Search

Darurat Virus Zika !! Penyebaran Virus Baru Zika Mengancam Dunia

Darurat Virus Zika !! Penyebaran Virus Baru Zika Mengancam Dunia
Share this :

Belakangan ini dunia sedang mengalami kehebohan dengan adanya penemuan virus baru. Virus baru ini bernama zika. Infeksi virus zika ini pertama kali ditemukan di Negara Brazil. Virus zika ini kemudian menyebar dengan sangat cepat ke negara-negara lain dengan faktor pembawanya, yaitu manusia. Di mana, penyebaran virus zika ini di bawa oleh seseorang yang bepergian ke luar negeri, seperti ke Negara Brazil tanpa sepengetahuan orang tersebut telah terinfeksi virus zika di Negara Brazil kemudian pulang kembali ke negara asalnya. Pada akhirnya virus zika menyebar dengan mudah ke seluruh dunia. Selain manusia virus ini juga penyebarannya dibawa oleh faktor lain yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk yang dikenal sebagai nyamuk yang dapat mengakibatkan penyakit demam berdarah.

Sekarang ini, penyebaran infeksi virus zika sudah menyebar sampai ke Amerika Serikat. Di Amerika Serikat sendiri virus zika pertama kali ditemukan di Hawaii, kemudian meluas sampai ke Illinois dan Florida. Secara lengkap, berikut adalah daftar negara-negara yang sudah terinfeksi virus zika berdasarkan PAHO (The Pan American Health Organization), di antaranya: Brazil, Kolombia, Suriname, Venezuela, Panama, Meksiko, Barbados, Ekuador, Paraguay, Saint Martin, Puerto Riko, Honduras, Haiti, Guyana, Guatemala, Guyana Perancis, El Salvador.

Gejala virus zika hampir sama dengan sakit demam berdarah, yaitu terdapat gejala seperti: demam, sakit otot, nyeri tulang dan sendi, disertai dengan bintik merah di seluruh badan. Untuk virus zika ada ciri lain yang menjadi pembeda dengan penyakit demam berdarah, yaitu: apabila seseorang terinfeksi oleh virus zika akan mengalami gejala konjungtivitis.  Konjungtivitis, yaitu penyakit yang menyerang bagian mata berupa peradangan pada selaput mata bagian depan sehingga mata menjadi kemerahan.

bahaya virus zika bagi ibu hamil
bahaya virus zika bagi ibu hamil

Bahaya virus zika akan sangat berdampak buruk apabila virus ini menginfeksi ibu yang sedang mengandung bayi, karena virus zika bisa menular ke janin yang sedang dikandung oleh ibu yang sedang hamil. Efek buruk akan terjadi terutama pada bayi yang baru dikandung oleh ibu. Virus zika dapat menyerang sistem otot dan sistem syaraf pada janin bayi. Lebih bahayanya lagi yaitu apabila virus zika ini menyerang sistem syaraf pusat otak janin bayi yang masih berada di dalam kandungan ibu yang sedang hamil dapat mengakibatkan mikrosefali, yaitu penyakit penyusutan kepala janin bayi yang berada di dalam kandungan ibu yang sedang hamil atau mengandung bayi tersebut.

Cara virus zika menyebar, yaitu virus zika dibawa oleh air liur nyamuk Aedes Aegypti. Ketika nyamuk penyebab penyakit demam berdarah itu menggigit seseorang, maka virus zika yang berada di kelenjar ludah nyamuk Aedes Aegypti akan ikut masuk ke dalam tubuh seseorang yang digigit oleh nyamuk tersebut.

Cara mengatasi penyebaran virus zika yang dibawa oleh faktor pembawa nyamuk Aedes Aegypti, yaitu menekan jumlah populasi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengan cara tradisional dan modern.  Cara tradisional meliputi penyemprotan nyamuk menggunakan obat pestisida, menaburkan bubuk larvasida ke dalam bak penampungan air, menggunakan obat anti nyamuk baik obat nyamuk bakar maupun yang berupa gel, pada saat tidur bisa juga menggunakan kelambu, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk untuk yang punya kolam ikan, membuang dan menutup tempat genangan air yang dapat memungkinkan tempat berkembang biaknya nyamuk. Sedangkan untuk cara modern bisa melakukan penyemprotan menggunakan alat fogging (pengasapan). Dengan menggunakan alat fogging ini dinilai sangat efektif di dalam memberatas dan memutus rantai perkembang biakan nyamuk dewasa.

Hal-hal yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang tentang bahaya virus zika, sebagaimana telah diresmikan pernyataan tentang virus zika ini oleh Depkes RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia) bahwa virus zika ini tidak termasuk ke dalam virus berbahaya dan mematikan sebagaimana yang dikatakan oleh kebanyakan orang di dunia. Akibat yang ditimbulkan oleh virus zika ini tidak lebih buruk dari penyakit demam berdarah. Akibat yang ditimbulkan oleh virus zika ini akan berdampak cukup menyiksa apabila rasa perih dan gatal terjadi dan menyerang di daerah tubuh selain kulit, seperti menyerang area vital dan area basah mata. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan obat analgesik ringan seperti paracetamol.

Upaya penyembuhan penyakit akibat yang ditimbulkan oleh virus zika bisa dilakukan dengan memberikan asupan mineral ke dalam tubuh seperti, zink, fosfor dan beberapa vitamin A, C, dan B serta memperbanyak minum. Sebagaimana yang dinyatakan oleh Depkkes RI yang menyatakan bahwa, virus zika ini bisa sembuh dengan sendirinya apabila sistem kekebalan tubuh sedang optimal. Sebagai patokan sistem kekebalan tubuh yang baik, yaitu apabila di dalam tubuh terdapat zat polisakarida yang terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk menyerang infeksi virus zika.

Virus zika akan memiliki efek yang berbahaya apabila menyerang dan menginfeksi lansia. Apabila virus zika ini menyerang lansia akan menimbulkan efek nyeri persendian yang lebih buruk, dan bisa mengakibatkan kerusakan sendi ringan. Virus zika juga dapat menyerang sistem tubuh yang lainnya, seperti: sistem otot, sistem persendian, dan sistem saraf. Oleh karena itu, infeksi virus zika ini bisa menyebabkan penyakit lain, seperti: komplikasi Guiralle Bare. Pengertian komplikasi penyakit Guiralle Bare adalah komplikasi yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit baru kerusakan jaringan syaraf pada tubuh manusia. Hal ini dikarenakan infeksi virus zika bisa memunculkan efek autoimun. Efek autoimun ini apabila dibiarkan akan menyebabkan kelumpuhan ringan (atau biasa disebut penyakit stroke ringan) pada kaki, dan kelumpuhan ringan pada tangan. Dan pada akhirnya efek yang ditimbulkan oleh virus zika ini bisa mengakibatkan kelumpuhan permanen yang tidak bisa disembuhkan walaupun sudah melakukan berbagai terapi, seperti: terapi kimia dan fisik.

Akan tetapi, hubungan antara infeksi virus zika dengan Guillane Bare masih dalam penelitian lebih lanjut meskipun di dalam beberapa kasus infeksi virus zika di lapangan menunjukan adanya potensi yang mengakibatkan kelumpuhan. Potensi kelumpuhan ini biasanya ini terjadi pada penderita lansia (lanjut usia).

Itulah beberapa fakta yang terjadi tentang virus zika ini, sebagaimana dikutip dari pernyataan Depkes RI, bahwa kasus kematian yang ditimbulkan oleh virus zika ini termasuk ke dalam kelompok virus yang mengakibatkan penyakit ringan. Bahkan infeksi virus zika ini akan sembuh dengan sendirinya apabila system kekebalan di dalam tubuh manusia bekerja secara optimal dan maksimal. Infeksi yang ditimbulkan oleh virus zika ini akan hilang dengan sendirinya di dalam waktu 7 hari sampai 12 hari. Untuk pencegahan akibat infeksi vbirus ini cukup dengan meningkatkan system kekebalan tubuh, maka infeksi yang ditimbulkan oleh virus zika ini dapat hilang dengan sendirinya dan tanpa resiko komplikasi dan lain-lainnya.

Sebagai kesimpulannya dari berbagai fakta yang diambil dapat disimpulkan bahwa untuk upaya pencegahan terinfeksi oleh virus zika ini dapat dilakukan dengan cara melakukan hal yang sama seperti jenis virus penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, seperti penyakit chikungunya.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »