Search

Ini Dia 10 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ini Dia 10 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Share this :

Di dalam dunia kesehatan dan medis tubuh manusia 70 persen lebih terdiri dari cairan. Cairan yang terdapat di dalam tubuh manusia sangat penting sekali untuk kelangsungan hidup manusia sendiri. Cairan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesehatan tubuh manusia ini merupakan air putih. Karena ada banyak sekali manfaat dari meminum air putih ini bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi minuman air putih, antara lain:

Manfaat yang pertama dari mengkonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh yaitu dengan meminum air putih bisa menghindari tubuh dapat terkena dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang kekurangan cairan pada tubuh manusia. Dehidrasi dapat mengakibatkan tubuh terasa haus dan lemas, sehingga akan muncul rasa malas untuk melakukan aktifitas yang berat-berat maupun aktifitas yang ringan-ringan. Selain itu, apabila tubuh haus dan lemas karena mengalami dehidrasi maka akan timbul rasa sakit kepala seperti pusing tujuh keliling serasa dunia dan bumi ini bergoyang karena gempa bumi dan berputar-putar bahkan apabila mengalami dehidrasi akut bisa sampai pingsan.

Manfaat yang kedua dari banyak meminum air putih, yaitu: air putih di dalam tubuh manusia dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Dengan adanya air putih di dalam tubuh, maka air ini dapat juga berfungsi sebagai pelarut untuk nutrisi di dalam tubuh, sehingga dengan ketersediaan air putih yang cukup di dalam tubuh, maka nutrisi akan dapat dengan mudah dialirkan menuju semua organ dalam tubuh yang memerlukan nutrisi.

air putih untuk kesehatan tubuh
air putih untuk kesehatan tubuh (by pixabay)

Manfaat yang ketiga air putih di dalam tubuh bisa juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Cara kerja air putih sebagai penjaga suhu tubuh hampir sama dengan cara kerja dari radiator pendingin mesin kendaraan. Di mana, apabila di dalam tubuh manusia air sebagai cairan pendinginnya, sedangkan pada mesin kendaraan cairan pendinginnya menggunakan cairan khusus yaitu cairan cooler. Pada tubuh manusia air dapat membantu menjaga dan mengatur suhu tubuh sehingga suhu tubuh berada di angka temperatur yang stabil, yaitu antara 36,5 sampai dengan 37,5 derajat Celcius.

Manfaat keempat dari mengkonsumsi air putih bagi tubuh manusia, yaitu air putih dapat memperlancar proses mencerna makanan di sistem pencernaan di dalam tubuh manusia. Di mana, apabila terdapat cukup air di dalam mencerna makanan, maka proses kerja sistem pencernaan tidak akan memikul beban kerja terlalu berat karena selain harus mengeluarkan enzim pencernaan juga di dalam proses tersebut memerlukan za cairan air untuk memperlancar dan mempermudah di dalam melarutkan sari-sari makanan yang kemudian disalurkan oleh darah ke seluruh organ tubuh yang memerlukan nutrisi. Di dalam hal ini, fungsi air, yaitu sebagai pelarut sari-sari atau nutrisi makanan.

Manfaat kelima bahwa dengan meminum banyak air akan bagus untuk kesehatan, karena air dapat membantu mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh manusia. Sebagai contoh di saat kulit mengeluarkan keringat, maka pada saat waktu tersebut racun di dalam tubuh juga akan keluar dari tubuh. Oleh karena itu, kulit juga dapat berfungsi sebagai media perantara untuk mengeluarkan racun melalui keringat yang dikeluarkan dari dalam tubuh manusia. Selain kulit yang bisa mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh manusia yaitu di saat membuang air seni baik melalui alat kelamin pria yang biasa disebut dengan penis maupun melalui alat kelamin wanita yang biasa disebut dengan vagina. Manfaat membuang air seni ini juga bisa untuk mencegah terkena penyakit batu ginjal.

Manfaat dari meminum air yang keenam, yaitu banyaknya air di dalam tubuh juga bisa berfungsi untuk memelihara kondisi organ ginjal di dalam tubuh manusia supaya tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik, karena kerja ginjal sangat berat sekali, di dalam sehari organ ginjal ini harus mampu menyaring 200 liter darah. Organ ginjal ini harus mampu menyaring 200 liter darah, di mana menyaring keluar limbah berupa zat racun yang berasal dari dalam tubuh dan mengangkut zat cairan urin yang kemudian ke kandung kemih. Oleh karena itu, organ ginjal ini memerlukan zat cairan yang cukup untuk melakukan segala sesuatu proses yang berat ini, yaitu dengan cara meminum banyak air putih.

Manfaat ketujuh dari meminum air putih, yaitu dengan mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan daya pikir atau konsentrasi kembali ke keadaan normal , sehingga pikiran bisa menjadi lebih fokus di dalam melakukan segala sesuatu perkerjaan.

air putih untuk kesehatan tubuh

Manfaat kedelapan dari mengkonsumsi air putih dalam sehari tubuh manusia memerlukan air putih sebanyak 2,5 liter untuk menjaga keseimbangan dan daya tahan tubuh manusia. Manfaat air putih bisa menjaga keseimbangan ada kaitannya dengan kinerja dan fungsi otak. Apabila otak mendapat asupan air putih yang cukup setiap harinya, maka akan tetap bisa menjaga keseimbangan dan bisa tetap fokus serta daya konsentrasi dengan baik setiap harinya. Dengan adanya air putih yang disuplai ke otak juga dapat membantu meningkatkan kelancaran sistem syaraf di dalam otak manusia.

Manfaat meminum air putih yang kesembilan, yaitu dengan banyak meminum air putih juga dapat melawan beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran tenggorokan, seperti: penyakit sariawan, penyakit panas dalam, dan penyakit sakit tenggorokan.

Manfaat meminum air putih yang kesepuluh, yaitu dikatakan bahwa dengan meminum banyak air putih dapat membantu memperlancar dan meningkatkan kinerja sistem peredaran darah tubuh manusia.

Setelah mengetahui tentang banyak sekali manfaat serta kegunaan zat cairan air putih bagi tubuh manusia, yaitu khususnya untuk kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Untuk itu, perbanyaklah meminum minuman air putih, karena secara kesehatan dan medis tubuh manusia memerlukan 2,5 liter air di dalam setiap harinya untuk dapat bisa melakukan segala aktifitas supaya berjalan dengan maksimal dan lancar. Cara menjaga supaya cairan di dalam tubuh tetap seimbang bisa mengikuti tips ini, yaitu setiap merasakan haus minumlah paling sedikit satu gelas air. Jadi bukan serta merta karena tubuh memerlukan air putih 2,5 liter terus langsung meminum 2,5 liter air setelah bangun tidur. Kalau seperti itu, perut bisa kembung sama air putih. Jadi, jumlah 2,5 liter air putih ini dalam sehari, bukan minum sekaligus 2,5 liter air.

Kesimpulan tentang manfaat meminum air putih untuk kelangsungan hidup dan kesehatan tubuh manusia yang paling penting, yaitu meminum air putih bisa menghindari dehidrasi, air putih di dalam tubuh manusia dapat membantu proses metabolisme dengan maksimal di dalam tubuh manusia itu sendiri. Dan yang paling penting air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ ginjal, menjaga keseimbangan dan kinerja dari otak, serta dapat mencegah penyakit sariawan, panas dalam, dan sakit tenggorokan.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »