Search

7 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

7 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi
Share this :




Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing dan memiliki tempat wisata alam di Jogja yang sangat menarik tentunya. Anda tentu penasaran dengan tempat wisata alam yang ada di Jogja dan wajib Anda kunjungi. Berikut sedikit ulasannya.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis ini menjadi pantai yang paling dikenal di Jogja, sehingga pantas mendapat sebutan sebagai salah satu tempat wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi. Memiliki jarak 25 km di arah selatan pusat kota Jogja, Pantai Parangtritis adalah pantai yang ada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai ombak yang besar. Pantai ini memiliki keunikan berupa bukit pasir yang juga disebut gumuk. Bila Anda ingin pengalaman yang lain, Anda bisa mencoba paralayang di Bukit Parangndong di Pantai Parangtritis.

  1. Goa Pindul

Goa Pindul yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan pesona keindahan aliran air berwarna biru kehijauan yang jernih dan mengalir memasuki goa. Selain itu tempat wisata alam ini juga menawarkan kenyamanan saat melakukan aktifitas rafting cavetubbing sambil menikmati aliran sungai bawah tanah yang indah dan tenang.

  1. Goa Jomblang

Goa Jomblang yang juga terletak di Kabupaten Gunungkidul ini merupakan goa vertikal yang cukup menantang adrenalin dan memiliki hutan purba di dalamnya. Selain itu jika Anda mengunjungi Goa Jomblang pada jam 10 hingga 12 siang maka Anda bisa menyaksikan keindahan cahaya yang menembus goa yang sering mendapat sebutan cahaya surga. Keunikan dan keindahan Goa Jomblang ini menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

  1. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo menjadi salah satu objek wisata arung jeram yang dapat Anda kunjungi. Arung Jeram Citra Elo ini merupakan arung jeram yang paling pas untuk pemula atau wisata keluarga karena memiliki arus yang relatif tak berbahaya jika dibandingkan dengan yang ada di sungai lain di daerah sekitar Jogja. Selain itu Arung Jeram Citra Elo ini juga dapat dikunjungi kapanpun, tak seperti sungai lain yang tak dapat dikunjungi saat musim panas.

  1. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang ada di sekitar kota Yogyakarta dan paling dikenal. Selain itu Gunung Merapi ini menjadi salah satu favorit tujuan para pecinta alam yang memiliki hobi mendaki gunung dan menikmati pesona keindahan sunrise atau matahari terbit di bagian puncaknya. Harga tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Merapi sebesar Rp 3.000,-.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk yang juga disebut Slempret ini berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini terus mengalir seperti tak mengenal musim dan kesegaran airnya berbanding terbalik dengan kondisi bumi Gunungkidul yang dikenal kering. Air terjun ini diapit oleh tebing yang mempunyai ketinggian hingga mencapai 50 meter.

  1. Pantai Baron

Pantai Baron yang juga berlokasi di Kabupaten Gunungkidul konon memiliki nama dari seorang bangsawan Belanda yang bernama Baron Sekeber dan konon pernah bertarung melawan Panembahan Senopati yang mendirikan Kesultanan Mataram. Tempat wisata ini menyajikan panorama pantai menawan dan adanya fasilitas tempat penjualan ikan. Pasir yang menghampar di salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib Anda kunjungi ini juga menyajikan panorama perahu nelayan untuk menangkap ikan yang berjajar.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »