Search

Mengenal Lebih Dekat Ubi Cilembu Oleh-Oleh Khas Kota Sumedang

Mengenal Lebih Dekat Ubi Cilembu Oleh-Oleh Khas Kota Sumedang
Share this :

Ubi Cilembu atau biasa disebut dengan huwi Cilembu kalau dibilang sama orang Sunda. Ubi Cilembu termasuk ke dalam kultivar ubi jalar yang merupakan termasuk ke dalam ras local yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, kota Sumedang, provinsi Jawa Barat. Ubi jalar Cilembu ini popular dan terkenal di kalangan masyarakat konsumen sejak tahun 1990-an.

Ubi Cilembu ini lebih istimewa daripada ubi lainnya karena ubi ini apabila dimasak dengan cara di oven akan mengeluarkan sejenis cairan yang lengket seperti gula madu dan manis rasanya. Karena itu, umbi Cilembu ini biasa disebut juga dengan ubi si madu. Bila ubi pada umumnya memiliki rasa manis, tetapi rasa manis umbi Cilembu ini lebih manis sekali dan lengket seperti dicampur dengan gula madu. Rasa manis ubi Cilembu ini akan menjadi membuat dan menjadi tenaga yang ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya.

Ubi Cilembu ini tidak cocok untuk dimasak dengan cara digoreng, karena kandungan gulanya yang sangat tinggi membuat ubi ini sangat mudah sekali “gosong”. Ubi Cilembu juga tidak cocok dimasak dengan cara direbus, karena aroma dan rasa dari “madu” yang dikandungnya akan berkurang, atau mungkin bahkan bisa hilang rasa dan aroma madunya. Pada umumnya produk ubi Cilembu ini diperdagangkan dalam bentuk ubi yang bakar selain itu juga diolah dalam bentuk lain, seperti: kripik, tape (atau peuyeum), dodol (makanan khas kota Garut), keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mi, dan sirop. Ubi Cilembu ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi karena rasanya yang khas, rasa manis seperti madu dan legit sekali, struktur dagingnya juga kenyal dan sangat menarik sehingga sangat digemari sekali oleh pelaku usaha di bidang tani dan konsumen.

Selain rasa ubi Cilembu yang sangat manis, warna daging ubi Cilembu juga cukup menarik di mana kulit dan daging ubi yang berwarna krem dan kemerahan di waktu ubi Cilembu masih mentah dan berwarna kuning apabila ubi Cilembu ini dimasak dan bentuk ubi yang panjang serta berurat. Bentuknya ubi Cilembu panjang dan kulitnya tak mulus. Hal tersebut dikarenakan ubi Cilembu ini terdapat urat-urat yang panjang dan menonjol. Ketika ubi Cilembu dimasak dengan cara dipanggang, atau dibakar, atau di oven, dari kulitnya ubi Cilembu yang berwarna gading akan muncul dan timbul lelehan-lelahan yang terlihat seperti madu.

Ubi Cilembu kota sumedang
Ubi Cilembu Kota Sumedang

Ubi Cilembu sendiri memiliki kandungan yang lumayan tinggi, yaitu dengan kandungan vitamin A sebanyak 7.100 IU (international unit). Kandungan dari vitamin A ubi Cilembu ini merupakan suatu jumlah yang dirasa cukup tinggi untuk perbaikan gizi untuk yang kekurangan jenis vitamin A. Padahal, ubi-ubian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada kisaran angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain itu, vitamin A yang tinggi, ubi Cilembu juga mengandung kalsium sampai 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg serta niacin 0,9 mg, dan yang terakhir ubi Cilembu mengandung vitamin C 20 mg.

Cara Merawat Ubi Cilembu
Begitu ubi Cilembu ini sampai dikios atau took, segera lakukan hal-hal seperti dibawah ini:

  • Pertama keluarkan ubi cilembu dari keranjang (segera)
  • Kedua simpan ubi Cilembu ditempat yang kering (akan lebih baik bila tidak disimpan dilantai langsung, tetapi diberi alas dengan jarak 10 cm dari permukaan bawah lantai)
  • Ketiga cara penyimpanan ubi Cilembu jangan ditumpuk, tetapi disusun berdiri
  • Keempat dengan cara penyimpanan yang benar ubi cilembu mentah ini akan mampu bertahan hingga 2 bulan lamanya (apabila dalam kondisi ubi Cilembu belum dicuci) dan 1 bulan lamanya (apabila ubi Cilembu sudah dicuci)

Cara Meng-Oven Ubi Cilembu yang baik dan benar

  1. Pertama pilihlah ubi Cilembu yang benar-benar siap untuk di oven (Ubi Cilembu yang siap di oven, yaitu ubi yang telah disimpan minimal 5 – 10 hari apabila ubi Cilembu setelah dicuci (maka akan lebih sempurna lagi bila penyimpanan lebih lama, yaitu 10 – 20 hari)
  2. Kedua dengan menyiapkan oven (baik oven yang khusus maupun oven yang biasa saja digunakan untuk oven kue) meletakkannya di atas tungku atau kompor beberapa saat sampai suhunya mencapai 90 – 100 derajat Celcius
  3. Ketiga dengan menyusun ubi cilembu dengan rapih di dalamnya oven tersebut (atau jangan ditumpuk ubi Cilembunya)
  4. Selama proses mengoven ubi Cilembu ini berlangsung SETIAP 10 MENIT SEKALI UBI CILEMBU YANG BERADA DI DALAM OVEN INI WAJIB DIBOLAK-BALIK agar hasil mengovennya merata tingkat kematangannya, dan juga agar madu yang terkandung di dalam ubi Cilembu ini terpancing untuk keluar juga aromanya
  5. Kelima ubi cilembu ini akan matang dengan sempurna apabila di oven selama kurang lebih sekitar 2 jam lamanya waktu

SEBAGAI CATATAN PENTING!
Apabila memiliki stok ubi Cilembu yang cukup banyak dan melimpah, selain harus diperhatikan betul cara perawatan atau penyimpanannya dari ubi Cilembu ini. Untuk mengantisipasi, maka setiap 2 hari sekali stok dari ubi Cilembu ini WAJIB diperiksa, apakah terkena pengaruh udara yang lembab atau warnanya yang berubah kehitaman, atau terkena hama yang bernama lanas
Dan apabila terjadi demikian, maka segeralah ubi Cilembu tersebut di oven atau bisa juga segera dipisahkan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ubi cilembu :

  1. Ubi Cilembu sebagai sumber energi

Manfaat dari ubi cilembu ini memiliki banyak sekali kandungan karbohidrat, lemak dan protein, selain itu juga mineral lainnya. Apabila kita hitung, ubi cilembu memilki kalori yang lumayan cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi ubi cilembu ini dapat membantu kita di dalam mencukupi serta pemenuhan akan kebutuhan nutrisi tubuh kita akan kalori di setiap harinya. Manfaat karbohidrat yang berada di dalam ubi cilembu ini adalah sebagai salah satu sumber energi alternatif bagi tubuh.

  1. Ubi Cilembu dapat menghangatkan tubuh

Ubi cilembu yang diolah dan dimasak dengan cara dibakar, tentu akan sangat nikmat untuk dimakan dalam keadaan hangat-hangat kuku panas. Ketika dimakan ubi Cilembu dalam keadaan hangat, ubi cilembu ini dapat membantu untuk menghangatkan tubuh kita, terutama ketika ubi cilembu dimakan dan disantap pada malam hari yang dingin. Selain dapat memberikan energi buat tubuh, ubi cilembu yang dimasak dengan cara dibakar serta disajikan dengan yang hangat juga memilki peran yang penting di dalam membantu menghangatkan tubuh.

  1. Ubi cilembu untuk mencegah penyakit kanker

Ubi cilembu ini juga memiliki kandungan akan manfaat dari zat antioksidan yang cukup tinggi. Salah satu manfaat yang paling penting dari kandungan antioksidan yang cukup tinggi ini adalah dapat mencegah munculnya penyakit kanker dan juga perkembangan penyakit tumor. Dengan mengkonsumsi ubi cilembu ini, maka kita dapat mencegah munculnya penyakit kanker, serta menghambat pertumbuhan penyakit tumor.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

One thought on “Mengenal Lebih Dekat Ubi Cilembu Oleh-Oleh Khas Kota Sumedang

Leave a Comment

Translate »