Search

6 Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Mudah dan Alami

6 Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Mudah dan Alami
Share this :




Apakah Anda pernah merasakan pusing dan sakit kepala? Jika ya tentunya Anda ingin menemukan cara menghilangkan sakit kepala dengan mudah. Sakit kepala sendiri merupakan suatu gangguan pada sistem syaraf yang mengalami rasa tegang. Penyebab sakit kepala bisa dipicu karena beragam faktor, diantaranya mulai dari telat makan hingga kondisi stress berat yang dialami. Sakit kepala sebenarnya termasuk pada kategori gangguan kesehatan yang tak terlalu serius, akan tetapi bisa menjadi lebih serius jika tak Anda tangani dengan cepat.

Untuk menghilangkan rasa sakit pada kepala sebenarnya cukup mudah, akan tetapi hingga saat ini masih cukup banyak orang yang menggunakan aspirin untuk menghilangkan gejala sakit kepala tersebut. Padahal penting untuk Anda ketahui, mengonsumsi aspirin dengan dosis yang cukup besar dapat berakibat buruk bagi kesehatan organ dalam yaitu ginjal. Penyebabnya adalah kandungan kimia pada obat sakit kepala itu dapat menyebabkan kerusakan pada bagian nefron ginjal. Sebagai solusinya Anda bisa mencoba cara-cara yang tergolong alami untuk menghilangkan sakit kepala. Beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan diantaranya.

  1. Memakai es batu

Apakah Anda ketahui bahwasanya es batu sangat berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit kepala berat? Es batu yang mempunyai sifat yang amat dingin dapat mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan dengan cepat. Untuk mengatasi sakit kepala dengan es batu cukup mudah, cukup dengan menggosokkan es batu secara perlahan pada bagian kening, samping kepala dan jika dirasa perlu pada bagian belakang kepala.

  1. Banyak mengonsumsi air putih

Tubuh manusia pada dasarnya terdiri lebih dari 70% cairan, sehingga mengonsumsi cairan tiap hari amat penting bagi tubuh yang diantaranya dapat membantu sistem metabolisme. Cara menghilangkan sakit kepala juga bisa dengan banyak mengonsumsi air putih, sesuai dengan hasil penelitian di Universitas of Chicago, Amerika Serikat yang menemukan konsumsi minimal 8 hingga 10 gelas air putih akan membantu pencegahan dehidrasi yang bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

  1. Melakukan streching atau peregangan

Streching atau peregangan amat baik dalam menenangkan syaraf dari penegangan yang dialami hingga dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala. Beragam latihan peregangan dapat Anda lakukan, namun lebih direkomendasikan untuk melakukan yoga. Sebabnya dengan yoga selain Anda dapat melakukan streching, Anda juga dapat sekaligus berolahraga ringan dalam membakar lemak.

  1. Memperbaiki waktu istirahat

Kurang istirahat atau tidur bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Kurang istirahat bisa membuat penegangan di bagian otot dan sistem syaraf. Oleh karena itu sebaiknya hindari tak tidur hingga larut malam. Menurut penelitian di University of Chicago, Amerika Serikat, seseorang yang kurang tidur lebih beresiko mengalami beragam penyakit khususnya yang berhubungan dengan peredaran darah seperti stroke, jantung, hipertensi, dan lain-lain.

  1. Berbaring dengan kaki ada diatas

Anda bisa berbaring sambil meletakkan kaki diatas selama kurang lebih 1 jam untuk mengatasi sakit kepala. Selain tak memerlukan bantuan orang lain juga tak memerlukan obat maupun bahan alami. Penyebab meletakkan kaki diatas ketika berbaring dapat mengatasi sakit kepala karena peredaran darah menjadi lebih lancar dari bawah akan langsung ke otak.

  1. Menghindari stress dan depresi

Stress juga beresiko menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menemukan cara menghilangkan sakit kepala dengan mudah dan alami, coba untuk tak mengalami kondisi stres baik karena masalah keluarga, percintaan hingga pekerjaan. Untuk mengatasi stress Anda dapat berwisata dengan keluarga, curhat pada teman, dan lain-lain.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »