Search

Kejuaraan Sepak Bola Terbesar Eropa, Euro 2016

Kejuaraan Sepak Bola Terbesar Eropa, Euro 2016
Share this :

Euro 2016 akan berlangsung selama sebulan penuh yakni mulai 10 Juni hingga 10 Juli mendatang. Partai pembuka pertandingan ini akan dibuka oleh Perancis vs Rumania di Stade de France. Dibandingkan dengan Euro sebelumnya, jadwal Euro tahun ini akan jauh lebih padat mengingat adanya penambahan kuota peserta dari 16 menjadi 24. Hal ini jelas akan turut mengubah format kompetisi. Dari yang sebelumnya mulai dari babak grup langsung ke perempat final, maka dalam Euro 2016 ini akan diselingi babak 16 besar. Sehingga totalnya akan ada 51 pertandingan dalam Euro 2016 nanti. Berikut adalah hal-hal yang bersangkutan dengan jalannya Euro tahun 2016 ini

  • Logo

Dalam Euro tahun 2016 ini mengambil logo dari agensi asal Portugal yakni Brandia Central. Sebelumnya agensi ini juga pernah dipercaya sebagai pembuat logo Euro 2012. Mengusung tema “Celebrating The Art Of Football”, logo ini menggabungkan warna bendera Negara Perancis dengan gaya seni kontemporer dan ditambah dengan gambar trofi Henri Delaunay di tengahnya.

  • Maskot

Kemudian maskot dari laga sepak bola terbesar di Eropa ini menamakan maskotnya dengan nama Super Victor. Maskot ini berbentuk figur bocah laki-laki yang berjubah merah. Super Victor dipilih menjadi nama maskot ini berdasarkan vote sebuah angket yang mendapatkan 48 persen suara dan lebih unggul ketimbang Goalix yang mendapat 27 persen suara dan juga mengalahkan Driblou yang mendapat 25 persen suara.

  • Bola

Sedangkan bola yang digunakan dalam ajang Euro tahun 2016 ini diberi nama Beau Jeu yang berasal dari Bahasa Perancis yang mengandung arti Beautiful game. Bola ini merupakan bola buatan Adidas yang diperkenalkan oleh Zinedine Zidane pada November lalu. Dalam bola yang digunakan ini memuat angka 2, 0, 1, dan 6 yang mengartikan tahun pelaksanaan ajang Euro ini. Bola ini juga memiliki desain yanga sama seperti bola resmi Piala Dunia 2014, Brazuca, yang menggunakan desain panel.

  • Lagu

Lagu yang digunakan dalam ajang Euro tahun 2016 ini memilih DJ dan produser musik asal Perancis, yang bernama David Guetta. David dipercaya untuk menggubah lagu “This One’s For You” yang merupakan lagu resmi Euro tahun 2016. Lagu ini nantinya akan dinyanyikan oleh Zara Larsson, penyanyi Asal Swedia.

  • Slogan

Slogan yang dipilih adalah ‘Le Rendez-Vous yang memiliki arti bahwa Piala Eropa adalah ajang yang terus berkelanjutan dan tidak boleh untuk dilupakam. Slogan ini berasal dari kata ‘Rendezvous’ yang artinya sebuah tempat untuk berkumpul.

  • Trofi

Henry Delaunay yang telah menjadi trofi Euro sejak 2008 kini sedkit mengalami perubahan pada Euro 2016 ini. Walaupun dengan versi baru, namun trofi ini masih menggunakan desain yang sama dengan versi lamanya. Perbedaannya hanya terletak pada dasar trofi yang lebih luas dari sebelumnya. Selain itu, beratnya juga lebih berat 2 kilogram dibanding versi lamanya.

Dalam Euro tahun 2016 ini akan dibagi menjadi 6 grup yakni Grup A (Perancis, Albania, Rumania, Swiss) kemudian di Grup B (Inggris, Wales, Rusia, Slovakia) lalu Grup C (Jerman, Irlandia Utara, Polandia, Ukraina) selanjutnya Grup D (Spanyol, Turki, Republik Ceko, Kroasia) berikutnya Grup E (Belgia, Republik Irlandia, Italia, Swedia) dan terakhir Grup F (Portugal, Austria, Islandia, Hungaria). Adapun kota Paris, Saint-Denis, Marseille, Lille, Lens, Bordeaux, Lyon, Nice, Saint-Etienne, dan Toulouse yang akan menjadi tuan rumah dalam ajang Euro 2016.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »