Search

Jangan Buka Bisnis Kuliner dulu Kalau Belum Tahu 6 Tips Ini

Jangan Buka Bisnis Kuliner dulu Kalau Belum Tahu 6 Tips Ini
Share this :

Bisnis kuliner menjadi bisnis yang paling banyak diminati, karena bisnis ini memang tak ada matinya. Makin banyaknya orang yang terjun memulai bisnis ini memunculkan banyak pilihan bagi pembeli. Namun tak semua orang yang melakukan bisnis ini bisa bertahan untuk waktu lama. Hal ini disebabkan karena hanya orang yang kerja keras dan orang yang kreatif dan berinovasi dalam bisnis ini yang dapat bertahan. Untuk meraih kesuksesan pada bisnis ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips memulai bisnis atau usaha kuliner.

  • Target Pasar

Anda perlu menentukan target pasar secara spesifik. Target pasar menjadi dasar untuk menyusun strategi pasar. Target ini meliputi usia, pekerjaan, pendapatan, life style dan lain-lain. Sesudah menentukan target pasar, Anda bisa memutuskan strategi yang akan dilakukan kedepan.

Salah satu contohnya yaitu Anda mempunyai rencana membuka usaha kuliner di sekitar kampus, maka konsep yang sesuai yaitu makanan dengan harga terjangkau serta mempunyai tempat nyaman bagi kalangan mahasiswa seperti sebuah warung nasi dengan konsep cafe yang menarik.

  • Inovasi Produk Kuliner

Semakin ramainya persaingan di dunia usaha, khususnya usaha kuliner ini dapat disiasati dengan inovasi. Inovasi bisa berupa bentuk atau tampilan, rasa, kreasi dalam proses pembuatan, dan cara menyajikannya. Tentunya inovasi juga harus sesuai dengan target pasar. Misalnya saja, bila Anda memiliki target anak sekolah maka harus membuat makanan dengan bentuk atau tampilan yang menarik anak sekolah pula. Inovasi ini juga amat penting supaya pembeli tak jenuh untuk membeli produk yang dijual.

      | baca juga : 4 Hal Inilah Yang Harus Diperhatikan Jika Akan Memulai Bisnis Online

  • Pemasok atau Supplier

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan dalam bisnis kuliner bisa menjadi sangat berpengaruh pada rasa dan kualitas makanan. Sebagai penyedia bahan dasar, mesti ada pihak yang memiliki tanggungjawab. Dengan bantuan dari pemasok atau supplier ini maka kualitas bahan makanan yang Anda dapatkan akan terjamin. Dalam menentukan pemasok pun harus teliti dan pilih pemasok atau supplier yang konsisten dalam menjaga kualitas.

  • Kemampuan dan Pengetahuan

Menjadi seorang pengusaha kuliner berarti harus memiliki kemampuan dan pengetahuan pula pada bidang kuliner. Karena dari kemampuan dan pengetahuan ini yang nantinya akan memunculkan ide dan inovasi yang baru sehingga membuat makanan yang Anda jadikan produk kuliner berbeda dari yang lain. Meskipun Anda menggunakan chef sekalipun, Anda tetap mengenal secara mendalam mengenai usaha kuliner.

  • Menjaga Reputasi

Usaha bidang kuliner yang dapat bertahan untuk jangka waktu yang cukup lama adalah yang dapat menjaga reputasi di kalangan pembeli. Karena sedikit mengecewakan pembeli saja bisa berdampak buruk pada reputasi usaha kuliner yang dijalani. Dimulai dari kebersihan makanan, tempat sampai rasa menu makanan serta pelayanan harus diputuskan dengan standar operasional yang ketat.

       | baca juga : Inilah Beberapa Contoh Bisnis Yang Menjanjikan di Masa Sekarang

  • Sabar dan Tekun Pada Permulaan Usaha

Usaha bidang kuliner akan sedikit memerlukan waktu perkenalan bagi pembeli khususnya untuk usaha kuliner yang baru buka. Maka tak mengherankan bila pada permulaan usaha mungkin akan mengalami sepi pembeli. Akan tetapi untuk berikutnya bila menu makanan yang dijual sesuai dengan selera pembeli maka akan dengan mudah menyebar informasinya pada calon pembeli yang lain. Oleh karena itu kesabaran dan ketekunan benar-benar akan diperlukan dalam mendirikan usaha kuliner ini, khususnya bagi para pemula yang kerap terburu-buru dalam memutuskan suatu hal.

Itu tadi beberapa tips memulai bisnis kuliner, semoga menambah pengetahuan dan semangat Anda dalam memulai bisnis ini.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »