Search

Kurs Dollar Hari Ini Tercatat Adanya Penguatan Rupiah dan IHSG

Kurs Dollar Hari Ini Tercatat Adanya Penguatan Rupiah dan IHSG
Share this :




Suryamin selaku Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS mengatakan bahwa kurs dollar hari ini tercatat Rupiah menguat terhadap dollar Amerika Serikat dari pekan kelima bulan Juni hingga pekan ke dua bulan Juli. Penguatan ini dirasa positif bagi laju penguatan Rupiah pada waktu yang akan datang. Pada pekan yang kelima bulan Juni, Rupiah mengalami penguatan terhadap dollar Amerika Serikat, dollar Australia dan juga euro. Terhadap dollar Amerika Serikat menguat hingga 2,95%, lalu terhadap dollar Australia menguat 0,57% dan terhadap euro menguat hingga 3,58%. Ini dirasa bagus, rupiah terus menguat terhadap dollar Amerika hingga pekan ke dua bulan Juli. Nantinya dapat dilihat mengenai angkanya, ungkap Suryamin di Jakarta. Namun rupiah terhadap yen pada pekan kelima bulan Juni justru menurun 3,88%.

Untuk tingkat nilai tukar regional paling tinggi berlangsung di Kalimantan Utara dengan level Rp 13.033 per dollar Amerika, sedangkan paling rendah berlangsung di Aceh dengan level Rp 13.375 per dollar Amerika. Pada pekan pertama bulan Juli, terjadi penguatan nilai rupiah terhadap dollar Amerika senilai 0,75%  dan pada pekan ke dua pun mengalami penguatan senilai 1,12%. Terhadap mata uang euro, rupiah melemah pada pekan pertama senilai 0,39% akan tetapi pada pekan ke dua telah menguat kembali 0,56%. Sedangkan untuk mata uang yen di pekan pertama mengalami pelemahan 0,12% akan tetapi menguat kembali pada pekan ke dua senilai 0,27%. Akan tetapi dengan dollar Australia, rupiah melemah pada pekan pertama dan ke dua, dimana pada pekan yang pertama mengalami pelemahan sebesar 0,52% dan pada pekan ke dua mengalami pelemahan dengan persentase yang sama. Suryamin menilai ini terjadi karena aktifitas impor daging sapi saat menjelang lebaran yang lalu.

Sementara walau kurs dollar hari ini tercatat nilai tukar rupiah pada dollar Amerika Serikat stabil di sesi pertama sesudah pagi hari dibuka pada zona hijau. Penguatan nilai mata uang rupiah siang hari ini berada pada kondisi masih lemahnya Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. IHSG sesi pertama makin menguat 26,28 poin atau 0,52% pada level 5.109,82. Sementara di pembukaan perdagangan pada pagi hari bursa saham menguat sebesar 9,04 poin atau 0,18% pada level 5.092,58 serta pada penutupan perdagangan kemarin ditutup dengan nilai melemah yang mencapai 50,39 poin atau 0,98% pada level 5.083,54. Bidang saham dalam negeri di siang hari ini hampir menyeluruh ada pada jalur positif. Bidang yang mengalami peningkatan paling tinggi yaitu bidang infrastruktur yang meningkat 1,56%. Sementara bidang yang menurun hanya bidang industri dengan nilai 0,13%.

Menurut data dari Yahoo Finance di siang hari, rupiah ada di level Rp 13.083 per dollar Amerika dengan nilai kisaran Rp 13.032 hingga Rp 13.086 per dollar Amerika. Ini berarti mengalami kenaikan tipis dari penutupan hari kemarin pada level Rp 13.080 per dollar Amerika. Menurut data dari Bloomberg, rupiah pada siang hari ini ada di level Rp 13.074 per dollar Amerika atau mengalami pelemahan tipis dari penutupan hari sebelumnya pada level Rp 13.073 per dollar Amerika. Pada siang hari ini rupiah ada pada kisaran Rp 13.066 hingga Rp 13.094 per dollar Amerika. Pada sisi lainnya, kurs dollar hari ini dengan acuan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor BI, rupiah ada di kisaran Rp 13.086 per dollar Amerika. Ini berarti mengalami penguatan dari posisi sebelumnya yaitu pada level Rp 13.088 per dollar Amerika.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »