat sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk liburan di akhir pekan.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di kawasan puncak kota Bogor:

  1. Menyusuri kanal dengan menggunakan gondola di Little Venice Puncak

Tempat wisata ini terletak di kota Bunga, selain kita bisa menginap di salah satu tempat di vila yang bisa disewakan di sini, kita juga dapat berkunjung ke kawasan wisata Little Venice. Little Venice merupakan sebuah danau buatan yang dirancang dan dibangun menggunakan arsitektur semirip mungkin layaknya di kota Venesia di negara Italia.

Di sini Anda dapat mencoba dengan berbagai permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak sampai dengan menggunakan gondola yang bisa kita dayung sendiri. Apabila kita malas mendayung bisa juga kita biarkan petugas yang mendayung sendiri gondola, sementara itu, kita tinggal duduk santai menikmati pemandangannya yang indah. Wahana dari tempat wisata di sini yang tak kalah menarik lainnya adalah Mississippi Boat Ride yang menggunakan perahu yang bertema western.

little venice Bogor
Little Venice Puncak (by pegipegi)

  1. Melihat keindahan bunga sakura tanpa harus mengunjungi ke negara Jepang: Tempat wisata ini bernama Taman Sakura, yang letaknya di Kebun Raya Cibodas

Apakah salah satu impian kita adalah melihat secara langsung kecantikan bunga sakura yang terkenal ini? Sekarang ini untuk dapat melihat keindahan bunga sakura ini tanpa membayar mahal hanya untuk terbang ke negara Jepang. Kita tinggal meluangkan sedikit waktu berwisata ke daerah sekitar Kebun Raya Cibodas.

Pohon dengan bunga yang berwarna pink ini yang identik dengan negara Jepang atau disebut dengan Negara matahari terbit ini sudah ditanam semenjak tahun 1971 untuk memperkaya keindahan dari taman tematik yang berada di Kebun Raya Cibodas. Tak kurang ada sekitar 435 pohon bunga sakura yang dapat kita temukan di taman ini yang dikelilingi oleh keindahan Gunung Gede-Pangrango.

bunga sakura puncak bogorbunga sakura puncak bogor
Wisata Taman Sakura

Bahkan pohon-pohon sakura yang berada di tempat ini lebih hebat daripada di negara asalnya, yaitu negara Jepang. Kalau di Jepang bunga sakura hanya mekar sebanyak sekali setahun pada tiap musim semi. Di tempat ini kita bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut sebanyak 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari sampai dengan bulan Februari dan sekitar bulan Juli sampai bulan Agustus. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh perbedaan iklim serta kontur tanah. Selain Taman Sakura ini, di Kebun Raya Cibodas juga pengunjung dapat menikmati keindahan padang rumput yang sangat luas, pohon-pohon raksasa yang telah berusia tua, berbagai macam koleksi tanaman yang sudah langka, taman lumut yang sangat unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, serta rumah kaca.

  1. Tempat Wisata Penangkaran Rusa di Giri Jaya

Tempat wisata penangkaran rusa di Giri Jaya ini berdiri sejak tahun 1993. Di area yang seluas 5 hektar ini dulunya dikenal dan bernama Penangkaran Rusa Cariu. Di tempat wisata ini kita dapat menghabiskan waktu, seperti: bermain dan bercanda dengan rusa-rusa yang menggemaskan. Di penangkaran rusa ini yang terletak di Desa Buana Jaya ini adalah tempat dikembangbiakan beberapa jenis rusa, seperti: Rusa dari Cheetal, Rusa dari Jawa, dan juga Rusa dari Bawean. Jika kita pergi ke sana dengan membawa kendaraan pribadi, kita diwajibkan untuk memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah tersedia, lalu kita bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati jembatan gantung yang berada di atas Sungai Cibeet untuk sampai menuju lokasi tujuan. Jangan lupa juga untuk berhenti sejenak dan mengabadikan beberapa foto-foto ketika berada di atas jembatan tersebut ya, karena pemandangannya benar-benar menakjubkan dan sangat luar biasa.

Wisata Penangkaran Rusa di Giri Jaya
Wisata Penangkaran Rusa di Giri Jaya

Setibanya kita di kawasan penangkaran rusa ini, kita pun diperkenankan untuk memberi makanan serta main dengan hewan rusa tersebut, dan tentunya jua berfoto-foto. Kita bisa membeli ubi untuk diberikan ke rusa-rusa. Ubi yang merupakan makanan rusa ini banyak dijual oleh petugas penangkaran rusa. Selain makanan ubi, apabila di pagi hari rusa-rusa ini juga biasa menyantap rumput, sedangkan apabila di malam hari rusa-rusa ini ngemil dedak.

Selain itu, kita juga diperkenankan dan bisa membeli rusa-rusa tersebut untuk dipelihara di rumah. Syaratnya apabila kita ingin memelihara rusa, yaitu memiliki halaman yang luas serta mengajukan permohonan untuk pembelian ke Dinas Perhutani Kabupaten Bogor yang bertempat di Cibinong. Akan tetapi, kita hanya bisa membeli rusa maksimal hanya tiga ekor saja selain itu juga syaratnya tentunya selama populasi rusa di tempat penangkaran di sini cukup tinggi.

Selain jadi tempat wisata ini dijadikan untuk mengembangbiakkan rusa, wahana wisata di sini juga menyediakan lokasi untuk outbound dan tempat untuk perkemahan yang berkapasitas sampai 200 orang.

  1. Tempat wisata hutan pinus yang sangat romantis seperti yang ada di film Twilight: Tempat wisata ini bernama Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Siapa yang bilang di Negara Indonesia tidak ada hutan pinus yang mirip seperti di negara Amerika? Di sekitar daerah Sentul sebelah Selatan kita bisa menemukan hutan pinus yang secara sepintas akan membuat kita lupa kalau sedang berada di Negara Indonesia.

Tempat wisata taman wisata alam gunung Pancar ini terletak pada ketinggian 800 meter dari atas permukaan air laut. Tempat wisata Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini menyuguhkan suasana hutan dengan pohon-pohon pinus yang ramping dan menjulang tinggi ke atas sehingga akan memberi kesan dramatis sekaligus romantis. Oleh sebab itu, jadi jangan heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Kalau kita sudah puas berfoto-foto ria atau bahkan piknik di tengah-tengah udara yang segar dan sejuk di sini, kita bisa langsung melanjutkan dengan relaksasi di tempat pemandian air panas yang buka selama 24 jam. Lokasinya pun tak jauh dari pintu masuk dari taman wisata ini.

Wisata Alam Gunung Pancar
Wisata Alam Gunung Pancar (by pegipegi)
  1. Tempat Wisata Mendaki Gunung Batu

Tempat wisata mendaki gunung batu ini terletak di daerah kawasan Jonggol. Gunung Batu menawarkan sebuah hal dan pengalaman tak akan terlupakan bagi para petualang sejati khususnya para pendaki gunung, terutama kita yang baru saja mulai tertarik dengan menggeluti dunia mendaki gunung.

Wisata Mendaki Gunung Batu
Wisata Mendaki Gunung Batu (by matajatim)

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »