Search

Sisi Lain dari MotoGP Catalunya

Sisi Lain dari MotoGP Catalunya
Share this :

MotoGP Catalunya adalah seri ketujuh MotoGP yang telah selesai dihelat pada Minggu 5 Juni 2016 lalu di sirkuit Spanyol. Laga balapan motor berkecepatan tinggi ini membawa banyak hal menarik yang dapat ditilik. Mulai dari kasus insiden kecelakaan yang menimpa Luis Salom, kemenangan Valentino Rosi, hingga perdamaian yang terjadi antara Valentino Rosi dan Marquez.

Pertama, adalah kasus insiden kecelakaan yang dialami Luis Salom sehingga ia harus meregang nyawa karena kejadian ini. Insiden ini berlangsung saat sesi latihan bebas kedua MotoGP di Catalunya, Jumat 3 Juni 2016. Pada saat itu, Luis Salom yang tengah akan memasuki tikungan ke 12 terlihat kurang bisa mengontrol motornya yang tengah dalam mode kecepatan tinggi. Sehingga ia pun harus menabrak pembatas sirkuit. Oleh pihak MotoGP, Salom sempat untuk dilarikan ke rumah sakit terdekat di Barcelona. Namun sayangnya, Salom telah menghembuskan nafas terakhirnya saat operasi sedang berjalan. Insiden kecelakaan ini akhirnya membuat pihak official MotoGP mengubah dan memodifikasi jalur yang menuju tikungan ke 12 ini. Luis Salom yang lahir 24 tahun lalu ini dikenal sebagai salah satu pembalap yang berpotensi untuk memenangkan beberapa laga MotoGP sebelumnya.

      |Baca juga : Insiden Tewasnya Luis Salom di MotoGP Catalunya

Selanjutnya adalah mengenai insiden Lorenzo dengan Iannone yang terjadi di dalam sirkuit saat pertandingan berlangsung. Jika dilihat dalam tayangan kemarin, insiden jatuhnya Lorenzo memang terlihat seperti tertabrak oleh Iannone. Ini bukan pertama kalinya Iannone berurusan dengan rider lain saat di sirkuit. Sebelumnya ia juga diketahui bersinggungan dengan rider lain, Andrea Dovisiozo, pada saat di Argentina. Dengan adanya insiden tersebut akhirnya Iannone dan Lorenzo terpaksa harus berhenti dari permainan. Lorenzo yang tertabrak oleh Iannone terlihat tidak senang dengan kejadian yang menimpanya ini.

Kemudian hal menarik selanjutnya adalah keluarnya Valentino Rosi sebagai juara setelah pada seri ke enam lalu ia tidak bisa mencapai garis finish. Dan pada seri ke tujuh ini, Rosi berhasil mengalahkan Marquez yang berada di posisi kedua dan Dani Pedrosa di posisi tiga. Valentino Rosi yang mendapat juara pertama mendedikasikan piala kemenangannya ini untuk Luis Salom yang meregang nyawa pada latihan tes bebas pada hari Jumat menjelang ajang GP Barcelona beberapa hari sebelumnya. Kemudian, untuk mengenang kepergian Luis Salom, ketiga pembalap yang menjuarai 3 besar GP Catalunya juga berkewajiban menggunakan tribut podium. Rossi, Marquez, dan Pedrosa tampak memakai kaos hitam khusus yang ditujukan untuk Luis Salom.

Hal menarik ketiga adalah mengenai perdamaian yang dilakukan oleh Valentino Rossi dan Marquez saat kejuaraan MotoGP Catalunya berlangsung. Rosi yang menjadi pemenang dalam ajang MotoGP di Catalunya berusaha untuk menyudahi perselisihannya dengan Marquez dengan menjabat tangan pria asal Spanyol tersebut. Rosi dan Marquez sebelumnya memang diketahui tengah mengalami perselisihan. Rossi yang menuduh Marquez telah membantu Lorenzo untuk memenangkan pertandingan merupakan awal munculnya perselisihan di antara mereka. Dan kemudian pada laga MotoGP di Malaysia lalu adalah puncak dari perselisihan mereka di mana Rosi yang mencoba untuk memotong lintasan Marquez sehingga menyebabkan pria asal Spanyol tersebut terjatuh.

Ajang adu balapan motor ini memang menjadi ajang yang cukup diminati dan disukai masyarakat. Sehingga berita mengenai kejadian yang terjadi pada saat Ajang MotoGP di Catalunya kemarin sepertinya tak akan dilupakan para pencinta MotoGP. Maka tak heran, jika MotoGP Catalunya ini nantinya akan memberikan sejarah tersendiri bagi dunia MotoGP.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »