Search

Insiden Tewasnya Luis Salom di MotoGP Catalunya

Insiden Tewasnya Luis Salom di MotoGP Catalunya
Share this :

Tewasnya Luis Salom pada saat latihan bebas kedua MotoGP Catalunya, Barcelona, membuat Moto2 kehilangan salah satu pembalap terbaiknya. Luis Salom diketahui tewas pada Jumat, 3 Juni 2016 lalu setelah menabrak pembatas di sirkuit Catalunya. Luis diperkirakan tak bisa mengendalikan motornya yang berkecepatan tinggi itu saat akan memasuki tikungan ke 12 sehingga ia harus menabrak pembatas dengan cukup keras. Setelah terjadinya kecelakaan tersebut, Luis sempat dibawa ke rumah sakit terdekat di Barcelona. Namun, pembalap berumur 24 tahun itu tak bisa diselamatkan pada saat operasi tengah dilakukan.

Pria yang bernama lengkap Luis Jaime Salom Horrach adalah pembalap papan tengah asal Spanyol yang cukup tangguh. Bahkan ia termasuk ke dalam pembalap yang sering memenangkan banyak kompetisi. Salah satunya yakni ia pernah merebut podium dua di MotoGP Qatar pada bulan Maret lalu yang termasuk menjadi juara terakhirnya. Hingga saat ini, Salom telah meraih 9 kemenangan dan nyaris menjadi juara pada Moto3 2013 lalu.

|Baca juga : Meninggalnya Petinju Dunia Muhammad Ali dan Kisah Kunjungannya Di Jakarta

Salom lahir di Palma de Mallorca pada tanggal 7 Agustus 1991 dengan keluarganya yang sangat menggilai dunia balapan. Termasuk pula kakaknya, David, yang juga akan mengikuti kompetisi di WSBK tahun ini. Ditambah pula bahwa ayahnya seorang dealer merek motor Jepang yang cukup terkenal. Sejak berumur dua tahun, Salom memang sudah mahir mengendarai moto PW50 sehinnga tak heran jika ia terjun dalam dunia ini.

Setelah berkarier dalam kejuaraan lokal, Salom kemudian mengikuti ajang C.E.V. yang bernama Red Bull Rookies Cup pada tahun 2007 yang diketahui sebagai ajang pertamanya. Kemudian pada tahun 2009 Salom berhasil melakukan debut dalam kejuaraan dunia kelas 125 cc. Setelah berhasil dengan berbagai ajang kompetisi yang dijuarainya, Salom kemudian direkrut oleh Aki Ajo Red Bull KTM untuk musim 2013 yang kemudian menjadi era tersukses dalam kariernya.

Kepergian Luis Salom ternyata memberikan banyak pengaruh terhadap dunia balapan. Salah satunya yakni berasal dari Espargaro bersaudara yang sempat berpikir untuk mundur dari dunia balapan. Aleix Espargaro dan saudara kandungnya, Pol Espargaro, mengaku pernah berpikir untuk mundur dari ajang GP Catalunya. Pembalap bersaudara tersebut yang juga berasal dari Spanyol itu takut jika insiden yang dialami oleh Luis Salom juga terjadi di balapan. Selain itu, dengan adanya insiden tewasnya Luis Salom juga membuat rute balap sirkuit Catalunya tersebut dimodifikasi dengan memangkas dua jalur rawan kecelakaan di area tikungan 12.

Tak hanya itu, Valentino Rossi dan Marc Marquez yang dikenal tengah tak akur sejak balapan GP Malaysia itu kini juga menunjukkan keakurannya dengan saling berjabat tangan pada saat balapan GP Catalunya. Diketahui sebelumnya memang, keduanya tengah terlibat perselisihan dengan Rosi yang menuduh Marquez telah membantu Jorge Lorenzo untuk menjadi juara. Kemudian perselisihan mereka berdua memuncak pada saat balapan GP Malaysia di mana Rossi yang memotong jalur lintasan Marquez yang mengakibatkan jatuhnya pembalap asal Spanyol tersebut.

     |Baca juga : Indonesia di Australia Badminton Open Super Series 2016

Upacara pemakaman Luis Salom diketahui dilaksanakan pada Rabu, 8 Juni, malam waktu setempat. Banyak para pembalap dan orang-orang yang memenuhi gereja untuk memberikan penghormatan terakhir pada Luis Salom. Kecelakaan Luis Salom hingga sampai saat ini memang belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan Salom dapat mengalami kecelakaan fatal tersebut. Pihak dari ofisial Moto GP juga belum mengetahui penyebab dan masih menyelidiki tentang tewasnya Luis Salom.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »