Search

Ini 5 Cara Screenshot di Laptop atau PC

Ini 5 Cara Screenshot di Laptop atau PC
Share this :




Bagi Anda yang ingin mengambil gambar aktifitas layar pastinya ingin tahu cara screenshot di laptop atau PC. Namun pertama Anda harus tahu terlebih dahulu arti dari screenshot itu sendiri. Screenshot merupakan gambar tangkapan aktifitas di layar laptop atau PC. Seringkali screenshot ini digunakan dalam beragam kumpulan tips dan tutorial agar semakin jelas dengan gambar ilustrasi screenshot tersebut. Bagi Anda yang akan mengambil gambar screenshot di PC atau laptop dapat melakukan beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan baik pada PC atau laptop dengan OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 ataupun Windows 10. Khusus untuk Windows 8 sampai Windows 10 Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan shortcut keyboard.

Cara pertama untuk mengambil screenshot di Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 Anda bisa menekan tombol logo Windows dan PrtSc (Print Screen) pada saat yang bersamaan di keyboard laptop atau PC. Saat itu juga Anda akan melihat tampilan layar yang berkedip sebagai tanda screenshot sudah diambil. Lalu Anda bisa menemukan lokasi hasil screenshot di folder Picture atau tepatnya di C:Users/Pictures/Screenshot.

Cara yang kedua untuk Anda yang menggunakan Windows 7 ataupun Windows dengan versi diatasnya bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol PrtSc atau Print Screen. Sesudah Anda menekan tombol tersebut sebenarnya Anda sudah mengambil screenshot, hanya saja masih disimpan pada RAM atau dapat diartikan Anda sudah mengambil dan meng-copy screenshot. Untuk memperlihatkan hasilnya Anda mesti mem-paste screenshot yang sudah diambil itu ke program Paint atau bisa juga Microsoft Word untuk lebih mudahnya.

    |Baca juga : Cermati Beberapa Hal Ini Agar Tak Menjadi Korban Kejahatan Social Media

Cara screenshot di laptop atau PC yang ketiga hampir sama dengan cara sebelumnya yaitu dengan menekan tombol Alt dan PrtSc (Print Screen) lalu paste screenshot yang sudah diambil. Namun ada perbedaannya yaitu cara ini hanya untuk mengambil screenshot hanya dari jendela yang aktif saja. Taskbar dan bagian yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

Cara yang keempat yaitu dengan memakai program bawaan dari Windows yang mempunyai nama Snipping Tool. program ini memiliki kegunaan untuk mengambil screenshot layar laptop atau PC dan membuat anotasinya. Untuk membuka program ini bisa mencari melalui Cortana (khusus Windows 10) atau membuka start menu dan mengetik Snipping Tool.

Berikutnya cara yang kelima yang mungkin agak berbeda dalam tujuannya. Cara kelima memiliki tujuan untuk mengambil screenshot satu halaman website utuh bagi Anda yang menggunakan Chrome dengan bantuan Add-On Capture Webpage. Bagi Anda yang ingin menyimpan screenshot halaman sebuah website secara utuh maka tak bisa dengan memakai tombol PrtSc atau Print Screen pada laptop atau PC Anda, karena tombol PrtSc hanya membuat screenshot dari tampilan layar. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan Add-On Capture Webpage yang diciptakan oleh Fireshot pada browser Google Chrome. Untuk langkah-langkahnya sendiri cukup mudah yaitu kunjungi Google Web Store dan search Capture Webpage Screenshot, lalu klik pilihan Available on Chrome, lalu Anda bisa membuka halaman website yang ingin diambil screenshotnya secara penuh. Anda dapat mencobanya untuk mengerti perbedaannya, ketika menggunakan tombol PrtSc bagian bawah website yang tak terjangkau layar tak masuk screenshot, berbeda dengan Capture Webpage Screenshot. Berikutnya Anda klik Capture Entire Page and Save. Setelah itu Anda dapat melihat hasil output screenshot penuh 1 halaman. Oke itu tadi beberapa cara screenshot di laptop atau PC, semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »