Search

Ini 6 Kuliner Unik Di Indonesia Yang Wajib Dicicipi

Ini 6 Kuliner Unik Di Indonesia Yang Wajib Dicicipi
Share this :




Tersebar dari Sabang sampai Marauke menjadikan berbagai macam jenis kuliner unik di Indonesia digemari dan memiliki ciri khas tersendiri setiap daerahnya. Mulai dari jajanan hingga makanan berat, Indonesia memiliki semuanya. Jika anda berkunjung ke sebuah daerah, sebaiknya cicipi kuliner di tempat tersebut agar wawasan kuliner anda menjadi lebih luas.

Berikut ini adalah ragam dari beberapa macam kuliner unik di Indonesia yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke daerah tersebut:

  • Dadih

Kuliner yang berasal dari Minangkabau ini terbuat dari susu kerbau yang di fermentasi di dalam bambu. Rasanya seperti yoghurt dan segurih keju. Ini merupakan yoghurt atau keju khas Indonesia. Kamu hanya menemukan ini jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat.

  • Nasi Kucing

Nasi yang satu ini bukan makanan untuk kucing ya, namun bentuknya atau porsinya yang sangat mini seperti makanan sisa untuk kucing. Isiannya bisa sayur tempe, sambal, mie goreng. Disajikan lengkap dengan sate usus, sate telur puyuh, sate ati ampela, dan gorengan. Kamu bisa menemukan ini di Yogyakarta dan Surakarta.

  • Kue Dollar

Karena bentuknya seperti kepingan uang logam jaman dahulu, maka kue kering ini disebut dengan kue dollar. Ini merupakan oleh oleh asli Surabaya. Jangan lupa untuk membelikan oleh oleh yang satu ini kepada keluarga saat berkunjung ke Surabaya ya.

  • Kerak Telor

Nasi yang sudah mengerak di periok saja bisa menjadi kuliner lezat. Sungguh luar biasa bukan Indonesia? Memiliki cita rasa gurih, manis, dengan tekstur persis seperti kerak ini akan sangat menggoyang lidahmu saat berkunjung ke Betawi.

  • Kuku Macan

Makanan yang satu ini tidak memburu Macan untuk digunting kukunya ya. Ini merupakan camilan khas Balikpapan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tapioka, memiliki rasa gurih dan khas ikan tenggiri. Ini sejenis kerupuk untuk oleh oleh yang berbentuk seperti kuku.

  • Kapal Selam

Banyak yang bilang hanya orang kaya yang bisa makan kapal selam. Makanan khas Palembang ini merupakan jenis pempek yang terbuat dari pempek dengan isian telor utuh. Dimakan dengan kuah asam pedas atau cuko.

Begitu banyak ragam kuliner yang unik di Indonesia yang memiliki nama, bentuk, serta rasa yang unik. Nah apakah anda termasuk orang yang memburu kuliner di setiap daerah? Makanan diatas wajib anda coba dan rasanya belum ke daerah tersebut jika belum mencicipi kulinernya.

       | Baca juga : 4 Kuliner Khas Ramadhan yang Ditemukan Saat Bulan Puasa Saja

Selain kuliner yang ada diatas, masih banyak lagi makanan atau kuliner unik di Indonesia. Setidaknya ketika anda berkunjung ke suatu daerah, anda bisa mencicipi kuliner yang ada disana sebagai pengalaman berkuliner. Seperti jika anda berkunjung ke Semarang, anda bisa memakan Tahu Gimbal. Makanan ini bukan tahunya yang berbentuk seperti gimbal, namun gimbal disana adalah bakwan dengan udang. Nah sangat menarik bukan?

Lestarikan terus makanan yang menjadi ciri dari Indonesia. Jangan sampai kuliner khas kita di catut oleh negara lain sebagai kuliner dari negaranya. Seperti dahulu Rendang yang nyaris saja hilang dari Indonesia karena akan dicatut oleh negara tetangga, Malaysia. Mencintai kuliner negeri sendiri mampu melestarikannya secara tidak langsung. Jangan malas untuk memakan makanan tradisional, karena kuliner milik kita pun tidak kalah lezatnya dengan makanan barat atau lainnya. Semoga informasi tentang kuliner unik di Indonesia ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan semakin mencintai kuliner asli Indonesia.

Video dibawah ini kita bisa melihat ragam kuliner unik dan aneh di Indonesia lainnya yang mungkin belum tersebut dalam artikel di atas,

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »