Search

Cara Menghemat Listrik untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Cara Menghemat Listrik untuk Masa Depan yang Lebih Baik
Share this :




Memiliki pengetahuan tentang cara menghemat listrik merupakan suatu keharusan bagi setiap rumah tangga karena dengan menghemat listrik, banyak manfaat yang akan didapatkan. Apalagi bagi Anda yang memiliki keluhan tentang mahalnya biaya listrik yang harus dibayar tiap bulannya karena mungkin Anda merasa sudah hemat dalam menggunakan listrik di rumah. Mungkin Anda sempat berpikir untuk menggunakan alat penghemat listrik dengan harapan biaya listrik yang membengkak akan menyusut secara bertahap. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan karena justru akan menambah biaya pengeluaran. Sebenarnya, Anda hanya perlu melakukan hal-hal sederhana untuk mengehemat penggunaan listrik di rumah. Artikel ini akan membagikan informasi seputar tips dan trik menghemat listrik. Mari praktikan.

  1. Gunakan listrik jika benar-benar diperlukan

Bagi Anda yang tidak sesuai aturan dalam menggunakan listrik, mulai sekarang cobalah untuk menggunakan listrik jika diperlukan saja. Misalnya, jika televisi di rumah tidak ditonton maka dimatikan saja. Karena tanpa sadar, televisi yang dibiarkan terus menyala tanpa tujuan yang jelas akan membutuhkan tenaga listrik yang banyak. Imbas lainnya, Anda akan membayar biaya mahal untuk listrik di tiap bulannya.

  1. Disiplin dalam mematikan lampu di waktu tertentu

Disiplin dalam hal ini, Anda harus tahu waktu-waktu yang memang membutuhkan pemakaian lampu karena membiarkan lampu yang menyala di waktu yang tidak pas adalah pemborosan. Sebagai contoh, di siang hari, Anda tidak dianjurkan untuk menyalakan lampu karena cahaya matahari sudah cukup menerangi ruangan Anda. Jika ruangan Anda gelap, maka pasanglah jendela sebagai jalan masuknya cahaya atau gunakan atap transparan agar cahaya bisa tembus. Ikutilah gerakan mematikan 2 buah lampu mulai jam 17.00 sampai dengan 22.00 sebagai cara menghemat energi listrik.

  1. Pilih lemari es yang hemat energi

Cermat dalam memilih alat elektronik seperti lemari es menjadi langkah baik dalam menghemat listrik. Perlu diketahui bahwa setiap penurunan suhu guna mendinginkan isi lemari es, maka listrik yang tersedot akan semakin banyak. Dengan kata lain, semakin dingin lemari es, semakin tinggi penggunaan listriknya. Oleh karena itu sangat penting memilih lemari es hemat energi. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengatur suhu lemari es sesuai kebutuhan, jangan atur suhu terlalu rendah jika memang tidak dibutuhkan. Selanjutnya, jangan memasukkan makanan/minuman panas ke dalam lemari es, tutup rapat pintunya, dan bukalah jika diperlukan saja.

    |Baca juga : Beberapa Bahaya Cyber Karena Gemar Mengakses Situs Porno

  1. Gunakan mesin cuci dan pendingin ruangan dengan bijak

Alat lain yang perlu Anda perhatikan yaitu mesin cuci. Sebaiknya, gunakan mesin cuci dengan bijak sesuai dengan ukuran yang dipatokkan mesin cuci tersebut. Jangan mencuci pakaian yang beratnya melebihi kapasitas yang ditentukan karena akan menambah beban listrik. Selanjutnya, untuk penggunaan pendingin ruangan atau AC, gunakan AC seperlunya dan atur suhu supaya tidak terlalu dingin agar listrik yang tersedot tidak banyak.

Cara di atas merupakan hal sederhana yang hanya memerlukan kepedulian dan kedisiplinan Anda mengenai penggunaan alat-alat yang membutuhkan listrik di sekitar Anda. Karena kepedulian Anda, akan memunculkan kesadaran diri untuk mengawasi penggunaan listrik agar tidak boros. Manfaat menghemat listrik sangatlah banyak, selain mencegah pengeluaran banyak juga bisa memberikan kesempatan bagi daerah lain untuk mendapatkan aliran listrik sehingga penyebaran listrik akan merata. Dengan meratanya penggunaan listrik diharapkan masa depan akan lebih baik dan mudah. Mulai dari sekarang, mari terapkan cara menghemat listrik agar anak cucu Anda dapat merasakannya juga.

Simak juga video cara menghemat listrik ala ON the Spot dibawah ini :

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »