Search

Waspadai ! 3 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengakibatkan Kematian

Waspadai ! 3 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengakibatkan Kematian
Share this :

Berbicara tentang dunia kesehatan memang tidak akan ada habis-habisnya. Terdapat bermacam-macam penyakit yang dapat menyerang umat manusia. Berdasarkan pengelompokannya sumber penyeenyakit dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan yang kedua yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus. Akan tetapi tidak semua jenis bakteri dan virus berbahaya, beberapa diantaranya digunakan untuk membuat vaksin dan antibiotik tertentu.

Bermacam-macam penyakit mulai dari penyakit yang ringan sampai yang berat bisa menyerang kapan saja dan di mana saja tempat di mana terdapat umat manusia. Contoh penyakit, diantaranya: flu atau bisa disebut dengan influenza, batuk, demam, sakit kepala, kanker, diabetes, liver, jantung, stroke, tumor, infeksi, dan penyakit-penyakit lainnya. Akan tetapi, dari sekian banyaknya penyakit, terdapat beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan kematian, diantaranya:

1.Penyakit diabetes

Penyakit diabetes atau biasa dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis. Penyakit kencing manis ini disebabkan oleh gula di dalam darah yang berlebihan di atas batas normal. Tubuh manusia memerlukan zat gula di dalam darah karena zat gula ini akan dipergunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi. Gula darah ini dapat diserap ke dalam semua organ tubuh dengan bantuan hormon insulin. Hormon insulin sendiri dihasilkan dan diproduksi oleh kelenjar pankreas. Letak organ pankreas terletak di belakang organ lambung.

Penyakit diabetes sendiri terdiri dari 2 jenis penyakit, yaitu: penyakit diabetes tipe I dan penyakit diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe I biasa disebut dengan penyakit diabetes anak-anak karena penyakit ini menyerang manusia di bawah umur 40 tahun. Penyakit diabetes tipe I ini akan sangat berbahaya karena sistem kekebalan tubuh yang menderita penyakit diabetes tipe I akan menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang dapat menghasilkan dan memproduksi hormon insulin. Oleh karena itu, pada penderita penyakit diabetes tipe I ini hidupnya akan sangat bergantung pada suntikan hormon insulin setiap harinya. Untuk penyakit kencing manis tipe II ini biasanya diderita oleh rata-rata kebanyakan orang. Pada penyakit diabetes tipe II ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan organ pankreas di dalam memproduksi dan menghasilkan hormon insulin, sehingga kadar gula di dalam darah tidak dapat terkendali dan tentu saja hal tersebut akan berdampak pada kekurangan pekanya sel-sel tubuh di dalam menyerap zat. Kekurangan pekanya sel-sel tubuh ini biasa disebut dengan resistansi insulin.

diabetes

Lalu apa saja gejala-gejala dari orang yang menderita penyakit diabetes ini, diantaranya, yaitu: penderita penyakit kening manis sering merasa haus yang berlebihan, selain haus juga merasakan lapar yang berlebihan juga, kemudian penderita diabetes juga sering merasa ggampang capek atau lelah, apabila di tubuh seorang penderita diabetes terdapat luka tidak akan mengering dengan cepat dan apabila mengering pun memerlukan waktu yang cukup lama, selain itu juga menderita tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan penyakit hipertensi.

2.Penyakit jantung

Penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengakibatkan kematian yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini sering juga disebut sebagai penyakit jantung iskemik. Penyakit jantung koroner dikategorikan sebagai penyakit berbahaya karena jumlah penderita penyakit jantung koroner ini sangat banyak sekali. Di Negara Indonesia sendiri jumlah penderita penyakit jantung koroner mencapai angka 35 persen dari total jumlahh populasi penduduk di Negara Indonesia sendiri. Dengan kata lain, sebanyak 35 persen dari jumlah populasi penduduk Negara Indonesia mengalami kasus kematian mendadak karena penyakit jantung koroner ini.

Penyebab penyakit jantung koroner sendiri, yaitu terdapat penyumbatan di dalam pembuluh darah arteri jantung yang disebabkan karena adanya timbunan lemak. Oleh karena, darah yang kembali menuju jantung terhambat oleh penggumpalan lemak, maka denyut dan kinerja jantung menjadi melemah, sehinnga supplai darah yang menuju ke organ jantung pun menjadi berkurang. Selanjutnya efek ini biasa disebut dengan istilah aterosklerosis. Beberapa hal atau kebiasaaan sehari-hari yang bisa menyebabkan aterosklerosis, diantaranya: terlalu banyak memakan makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, terlalu sering dan terlalu banyak melakukan kegiatan merokok, sebelumnya sudah menderita penyakit diabetes, penderita penyakit darah tinggi atau biasa disebut dengan penyakit hipertensi juga bisa menjadi pemicuk terjadinya aterosklerosis.

Lalu apa saja kah jenis-jenisnya dan gejala-gejalanya dari penyakit jantung koroner itu. Penyakit jantung koroner sendiri dapat dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu: penyakit masuk angin duduk atau biasanya kalau di dunia kesehatan disebut dengan angina atau angin duduk, kemudian yang kedua yaitu serangan jantung. Apabila penderita penyakit jantung koroner tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan komplikasi dan berujung pada kematian. Hal tersebut dikarenakan kinerja jantung yang melemah ketika tidak ada suplai darah karena aliran darah menuju jantung tersumbat, sehingga jantung akan terlalu lemah dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh. Peristiwa ini sering disebut dengan gagal jantung. Peristiwa gagal jantung ini bisa terjadi secara cepat maupun lambat.

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit jantung koroner ini. Secara umum penyakit jantung koroner ini tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikurangi dengan cara melakukan penegahan dini, seperti: tidak merokok, tidak memimum minuman keras, mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, serta berolah raga secara rutin dan teratur.

obat jantung
credit : pixabay

3.Penyakit stroke

Penyakit yang berbahaya berikutnya, yaitu penyakit stroke. Penyakit stroke ini dapat terjadi apabila terdapat pembuluh darah yang rusak atau pecah yang menuju ke otak, sehingga asupan seperti nutrisi dan oksigen tidak dapat sampai ke otak.

Ciri-ciri atau tanda-tanda seseorang yang terkena penyakit stroke, diantaranya: seseorang yang terkena penyakit stroke akan mengalami kesulitan untuk berbicara atau bahkan pada penderita stroke mungkin tidak bisa berbicara sama sekali. Ciri atau tanda lainnya pada penderita penyakit stroke, yaitu mata dan mulut pada salah satu penderita penyakit stroke akan turun sebagian. Tanda lainnya ketika seseorang terserang penyakit stroke yaitu penderita penyakit stroke tidak dapat mengangkat salah satu lengannya atau bahkan penderita stroke tersebut tidak dapat mengangkat kedua lengnnya sekaligus.

Cara mengobati seseorang yang mengalami penyakit stroke, yaitu dengan cara memberikan obat-obatan yang biasanya berfungsi untuk pencegahan maupun berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi si penderita penyakit stroke. Selain itu, pengobatan juga dilakukan untuk menurunkan kolesterol dan menghilangkan pembekuan darah.

Cara mencegah supaya seseorang tidak dapat terserang penyakit stroke, yaitu dengan cara melakukan pola hidup yang sehat, seperti: tidak merokok, tidak meminum minuman keras, tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan yang terakhir olah raga secara rutin dan teratur.

Itulah sedikit tulisan atau artikel tentang informasi kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa untuk mencegah penyakit, seperti penyakit diabetes atau kencing manis, penyakit jantung koroner, dan penyakit stroke dapat dicegah dengan cara melakukan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat meliputi: tidak merokok, tidak meminum minuman keras, tidak memakan makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi, dan yang paling terakhir berolah raga secara rutin dan teratur.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »