Search

Ini Dia 7 Menu Makanan Sate Khas Nusantara

Ini Dia 7 Menu Makanan Sate Khas Nusantara
Share this :

Tahukah Anda makanan yang bernama sate ?. Ya, tentu semua orang dari balita sampai anak-anak, para remaja dan para orang tua serta aki nini pasti tahu dengan makanan yang satu ini bernama sate bahkan makanan khas nusantara ini sudah dikenal di dunia internasiaonal bahkan mancanegara sekalipun. Makanan sate di Negara tercinta ini yaitu Indonesia sendiri ada beberapa ciri khas berdasarkan bahan baku daging yang akan digunakan untuk membuat makanan sate ini. Selain itu, makan sate juga terdapat juga khas dari nama daerah masing-masing, seperti contohnya sate Madura yaitu menu makanan sate yang khas berasal dari kota Madura dan sate Maranggi yaitu menu makanan sate yang berasal dari kota Purwakarta.

Secara umum makanan sate ini menggunakan bahan baku daging, seperti: daging ayam, daging sapi, daging kambing, serta ada juga sate yang menggunakan bahan baku daging siput bekicot.

Di dalam menu makanan sate ini terdapat ciri khasnya, yaitu bahan baku daging yang sudah dipotong kecil-kecil kira-kira berukuran 1 sampai 1,5 sentimeter, lalu ditusukkan ke lidi yang terbuat dari bambu yang telah dipotong-potong menjadi ukuran yang kecil-kecil seperti lidi yang kira-kira ukuran panjang lidi untuk membuat menu makanan sate ini sepanjang 20 sentimeter dengan diameter lidi kira-kira berukuran 3 sampai 5 milimeter tergantung dari ketebalan daging yang akan digunakan untuk membuat menu makanan sate ini.

Selain itu, cara memasak menu makanan sate pun memiliki ciri khas yang unik. Memasak makanan sate ini dengan cara tradisional kuno menggunakan arang yang dibakar sehingga arang yang sudah dibakar ini membara dan berwarna kemerahan. Barulah setelah itu, sate yang sudah siap dimasak ditaruh di atas arang yang sudah membara dan berwarna kemerahan. Untuk menjaga supaya sate yang sedang dimasak di arang yang telah membara dan berwarna kemerahan ini cepat mateng seraca merata di setiap tusukan daging satenya, maka arang yang telah membara tersebut harus dipertahankan bara apinya supaya merah terus, yaitu dengan cara memberi tiupan angin kepada arang yang sudah menyala tersebut. Tiupan angin tersebut bisa dilakukan menggunakan kipas angin yang digerakkan secara manual oleh tenaga manusia menggunakan tangan atau kipas angin elektrik yang sudah menggunakan tenaga listrik yang bertujuan supaya tangan tidak pegal-pegal seperti menggunakan kipas angin tangan manual, selain itu dengan menggunakan kipas angin elektrik ini matengnya daging pada sate juga akan lebih merata di setiap bagian dari tusukan satenya daripada sate yang dimasak menggunakan kipas angin tangan manual.

Setelah sate matang di setiap tusukannya, maka saatnya membuat bumbu satenya. Resep bumbu masakan sate ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari bumbu kacang,sambel pedas yang digunakan, bermacam-macam kecap yang digunakan, serta bumbu-bumbu lainnya yang merupakan ciri khas dari daerah masing-masing di Indonesia. Makanan sate ini sudah menjadi makanan ciri khas dari Indonesia. Bahkan makanan sate ini sudah termasuk ke dalam keanekaragaman budaya nusantara, khususnya ragam budaya makanan khas Indonesia.

Berikut adalah beberapa makanan sate yang beraneka ragam di Indonesia :

Sate Madura

Sate ini dinamakan sate Maduran karena sate ini berasal dari Pulau Madura, letak Pulau Madura, yaitu sebelah utara Pulau Jawa. Sate Madura ini adalah sate yang terkenal dan popular di Indonesia. Bahan baku dagingnya yang dibuat sate adalah daging ayam atau kambing, bumbu yang digunakan yaitu kecap manis dan gula jawa, yang dicampur dengan bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan menggunakan blender, petis, kemiri, dan garam. Sate ayam biasanya disajikan dengan menggunakan bumbu kacang, sedangkan sate kambing disajikan dengan menggunakan kecap manis ditambah dengan irisan bawang merah. Sate Madura ini biasanya menggunakan irisan daging yang lebih kecil. Sate Madura sangat enak dan biasa dimakan berbarengan dengan nasi putih, lontong, atau ketupat. Kadang-kadang sate Madura ini ditambah dengan acar bawang merah yang diiris, mentimun, dan cabai rawit. Selain itu, biasanya penjual sate madura sendiri juga berasal dari suku Madura.

Sate Maranggi

Sate Maranggi ini adalah makanan sate yang khas berasal dari daerah Sunda. Sate Maranggi ini dapat ditemukan di kota Purwakarta, kota Cianjur, dan kota Bandung. Di mana, kota Purwakarta, kota Cianjur dan kota Bandung berada di daerah provinsi Jawa Barat. Bumbu sate Maranggi ini dibuat dari bumbu yang special dan khusus, yaitu terbuat dari pucuk bunga kecombrang (Nicolaia speciosa) dan tepung ketan. Pucuk bunga kecombrang dapat memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol. Sate Maranggi juga biasanya dihidangkan dengan ketan (jadah) atau nasi putih.

Sate Kambing

Sate kambing ini sangat popular dan terkenal sekali di daerah tanah Jawa. Sate kambing ini dibuat dari bahan baku daging kambing atau bisa juga daging domba. Sate kambing berbeda dengan sate yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan sate kambing biasanya tidak dibumbui terlebih dahulu. Daging kambing yang masih mentah biasanya langsung dipanggang terlebih dahulu di atas bara api arang. Setelah sate kambing ini matang, kemudian disajikan dengan menggunakan bumbu kecap manis, irisan tipis bawang merah, dan irisan tomat.

Sate Kerbau

Sate kerbau ini berasal dari daerah Kudus. Untuk membuat sate kerbau ini, pertama-tama, daging kerbau dimasak dengan menggunakan gula jawa, ketumbar, jintan putih, dan bumbu lain-lainnya sehingga dihasilkan daging kerbau yang empuk. Setelah daging kerbau empuk, kemudian daging kerbau tersebut dipanggang di atas arang yang membara, kemudian sate kerbau yang sudah mateng siap dimakan menggunakan saus bumbu yang terbuat dari santan, gula jawa, dan bumbu lain-lainya. Sate kerbau dapat juga disajikan dengan cara tradisional, yaitu sate ini dihidangkan di atas daun jati.

Sate Kikil (Sate Cecek) 

Sate kikil atau biasa dikenal dan disebut juga dengan nama sate cecek adalah makanan khas dari kota Jepara. Kota Jepara adalah salah satu kota yang berada di daeraj provinsi Jawa Tengah. Sate kikil ini biasanya dihidangkan atau disajikan untuk lauk Horok-Horok (sebutan makanan pokok orang Jepara pada zaman era penjajahan kolonial).

Sate Bebek Tambak

Sate yang satu ini menggunakan bahan baku dari daging bebek. Sate bebek ini berasal dari daerah Tambak di kota Banyumas. Sate bebek tambak ini disajikan dengan saus bumbu manis yang terbuat dari kacang tanah kemudian bumbu yang pedas, menggunakan irisan kecil-kecil tomat, dan mentimun yang dipotong kecil-kecil.

Sate Bekicot

Sate bekicot ini menggunakan bahan baku daging bekicot sebagai menu makanan yang akan dibuat menjadi sate. Bekicot ini diambil terlebih dahulu dagingnya kemudian direbus lebih dulu untuk memudahkan mengambil daging bekicotnya, setelah itu daging bekicot diurap dengan bumbunya barulah ditusuk menjadi sate dan dipanggang di atas bara api.

 

Facebook Comments
Share this :

Related posts

2 thoughts on “Ini Dia 7 Menu Makanan Sate Khas Nusantara

  1. Sate kuda sama sate kelinci tuh ada juga yang jual

Leave a Comment

Translate »