Search

Makanan Enak di Jakarta yang Memanjakan Lidah Anda

Makanan Enak di Jakarta yang Memanjakan Lidah Anda
Share this :




Jakarta tidak hanya terkenal dengan kemacetannya, namun juga terkenal dengan makananya yang beragam dan enak. Bagi Anda warga Jakarta pasti sudah mengetahui apa saja makanan enak di Jakarta yang menjadi incaran banyak orang. Namun, bagi Anda yang bukan warga Jakarta dan tengah berkunjung ke Jakarta, artikel ini akan membantu Anda saat memilih makanan yang enak. Tentu saja, belum lengkap rasanya apabila bertandang ke sebuah wilayah, namun tidak menyempatkan mampir untuk menyicipi kulinernya, bukan? Nah, berikut beberapa daftar makanan di Jakarta yang harus Anda buktikan sendiri rasanya.

  • Soto Betawi

Soto yang satu ini merupakan kuliner yang sudah sangat populer di seantero Jakarta bahkan sampai luar Jakarta. Sejarahnya, soto Betawi adalah sajian yang dibuat untuk melayani orang-orang Belanda di jaman penjajahan karena mereka ingin memakan sesuatu yang berkuah tapi tidak terlalu pedas dan berbumbu. Pada awalnya, kuah soto Betawi dibuat dari susu sapi murni, namun sekarang diganti menggunakan santan kelapa karena pertimbangan harga susu sapi yang mahal. Adapun isi dari soto Betawi bervariasi tergantung pembuatnya, namun isi inti adalah daging bisa ayam ataupun sapi, daun bawang, dan kacang. Soto Betawi ini merupakan kuliner yang patut Anda coba.

  • Roti Buaya

Roti buaya merupakan roti khas Betawi yang disimbolkan sebagai kewibawaan, kekuatan dan kharisma yang diharapkan ada dalam diri setiap orang. Adapun sejarah roti yang satu ini berasal dari banyaknya buaya yang terdapat di sungai ciliwung yang meluap. Masyarakat sangat menaruh hormat pada binatang tersebut sehingga dibuatlah sebuah roti buaya. Roti buaya juga meruapakan syarat utama di setiap hantaran untuk acara pernikahan adat Betawi. Pada saat sekarang, roti buaya dibuat dari beraneka macam isi dari mulai isi keju, coklat, dan campuran keduanya. Roti buaya yang merupakan khas Jakarta ini, adalah makanan enak di Jakarta yang sayang untuk dilewatkan.

       |Baca juga : Ini dia 5 Kuliner Langka Di Indonesia Yang Mulai Punah

  • Nasi Uduk dan Nasi Ulam

Kedua makanan ini sering dijual di Jakarta sebagai menu sarapan warga sekitar. Nasi ulam dan nasi uduk sama-sama terkenalnya, dan perbedaan dari keduanya terletak pada cara memasak nasi. Nasi ulam merupakan nasi yang dimasak seperi nasi pada umumnya, dan nasi uduk merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan kuah santan sehingga nasinya sudah memiliki rasa. Lauk dari kedua nasi tersebut bervariasi tergantung selera, seperti balado telur, bihun goreng, gorengan, semur jengkol, dan lauk lainnya yang tersedia.

  • Kerak Telor

Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan beberapa bumbu dan telor, baik telor bebek maupun telor ayam, tergantung selera masing-masing. Kemudian dbumbu, telor, dan nasi dimasak di atas kuali dengan api yang kecil sampai menjadi kerak. Kuliner yang satu ini cocok dijadikan cemilan dan mudah dibawa kemana-mana karena penyajian kerak telor sangat sederhana yaitu hanya digulung layaknya kebab di atas kertas minyak.

Sebenarnya, masih banyak lagi makanan di Jakarta yang enak dan wajib Anda coba saat berkunjung ke Ibukota negara kita ini. Dengan beragamnya pilihan makanan, Anda bisa dengan mudah memilih makanan yang sesuai dengen selera Anda. Selain memiliki cita rasa yang tidak ada duanya, makanan di atas juga tidak menguras kantong karena harganya masih terjangkau. Jika Anda penasaran, langsung saja coba makanan di atas, dan temukan makanan enak di Jakarta lainnya yang tak kalah enak.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »