Search

Home Remedies ( Ramuan Tradisional )

Home Remedies ( Ramuan Tradisional )
Share this :

Home Remedies (ramuan tradisional ) adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Ramuan tradisional di Indonesia berawal dari kebutuhan persediaan obat yang sangat mendesak pada zaman pendudukan Jepang, kalangan medis mulai melakukan banyak penelitian dan uji klinis terhadap banyak tanaman obat, terutama tanaman obat asli Indonesia.Perkembangan teknologi untuk penelitian–penelitian tanaman obat dari kalangan medis banyak yang menganjurkan untuk menggunakan pengobatan dengan ramuan tradisional.Tak jarang, para dokter mengombinasikan pengobatan modern dengan pengobatan yang menggunakan ramuan tradisonal.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, yaitu:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.
  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.
  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).
obat tradisional | herbal
obat tradisional sumber : madujuara.com

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut beberapa resep/ramuan obat tradisional untuk mengobati beberapa macam penyakit :

hirup uap yang timbul pada ramuan

“Resep  untuk segala penyakit paru-paru dan asma”

Untuk siapa saja yang punya masalah dengan paru-paru atau punya turunan riwayat paru atau punya batuk menahun silahkan tumbuk ramuan-ramuan ini, terserah acak mana aja yang ada


Bahan :
Jahe, Kunyit, Bawang Putih
Kalau takut rasanya tidak enak tambah Madu Asli

Caranya :

tumbuk, siram air panas, tunggu hangat langsung minum selagi hangat, kalau keburu dingin siram air panas dikit lagi lalu minum. Ampas bisa dipakai 2x saja.

Selain itu bisa cara luar dengan bahan dan alat:

  1. minyak eukaliptus oil
  2. Air panas
  3. Handuk
  4. Baskom

Masukan 5 tetes minyak eukaliptus oil pada 1 baskom air panas lalu hirup, jangan lupa kepala tutupi handuk agar manfaat terhirup sempurna (lihat gambar diatas)

pict 7Resep Untuk Kanker”

Diterjemahkan dari:
Sembuh dari kanker prostat stage 4
dengan baking soda + Molasses Mr Vernon
phkillscancer.com

Bahan :
1. Baking Soda (Mr Vernon memakai merk Arm n Hammer)
2. Molasses ( Mr Vernon memakai sirup maple,namun menurut beliau 
boleh pakai madu asli)
3. Air minum

Langkah membuat:
1. Siapkan panci di atas kompor.
2. Masukkan air 1 gelas, lalu nyalakan kompor.
3. Masukkan soda kue 2 sendok teh, lalu aduk larut
4. Masukkan madu asli 2 sendok teh, lalu aduk lar
ut (tidak usah lama-lama)
5. Tuang ramuan ini ke dalam gelas. Biarkan sampai agak dingin, lalu minumlah. Minumlah 1 x sehari, lalu tingkatkan 2 x sehari sampai hari ke-10, dan akhirnya 3 x sehari pada hari selanjutnya.

Sering-sering konsumsi makanan diatas dan jangan lupa bahagia wink emoticon

pict 8

“Resep Daun Kersen/Seri/Talok untuk Diabetes”
 
Bahan:
10 daun lembar kersen
2gelas air matang


Cara:
Rebus 2gelas air matang sampai mendidih
Masukkan 10 lembar daun kersen.Rebus hingga air menjadi 1 gelas.Minum 2x sehari.Pagi (1jam stelah minum BS) dan sore hari.

Bisa juga daun kersennya di jemur hingga kering dan diseduh seperti teh

“Resep Juice CUMALEMBAJA atau Juice Sanno”

Untuk: Penyakit Jantung koroner, penyempitan jantung, kolesterol jahat, darah tinggi,pengerasan arteri,darah kental dan stroke. Terapi dalam pendamping dari magnesium oil

Bahan:
Cuka apel tahesta 1 botol
Madu 1 botol (ukuran botol sebesar botol sirup marjan)
Lemon 6 s/d 8 buah tambah air 1gelas
Bawang putih tunggal 1 ons diblender dengan segelas air (Bawang Putih biasa juga gapapa)
Jahe merah1 ons dibersihkan diblender dengan satu gelas air(Jahe Biasa juga gapapa)

Cara meraciknya:
Siapkan periuk tanah atau panci email atau pirex/kaca (jangan panci dari seng).
Semua bahan setelah disaring dicampurkan,lalu dimasak dg api kecil kira-kira 1/2 jam menggunakan periuk tanah atau panci kaca tsb diatas. Setelah dingin tambahkan madu aduk rata (tetapi ada yg memasukkan madu segera setelah ramuan diangkat dari kompor).Masukkan ke botol dan simpan dalam kulkas.

Aturan pakai:
Kocok dahulu botol Cumalembaja. Untuk pemeliharaan, sehari 1 sendok makan, diminum pagi hari sebelum makan atau malam hari sebelum tidur. Untuk pengobatan, sehari 2 kali 1 sendok makan, diminum pagi hari sebelum makan dan diminum malam hari sebelum tidur. Disarankan agar setiap minum, maka 1 Sendok makan dicampur dengan secangkir air putih dengan suhu rumah, untuk mencegah adanya gangguan lambung.

“Resep Geprekan untuk sakit maag, tukak Lambung, GERD dan sebagai herbal penenang “pict 15

Bahan:
– Jahe

– Kunyit
– Kencur
masing2 sebesar ibu jari di geprek dan siram air panas, diamkan dan minum selagi hangat.1hr 2x pagi dan tiap malam mau tidur, hampas bisa dipakai sebanyak 2x..Sebelum minum geprekan, bisa didampingi terapi BS pada pagi hari. Dan oles Magnesium Oil di bagian perut dan dada pada malam hari sebelum tidur.

Tips tambahan : jika tidur posisi kepala harus lebih tinggi dari dada alias bantalnya harus tinggi untuk mengbindari refluks dan tidak boleh lgsg tidur setelah makan. Inshaallah 1bulan sembuh jika disiplin.

 
Sumber :
  • www.ncbi.nlm.nih.gov
  • Top10remedies.com
  • Tumericforhealth.com
  • wikipedia.com
Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »