Search

Hari Social Media Nasional: 4 Fakta Mengejutkan Media Sosial di Tahun 2016

Hari Social Media Nasional: 4 Fakta Mengejutkan Media Sosial di Tahun 2016
Share this :

Media sosial menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang saat ini. Semenjak tahun 2015 yang lalu setiap tanggal 10 Juni terpilih menjadi Hari Social Media Nasional oleh Handi Irawan D yang juga seorang pakar pemasaran di Indonesia. Keberadaan hari istimewa bagi social media ini diharapkan dapat menambah kesadaran tentang betapa pentingnya edukasi mengenai social media yang menjadi booming pada beberapa tahun ini.

Edukasi mengenai social media ini tentunya sangat penting karena berdasarkan penelitian Smart Insight pada Januari 2016 yang lalu, 46 % penduduk bumi telah terhubung dengan jaringan internet dan 31 % telah menjadi seorang pengguna aktif social media. Pertumbuhan pengguna social media secara pesat juga mendapat pengaruh dari penetrasi smartphone yang telah mencapai 51 % populasi bumi yang sudah mencapai 7,39 milliar jiwa. Selain hal yang disampaikan tadi, masih ada fakta mengejutkan yang lain mengenai social media yang ada di tahun 2016 ini, berikut pembahasannya.

  1. Jumlah pemakai social media “menakutkan”

Menjadi suatu hal yang tak mengherankan mengapa banyak orang yang aktif dalam berpromosi atau berjualan melalui social media, sebab memang peluang produk yang mereka jual untuk dilihat lebih tinggi mengingat jumlah pengguna social media yang terus bertambah. Pada Januari 2016, terdapat 2,3 milliar orang yang aktif menjadi pengguna social media. Secara lebih lanjut 1,97 milliar-nya membuka social media dari smartphone yang mereka miliki. Suatu angka yang mengejutkan tentunya. Warga negara-negara kawasan Amerika Utara menjadi yang paling kecanduan social media, dimana terdapat 59 % dari keseluruhan populasi memiliki akun social media. Pada belahan dunia yang lain di kawasan Asia Tenggara hanya 37 % dari keseluruhan populasi yang ada.

  1. Negara yang paling mencintai social media terdapat di Asia

Korea Selatan sukses menjadi negara dengan jumlah pemilik akun media sosial paling besar jika dibandingkan dengan keseluruhan jumlah warga yang ada. Ya, kurang lebih 76 % warga Korea Selatan aktif dalam memakai social media tiap harinya. Hal ini tentu berbeda dengan Indonesia. Walau jumlah pemakai social media di tanah air terus meningkat, hanya 30 % warga Indonesia yang aktif memakai social media. Menjadi hal yang cukup ironis, karena rata-rata pemakaian social media kebanyakan negara di dunia mencapai 31 % dari keseluruhan warganya.

  1. Indonesia masuk pada 10 besar negara yang kecanduan social media

Pada beragam penelitian, lamanya penggunaan social media tiap harinya menjadi salah satu indikator kecanduan social media dan kenyataannya Indonesia termasuk dalam 10 besar negara paling kecanduan socmed. Data dari Global Web Index menyebutkan bahwa Indonesia duduk di peringkat 9 negara yang warganya menghabiskan waktu terlama untuk social media. Rata-rata pada satu hari warga Indonesia menghabiskan waktu 2,9 jam untuk social media. Daftar urutan lengkap negara yang gemar bersocmed ria yaitu Filipina dengan 3,7 jam, Brazil dengan 3,3 jam, Meksiko dengan 3,2 jam, Argentina dengan 3,2 jam, Uni Emirat Arab dengan 3 jam, Malaysia dengan 3 jam, Arab Saudi dengan 2,9 jam, Thailand dengan 2,9 jam, Indonesia dengan 2,9 jam, dan Afrika Selatan dengan 2,7 jam.

  1. Jumlah pengguna social media sampai bulan April 2016

Berikut data 5 besar jumlah pengguna aktif keseluruhan social media terbesar di dunia. Facebook dengan 1,59 miliar, WhatsApp dengan 1 miliar, Facebook Messenger dengan 900 juta, QQ dengan 853 juta, dan yang menempati posisi 5 media sosial dengan pengguna terbanyak yaitu WeChat dengan 697 juta pengguna.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »