Search

Ini dia 6 Contoh Usaha Modal kecil yang bisa dilakukan oleh pengusaha baru

Ini dia 6 Contoh Usaha Modal kecil yang bisa dilakukan oleh pengusaha baru
Share this :

Di zaman sekarang ini mencari pekerjaan memang agak sulit. Kebanyakan perusahaan besar ataupun perusahaan perseorangan banyak mencari pekerja di bagian marketing dan pemasaran atau di masyarakat kita sering dibilang dengan sebutan sales. Ya, itulah kenyataan yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat khususnya di negeri tercinta ini Indonesia. Terlebih lagi untuk pelajar ataupun mahasiswa yang baru saja lulus yang kemudian berniat untuk mencari lowongan pekerjaan tentu akan sangat sulit sekali mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kemampuannya. Belum lagi tingkat persaingan antara sesama para pencari kerja yang memiliki tingkat persaingan tinggi apalagi untuk melamar ke salah satu perusahaan nasional, maka akan sangat berat sekali persaingan antar sesama pencari kerja.

Untuk itu, bagi yang memiliki jiwa pengusaha atau biasa dikenal dengan nama istilah entrepreneur (di dalam Bahasa Inggris berarti seseorang yang baru memulai usaha kecil-kecilan). Di dalam jiwa seorang pengusaha biasanya harus memiliki prinsip kemandirian untuk memulai usaha dan bisnis baru yang sedang dibukanya pertama kali. Selanjutnya seseorang yang baru memulai usaha barunya biasa disebut dengan pengusaha baru. Pengusaha baru ini harus mampu mengatur dan me-manage semua yang diperlukan oleh usahanya, contohnya seperti: perencanaan awal usaha dan bisnis, proses pembukaan usaha untuk yang pertama kalinya, dan yang terakhir, yaitu: pengusaha baru harus mengetahui dan mengelola dengan baik usaha dan bisnisnya di saat usahanya sudah berjalan. Jadi, semuanya yang berhubungan dengan usaha dan bisnis yang baru dimulai dan dibukanya pengusaha ini harus mampu merencanakan, me-manajement, dan menjalankan usahanya.

Pengusaha baru
credit : pixabay

 Para pengusaha baru ini sebaiknya memilih bidang usaha sesuai dengan minat, bakat dan keahliannya, supaya nanti ditengah-tengah jalan tidak cepat dan mudah bosen dan bermalas-malasan di dalam merencanakan, memanagement serta di dalam mengelola usaha dan bisnisnya yang baru dibangun dan dibuka tersebut. Namun, seiring dengan berjalannya waktu selama menjalankan usaha barunya tersebut, lambat-laun akan mengalami tantangan, kendala atau hambatan tertentu. Di dalam menjalankan usaha pasti akan menemukan tantangan seperti saingan bisnis. Di dalam menghadapi persaingan bisnis ini harus dilakukan dengan cara persaingan bisnis yang sehat supaya tidak akan timbul lagi masalah baru yang lebih buruk. Selain, itu di dalam menjalankan usaha dan bisnis juga biasanya akan menemukan kendala, contohnya, seperti: masalah modal yang kurang karena akan dilakukan pengembangan usaha untuk memperluas dan menambah modal dengan tujuan supaya besarnya omset dapat menjadi berlipat-lipat ganda. Contoh lainnya, kendala di bagian pemasaran produk yang sudah dihasilkan, biasanya masalah pemasaran produk banyak dialami oleh kebanyakan para pengusaha baru ini dikarenakan banyaknya saingan bisnis dan usaha atau terdapat juga para pengusaha pendahulu kita yang sudah terjun terlebih dahulu yang sama dengan bisnis dan usaha yang kita miliki.

Pengusaha baru
credit:pixabay

Dengan demikian, secara umum permasalahan penambahan modal bisa diatasi dengan mengajukan kredit berupa kredit pinjaman uang untuk modal usaha dan bisnis kita ke bank. Selain itu, para pengusaha baru juga pasti sering mengalami masalah teknis di dalam menjalankan usaha dan bisnis barunya yang sedang pertama kali dijalankan, contohnya seperti masalah administrasi, dan masalah-masalah yang bersifat teknis lainnya di dalam menjalankan usaha dan bisnis yang baru dijalankannya. Sebenarnya masalah kendala seperti masalah teknis bisa diatasi dengan mempelajari kembali kekurangan dan kelebihan di dalam menata me-management suatu usaha dan bisnis tersebut supaya masalah yang dapat muncul atau timbul sewaktu-waktu dapat teratasi dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti sehingga masalah teknis tersebut bisa dengan cepat terselesaikan tanpa mengganggu kinerja system yang lainnya di dalam menjalankan usaha dan bisnis baru yang sedang dibuka oleh para pengusaha pemula tersebut.

 Berikut adalah beberapa contoh usaha kecil yang bisa dilakukan oleh para pengusaha pemula sekalipun.

 Membuka Bisnis Dan Usaha Kuliner

Ada banyak sekali pilihan di dalam membuka peluang bisnis dan usaha di bidang kuliner ini karena bisa menyajikan berbagai pilihan menu makanan siap saji baik makanan maupun minuman. Salah satu contoh, yaitu membuka rumah makan atau restoran makanan bakso. Makanan yang satu ini sudah digandrungi dan disukai oleh kebanyakan orang Indonesia. Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, yaitu adalah bakso yang sudah sangat legendaris di kalangan masyarakat Indonesia.

Membuka Bisnis Dan Usaha Jasa Pencucian Mobil Dan Motor

Membuka bisnis dan usaha di bidang jasa khususnya jasa pencucian kendaraan bermotor, yaitu bisa membuka jasa cuci motor atau mobil maupun bisa kedua-duanya jasa pencucian mobil dan motor. Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang berkeliaran di jalan, maka peluang bisnis yang satu ini jasa pencucian mobil dan motor masih menjadi prospek yang bagus dari masa ke masa.

Membuka Bisnis Dan Usaha Agen Travel

Siapa orang yang tidak suka dengan yang namanya rekreasi atau wisata atau nama lainnya jalan-jalan. Pastinya tentu setiap orang bahkan hamper semua orang suka dan menyukai dengan yang namanya travelling atau jalan-jalan atau bahkan hanya keliling kota saja. Oleh karena itu, membuka bisnis dan usaha agen travel sampai saat ini masih bisa menjadi prospek bisnis dan usaha yang bagus.

Membuka Bisnis Dan Usaha Agen Pulsa Elektronik

Semua orang pasti memiliki yang namanya ponsel atau telpon genggam atau biasa juga disebut dengan handphone yang biasa disingkat dengan HP, atau smartphone bahkan banyak juga masyarakat Indonesia yang memiliki komputer tablet. Semua perangkat tersebut pasti memerlukan yang namanya pulsa, baik pulsa telepon, pulsa untuk sms, maupun pulsa untuk mengaktifkan paket internet yang akan digunakan baik di smartphone maupun tablet. Bisnis dan usaha agen pulsa elektronik juga masih bagus untuk kedepannya.

Membuka Bisnis Dan Usaha Warung Internet (Warnet)

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini keberadaan internet akan dianggap semakin penting saja seperti yang terjadi dewasa ini di Indonesia ditambah lagi dengan adanya penemuan dan penambahan jaringan baru teknologi 4G LTE yang dirancang untuk mempercepat kemampuan koneksi internet, maka dengan membuka bisnis dan usaha warung internet atau yang biasa disebut dengan warnet masih memiliki peluang yang sangat lebar.

Membuka Bisnis Dan Usaha Game Center

Hampir semua orang suka bermain game entah game di smartphone, bahkan game komputer. Dengan semakin banyaknya yang suka bermain game maka ada peluang membuka bisnis dan usaha game center ini.

Kesimpulan dari artikel yang berjudul Ini dia 6 Contoh Usaha Modal kecil yang bisa dilakukan oleh pengusaha baru, yaitu ada banyak sekali peluang bisnis dan usaha yang bisa dijalankan dan dilakukan bahkan dengan kemampuan dan modal pas-pasan, asalkan ada niat dan kemauan maka semuanya akan bisa berjalan seiring dengan berjalannya waktu.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »