Search

4 Kuliner Khas Ramadhan yang Ditemukan Saat Bulan Puasa Saja

4 Kuliner Khas Ramadhan yang Ditemukan Saat Bulan Puasa Saja
Share this :

Berbicara bulan suci Ramadhan maka tidak terlepas dari kuliner khas Ramadhan di mana bulan ini merupakan bulan yang telah dinanti oleh kaum Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan pensucian diri dan juga menambah nilai keimanan, di bulan ini juga banyak orang orang menebar rejeki melalui jalur berjualan makanan. Kuliner Ramadhan yang tidak akan anda temui selama satu tahun, hanya dapat anda temukan pada bulan ini. Mulai dari makanan ringan atau takjil, minuman, hingga makanan atau lauk yang menggoda selera. Nah apa saja ya yang menjadi menu berbuka bagi kebanyakan orang yang makanan tersebut jarang ditemukan diliuar bulan Ramadhan?

Beberapa kuliner khas Ramadhan di bawah ini akan sulit kamu temukan saat diluar bulan puasa. Apa saja ya? Yuk kita simak beberapa kuliner yang wajib kamu makan ketika bulan puasa datang:

  • Kolak

Siapa yang tidak mengenal kudapan manis nan gurih satu ini? Kuahnya terbuat dari santan, gula merah, dan daun pandan sebagai pengharum citarasanya. Di isi dengan aneka isian lezat seperti kolang kaling, pisang, ubi, labu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini menjadi makanan yang wajib hadir setiap bulan puasa. Banyak yang menjajakan makanan ini ketika puasa, jika diluar bulan tersebut tentunya kamu harus memasak sendiri untuk dapat menyantapnya.

  • Tutut / Kraca / Gulai Siput

Setiap bulan puasa datang, entah darimana saja ada penjual makanan yang satu ini. Terbuat dari keong atau siput hitam kecil kecil yang ada di sawah, dimasak dengan bumbu rempah pedas dan menggunakan santan encer yang menggoda selera. Jika diluar bulan Ramadhan, rasanya sangat sulit untuk menemukan pedagang tutut ini.

  • Kurma

Kurma selalu identik dengan bulan suci Ramadhan. Entah bagaimana sedikit sulit menemukan buah yang satu ini jika tidak bulan puasa. Memang ada saja yang menjualnya, namun sedikit. Buah manis yang satu ini sangat bagus untuk berbuka karena mampu mengembalikan kadar gula darah dengan stabil.

  • Cincau dan Kolang Kaling

Dua bahan makanan diatas juga termasuk yang jarang sekali atau sulit ditemukan saat dilluar bulan puasa. Memang ada saja yang menjualnya, namun jumlah yang dijual biasanya sangat sedikit.

       |Baca juga : Jangan Buka Bisnis Kuliner dulu Kalau Belum Tahu 6 Tips Ini

Nah sudahkan anda mencicipi kuliner khas bulan puasa seperti diatas tahun ini? Jika belum, banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya selama bulan puasa yang dapat anda beli di pasar pasar Ramadhan atau sepanjang jalan yang terdapat keramaian. Banyak orang yang mencari kuliner tersebut menjelang bedug magrib atau saat sedang ngabuburit. Apakah anda termasuk orang yang senang mencari kudapan seperti diatas saat bulan puasa datang?

Ketika puasa dan menjelang magrib, kita akan kalap jika melihat makanan yang disajikan oleh orang rumah atau pedagang yang menjajakan dagangannya. Sehingga biasanya anda akan cenderung membeli banyak jajanan atau makanan, padahal setelah anda berbuka makan beberapa potong atau sendok makanan saja perut sudah terasa penuh bukan? Boleh saja anda membeli atau mencicipi kuliner khas di bulan puasa yang mungkin akan jarang anda makan di luar bulan Ramadhan. Namun yang perlu di ingat adalah anda harus waspada karena juga banyak makanan yang ternyata didalamnya terkandung zat berbahaya. Ini sering terjadi pada kuliner khas Ramadhan yang sering dijajakan oleh para penjual karena tergoda dengan omset yang berlipat lipat.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »