Search

Ini 7 Oleh-Oleh Khas Kota Bandung

Ini 7 Oleh-Oleh Khas Kota Bandung
Share this :

Kalau Kita sedang berkunjung ke kota Bandung atau Kota Kembang, selain berbelanja atau shopping berbagai macam barang-barang, Anda tentu juga tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan atau jajanan makanan khas dari kota Bandung. Bagi Anda yang bingung tentang oleh-oleh atau jajanan makanan enak khas kota Bandung atau kota Parahyangan mungkin artikel ini bisa sedikit membantu. Mungkin buat Anda yang belum pernah main ke kota Bandung pasti akan bingung, ada beberapa rekomendasi atau info tentang daftar atau list oleh-oleh kota Bandung atau jajanan kota Bandung atau makanan enak khas kota Bandung yang mungkin bisa membantu Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pisang Bolen atau Pisang Molen

Pisang Bolen atau Pisang Molen sudah terkenal sejak zaman dulu. Makanan pisang molen ini merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di kota Bandung, bahkan selain rasa pisang molen yang original, sekarang juga telah tersedia pula dalam berbagai aneka pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh pisang molen ini, jangan kuatir, pisang bolen atau pisang molen ini telah tersedia dan dijual di banyak tempat, di antaranya adalah toko roti Kartika Sari, toko roti Prima Rasa, dan toko roti Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat terdapat turis atau pelancong yang datang ke kota Bandung juga banyak tersedia oleh-oleh kota Bandung pisang molen ini, seperti di daerah Cihampelas, di sepanjang daerah jalan Pasteur, di daerah sepanjang jalan Dago dan Riau atau tempat-tempat yang terdapat banyak Factory Outlet. Untuk harga dari pisang molen ini sendiri berkisar antara Rp 27.000 sampai dengan Rp 35.000 an per kotak atau per pak nya.

Pisang Bolen

  1. Brownies

Untuk Brownies kota Bandung, walaupun makanan enak atau oleh-oleh khas kota Bandung yang satu ini baru booming dan terkenal di dalam beberapa tahun terakhir, tetapi brownies kota Bandung ini sudah banyak sekali yang terjun dan menggeluti ke dalam bisnis makanan brownies ini. Ada berbagai macam versi dari kue Brownies, mulai dari kue Brownies Kukus, kue Brownies Panggang, dan lain-lainnya. Tempat-tempat atau toko kue yang bisa dikunjungi apabila Anda berminat untuk memborong oleh-oleh atau jajanan khas kota Bandung brownies ini adalah toko kue Amanda Brownies, toko kue Kartika Sari, toko kue Prima Rasa, dan lain-lainnya. Harga untuk kue Brownies berkisar antara Rp 30.000 sampai dengan Rp.60.000 an per kotak atau per pak nya.

Brownies

  1. Peuyeum

Nah, oleh-oleh yang satu ini dinamakan peuyeum, Bagi Anda yang belum tahu apa itu makanan peuyeum. Makanan peuyeum adalah tapai (tape) singkong yang telah mengalami fermentasi oleh ragi. Peuyeum telah banyak di jumpai di banyak toko-toko oleh-oleh khas kota Bandung sebagai salah satu ikon khas kota Bandung. Contohnya, seperti di kawasan daerah Cibaduyut, daerah Cihampelas, dan daerah Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal juga banyak yang menjual peuyeum Bandung. Banyak juga para wisatawan yang membawa pulang oleh-oleh peuyeum ini sebagai oleh-oleh khas dari kota Bandung.

Peuyeum

  1. Keripik

Keripik khas oleh-oleh kota Bandung dapat bermacam-macam, di antaranya adalah: keripik oncom, keripik rasa pedas yang pada akhir-akhir ini sedang booming dan terkenal, dan aneka rasa keripik yang lain. Untuk keripik pedas berbagai nama pun telah disiapkan oleh produsen untuk dapat menarik konsumen, contohnya seperti: keripik setan atau disingkat dengan pikset, dan lain-lainnya. Keripik pedas yang terkenal di kota Bandung di antarnya adalah Keripik Ma’Icih serta Keripik Karuhun. Keripik-keripik tipe ini memang sangat terkenal yang memiliki derajat kepedasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera setiap konsumen. Keripik Karuhun dengan berbagai variasi seperti: * Keripik dari Singkong Level S ( Standart / Sedang ) * Keripik dari Singkong Level P ( Pedas ) * Keripik dari Singkong Level SP ( Sangat Pedas ) * Keripik dari Singkong SI ( Sambel Ijo ) * Keripik dari Singkong SISP ( Sambel Ijo Super Pedas ) * Dorokdok (atau  Keripik Kulit )

Keripik Ma’Icih/Keripik Maicih juga demikian variasinya, dengan mengandalkan tingkat atau level kepedasan yang berbeda-beda, namun umumnya keripik ini dijual dari level 3 sampai level 5, Anda bisa mencicipi keripik singkong yang pedas. Keripik Ma’icih juga sangat mudah dijumpai dimana-mana, terutama di daerah-daerah tempat para turis berkumpul seperti: daerah jalan Cihampelas, kawasan daerah Dago serta daerah jalan Riau, dan tempat yang banyak terdapat Factory Outlet, dan tempat-tempat wisata lainnya.

Keripik pedas

Harga keripik sendiri untuk keripik atau oleh-oleh khas kota Bandung yang satu ini tidak bisa dibilang murah, malah terhitung agak lumayan mahal. Keripik Ma Icih sendiri yang rasanya mantap untuk rasa pedasnya, dan biasanya anak-anak muda yang menggemari keripik Ma Icih ini. Untuk harga keripik Ma Icih sebesar Rp. 18.000, namun coba saja dulu keripik atau oleh-oleh lota Bandung yang satu ini, apakah oleh-oleh keripik ini sesuai dengan selera Anda? Apabila ya, maka tidak ada salahnya untuk memborong oleh-oleh keripik kota Bandung yang satu ini.

  1. Serabi Bandung atau biasa disebut dengan Surabi Bandung

Nah, oleh-oleh atau makanan serabi atau surabi yang berasal dari kota kembang Bandung ini berbeda sekali tipenya dengan serabi yang berasal dari kota Solo, atau provinsi Jawa Tengah.

Variasi serabi atau surabi Bandung ini sekarang menjadi sangat banyak sekali. Hal ini dikarenakan para penjual otomatis mengikuti permintaan dari konsumen sendiri. Salah satu tempat yang terkenal dengan oleh-oleh khas kota Bandung yang satu ini surabi atau serabi kota Bandung adalah kawasan jalan Setiabudi kota Bandung, yaitu Surabi Enhaii di kota Bandung (atau biasa disebut dengan NHI Bandung). Dinamakan Surabi Enhaii, karena lokasi tukang jualan surabi atau serabi ini terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung sebelah Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam aneka variasi surabi atau serabi. Buat Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh surabi Bandung, tinggal datang saja ke lokasi-lokasi seperti yang telah disebutkan di atas.

Surabi bandung

  1. Baso Tahu dari Siomay

Jajanan atau makanan yang bernama baso tahu siomay ini telah banyak tersedia dimana-mana. Biasanya jajanan atau makanan baso tahu siomay ini dihidangkan setelah baso tahu siomay dikukus secara panas-panas. Pilihannya sendiri ada bermacam-macam, seperti: Baso Tahu yang sudah dikukus, Siomay yang sudah dikukus, Kol yang sudah dikukus, Kentang yang sudah dikukus, terkadang tersedia pula Paria dan Kulit yang sudah dikukus. Setelah diiris-iris menjadi potongan-potongan yang kecil, lalu baso tahu siomay ini disajukan dengan menggunakan sambal kacang, kecap manis, serta diberi air dari jeruk nipis untuk menambah rasa nikmat. Baso Tahu yang terkenal di kota Bandung diantaranya adalah: Baso Tahu Tulen serta Raja Baso Tahu Saboga. Banyak pengunjung atau para wisatawan yang memborong oleh-oleh Baso Tahu Siomay sebagai oleh-oleh khas dari kota Bandung, karena oleh-oleh bakso tahu siomay ini terbilang sangat praktis, Anda tinggal mengukus lagi baso tahu siomay ini di rumah dan dinikmati secara hangat-hangat.

Baso tahu siomay

      7. Batagor asli Bandung

Batagor adalah makanan olahan terbuat dari tahu yang diisi dan hampir diselimuti oleh adonan terigu plus yang di  dalamnya adonan tersebut ada racikan daging ikan atau kaldunya saja biasanya daging ikan tenggiri lalu ada bawang daun, sedikit bawang putih, merica dll. Disajikan dengan bumbu kacang giling/saus kacang dan kecap, ada juga yang memakai kuah seperti layaknya mie baso. Mungkin sekitar tahun 70 – 80 an makanan ini sudah mulai dikenal di Bandung, Banyak tempat yang menjajakan Batagor di kota Bandung dengan brand yang mungkin sudah terkenal sebelumnya, seperti Batagor Riri, Kingsley, dan Abuy Ihsan.

Batagor Bandung

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »