Search

Ini 5 Tempat Wisata Yang Terkenal Di Yogyakarta

Ini 5 Tempat Wisata Yang Terkenal Di Yogyakarta
Share this :

Siapa yang tak mengenal kota Yogyakarta ?. Semua orang bahkan para turis asing dari mancanegara mengenal dengan yang namanya kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta ini juga biasa disingkat dengan nama kota Jogja. Singkatan Jogja yang berarti kepanjangan dari Yogyakarta. Atau ada juga orang yang menyebut dan menulis dengan tulisan Yogya. Akan tetapi,  semua istilah dan singkatan serta kepanjangan tersebut tetap saja mengarah ke istilah nama kota Yogyakarta, bukankah seharusnya memang seperti itu.

Menyebut kota Jogja itulah yang ada di benak setiap orang yaitu akan mengarah kepada sebutan D.I.Y. (kepanjangan dari Daerah Istimewa Yogyakarta). Alasan mengapa Yogyakarta menjadi daerah istimewa dikarenakan kota Jogja pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda pernah menjadi ibu kota dan pusat kegiatan dari pemerintah itu sendiri.

Kota Jogja memang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang khas dan memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong maupun turis baik yang datang dari dalam negeri maupun turis atau pelancong yang datang dari luar negeri. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang terdapat di kota Yogyakarta :

  1. Wisata ke Keraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (credit : flickr)

Selain itu, yang ada di benak setiap orang akan mengarah ke kerajaan Mataram yang berada di kota Yogyakarta. Ngomong-ngomong apabila sudah berbicara tentang kerajaan, maka akan teringat dengan adanya salah satu tempat wisata yang terkenal, yaitu keraton Yogyakarta. Kemudian di sebelah utara keraton dengan hanya berjalan kaki kita bisa melihat-lihat suasana pusat keramaian di Yogyakarta, yaitu terdapat tempat wisata juga yang dikenal dengan nama malioboro. Di malioboro ini kita bisa melihat-lihat hasil dari kerajinan dan buah tangan masyarakat yang tinggal di pinggiran desa kota Yogyakarta, mulai dari kerajinan yang terbuat dari kayu, kerajinan dari rotan, dan hasil kerajinan-kerajinan lainnya.

  1. Wisata ke pusat perbelanjaan Malioboro yang legendaris
Malioboro
Malioboro (credit : flickr)

Selain itu, di malioboro juga tersedia makanan khas kota Jogja yaitu gudeg Jogja yang memiliki cita rasa yang khas dengan rasanya yang khas juga yaitu makanan tradisional dari kota Jogja ini memiliki rasa manis dengan bahan manis pembuatannya berasal dari gula jawa yang terdapat juga rasa santan kelapa yang gurih dan nikmat. Selain itu, ada juga makanan lain yang terkenal, yaitu nasi kucing. Menu makanan nasi kucing ini adalah makanan favoritnya para pelajjar dan mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan harga makanan nasi kucing yang hanya dibandrol dengan harga 4 ribu rupiah saja. Selain itu, rasa khas menu makanan nasi kucing ini juga dengan rasa pedas yang sumbernya dari sambel khas Jogja dengan ditaburi ikan asin dengan nasinya.

  1. Wisata ke Candi Borodudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur (credit : flickr)

Candi borobudur memang sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Di candi Borobudur ini juga kita biasa menemui turis mancanegara yang berasal dari Amerika, Australia, dan negara-negara lainnya. Tidak kalah juga jumlah turis domestik atau pelanong lokal pun ada banyak yang suka berkunjung ke salah satu tempat wisata ke Jogja ini candi Borobudur. Candi Borobudur adalah salah satu candi Budha yang ada di Indonesia. Candi Borobudur juga merupakan candi atau kuil Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur juga sekaligus sebagai monumen terbesar Budha di dunia. Lokasi candi Borobudur berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Negara Indonesia, atau kira-kira 100 kilometer di sebelah barat daya kota Semarang. Apabila kita ingin mengunjungi candi Borobudur ini berada di Magelang, jadi apabila naik kendaraan menuju andi Borobudur bisa mengambil arah jalan yang menuju kota Semarang, maka nanti setelah masuk dan akan menuju ke kota Magelang akan ada petunjuk jalannya untuk menuju ke lokasi pintu masuk candi Borobudur.

Candi Borobudur ini memiliki tulisan berupa relief yang berjumlah 2.672 panel relief. Candi Borobudur juga memiliki 504 arca Budha. Oleh karena itu, candi Borobudur ini memiliki koleksi refief Budha paling lengkap dan paling terbanyak di dunia. Bangunan andi Borobudur terdiri dari enam teras, di mana bentuk bangunannya bujur sangkar. Di mana, sebelah atasnya andi Borobudur ini terdapat 3 pelataran yang memiliki bentuk melingkar. Di tengah-tengah candi Borobudur ini terdapat arca Budha yang paling besar, di mana arca yang paling besar ini dilingkari atau dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa yang memiliki lubang yang di dalamnya terdapat arca Budha yang sedang duduk sila dengan posisi teratai sempurna dengan sikap tangan yang sedang memutar roda dharma.

Sebenarnya selain candi Borobudur terdapat juga candi lainnya, yaitu biasa disebut dengan tiga serangkai. Di mana, candi-candi tersebut lainnya merupakan candi Mendut dan candi Pawon yang posisinya membujur membentang satu garis lurus dengan candi Borobudur, candi Pawon, candi Mendut.

Jadi, apabila kita mampir ke candi Borobudur, maka tidak ada salahnya mampir dang mengunjungi juga ke candi=andi yang lainnya, seperti: candi Pawon dan candi Mendut.

  1. Wisata ke Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan (credit : flickr)

Tempat wisata yang berikutnya yang terkenal juga di kota Jogja, yaitu candi Prambanan. Candi Prambanan ini juga biasa disebut dengan sebutan candi Loro Jonggrang. Candi Prambanan atau candi Loro Jonggrang ini adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan atau candi Loro Jonggrang ini dibangun pada abad ke-9 masehi.

Kompleks candi Prambanan atau andi Loro Jonggrang ini lokasinya berada di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Candi prambanan atau candi Loro Jonggrang ini berada di kira-kira 17 kilometer arahh barat daya dari kota Jogja. Apabila kita ingin menuju ke andi Prambanan atau candi Loro Jonggrang ini, kita bisa berkendara baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil dengan mengambil jalan yang arahnya mau ke kota Solo. Nanti, selama perjalanan akan melewati yang namanya jalan jogja-solo yang mau ke kota Klaten. Nah letak candi Prambanan atau candi Loro Jonggrang ini berada di antara kabupaten Sleman dan kabupaten Klaten.

  1. Wisata ke pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis (credit : flickr)

Siapa yang tidak mengetahui salah satu pantai yang terkenal di kota Jogja ini bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Pantai ini memiliki nama pantai Parangtritis. Lokasi pantai Parangtritis ini berada di desa Parangtritis. Jadi nama parangtritis diambil dari sebuah nama desa, yaitu desa Parangtritis. Pantai Parangtritis berada di kecamatan Kretek, Bantul, Kota Yogyakarta.

Pantai Parangtritis memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing mancanegara maupun turis atau pelancog lokal dari dalam negeri sendiri. Hal tersebut dikarenakan keindahan dari pantai Parangtritis sendiri, yaitu terdapatnya ombak-ombak yang besar dan terdapat gunung-gunung pasir yang biasa disebut dengan gumuk.

Untuk fasilitasnya sendiri dari pantai Parangtritis ini terdapat penginapan, serta aneka hasil kerajinan tangan atau buah tangan berupa souvenir-souvenir yang bisa dibeli di lokasi pantai Parangtritis ini. Di pantai Parangtritis juga terdapat jasa sewa kendaraan ATV, kereta kuda, dan kuda yang bisa digunakan untuk menyusuri pantai Parangtritis dari arah timur ke barat pantai Parangtritis

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »