Search

Ini Dia 4 Usaha Sampingan Yang bisa Dilakukan Seorang Karyawan

Ini Dia 4 Usaha Sampingan Yang bisa Dilakukan Seorang Karyawan
Share this :

Usaha sampingan yang dilakukan oleh para karyawan adalah sesuatu yang sudah lumrah dan tidak dilarang oleh banyak perusahaan. Akan tetapi, banyak para karyawan yang belum bisa memulai usaha sampingannya dikarenakan faktor modal.

Namun, tidak sedikit juga para karyawan yang beranggapan bahwa harus memiliki modal yang cukup besar untuk dapat menjalankan sebuah bisnis walaupun hanya sampingan. Oleh karena itu, tidak heran bahwa beberapa dari para karyawan dengan secara terpaksa dengan cara meminjam uang ke bank untuk dipergunakan sebagai modal untuk memulai usaha sampinagnnya. Hal tersebut sudah tentu akan ada besar kemungkinan, jika usaha sampingan tersebut tidak dikelola dengan baik, maka dana pinjaman dari bank tersebut akan membebani usahanya di kemudian hari. Pada akhirnya, dan biasanya ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang akan diperoleh, tetapi rasa stres, kuatir, dan pusing karena harus membayar cicilan bank dan bunga pinjaman bank tersebut.

Untuk para karyawan yang kesulitan di dalam modal. Sekarang ini ada berita baiknya. Para karyawan bisa mencoba membuka dan menjalankan usaha sampingan dengan menggunakan modal yang relatif cukup kecil. Berikut ada beberapa ide usaha sampingan yang hanya memerlukan dana modal sekitar Rp.10 juta atau kurang untuk memulai usaha sampingan.

  1. Usaha Sampingan Jasa Laundry

 Pada saat sekarang ini ada banyak sekali orang yang selalu ingin serba praktis. Salah satu contoh permasalahannya, yaitu tidak terkecuali di dalam urusan rumah tangga, sepeti: mencuci serta menyetrika pakaian. Tentu hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bagi para karyawan yang ingin memulai membuka dan menjalankan jasa laundry.

Supaya usaha sampingan jasa laundry yang akan dijalankan bisa menguntungkan. Langkah atau hal pertama yang paling perlu Anda pertimbangkan adalah target konsumen atau pangsa pasar. Untuk masalah target pemasaran jasa laundry sebaiknya bisa mencari tempat atau lokasi yang banyak mahasiswa serta karyawan swasta (atau bisa juga pegawai negeri sipil). Hal ini dikarenakan mahasiswa serta karyawan adalah pangsa terbesar di dalam menjalankan jasa laundry ini. Dengan demikian, tidak mengherankan jika keuntungan yang akan diperoleh dari menjalankan usaha jasa laundry ini sebesar 15 sampai dengan 25 persen (dengan asumsi tarif laundry sebesar Rp.4.000 sampai dengan Rp.6.000 per kilo gram pakaian).

Untuk urusan dan masalah modal, Anda cukup hanya dengan punya uang modal sebesar Rp.10 juta saja. Uang modal yang besarnya Rp.10 juta rupiah tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yaitu: setengahnya uang modal dipergunakan untuk membeli sebuah mesin cuci yang memiliki satu tabung otomatis beserta sebuah mesin pengering. Setengahnya uang modal lagi dipergunakan untuk membeli perangkat pendukung jasa laundry lainnya, seperti: misalnya alat timbangan, kantung plastik, dan alat untuk setrika, dan tidak lupa juga menyiapkan uang untuk menggaji seorang pegawai jasa laundry sebesar Rp.500 ribu rupiah sampai dengan Rp.1 juta per bulan.

  1. Usaha Sampingan Menjual Pulsa Elektrik

Pada saat sekarang ini, banyak orang yang membuka usaha sampingan menjual pulsa untuk telepon genggam. Usaha sampingan menjual pulsa untuk telpn genggam merupakan salah satu dari banyak ide bisnis yang keuntungannya cukup menjanjikan karena jumlah pengguna telepon seluler setiap hari terus bertambah banyak. Hal yang paling menarik adanya kabar bahwa seorang pebisnis yang menjual pulsa untuk telepon selular di kota Jakarta memiliki omset sangat besar yaitu sebesar Rp.20 triliun rupiah di dalam satu tahun. Apabila Anda ingin memulai dan membuka berbisnis usaha sampingan menjadi penjual pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik terlebih dahulu sebagai tahap awal. Hal ini dikarenakan selain tidak berbentuk kartu seperti voucher pulsa. Untuk membuka dan memulai menjalankan usaha sampingan menjadi seorang penjual pulsa elektrik ini tidak juga memerlukan tempat atau kios terlebih dahulu. Kelebihan dari menjalankan bisnis dan usaha sampingan menjadi seorang penjual pulsa untuk telpon seluler bisa diaktifkan hanya dengan melalui telepon genggam Anda, sehingga usaha menjual pulsa elektrik ini relatif tidak merepotkan penjualnya.

Untuk memulai bisnis dan usaha sampingan menjual pulsa elektrik, modal yang Anda perlukan tidak banyak, yaitu berkisar antara Rp.1 juta rupiah sampai dengan Rp.3 juta rupiah. Calon konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan (satu kantor), atau bisa juga menjual pulsa elektrik ini kepada tetangga yang berada di sekitar yang rumahnya berdekatan dengan Anda.

  1. Bisnis Dan Usaha Sampingan Membuka Jasa Jual Beli Motor Bekas

Membuka usaha dan bisnis jasa jual beli motor bekas adalah salah satu usaha yang bisa juga Anda coba sebagai langkah pertama di dalam memulai bisnis sampingan. Kelebihan di dalam membuka dan menjalankan bisnis dan usaha sampingan jasa jual beli motor bekas adalah bisnis yang tidak merepotkan. Hal ini dikarenakan usaha sampingan ini memiliki supply serta demand yang besar. Akan tetapi, di dalam membuka dan menjalankan bisnis dan usaha sampingan jasa jual beli motor bekas terdapat juga kekurangan usaha ini, seperti: banyak motor yang tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap, onderdil aslinya sudah ada yang diganti dengan yang palsu, serta kendaraan motor bekasnya bisa juga hasil curian.

Untuk memulai usaha sampingan jual beli motor, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Bahkan, Anda tidak akan memerlukan modal uang apabilla Anda sebagai seorang makelar. Cukup hanya dengan modal kepercayaan saja, Anda bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Sebagai contoh, motor bekas milik tetangga Anda ditawarkan ke sejumlah rekan atau teman yang sepekerjaan dengan Anda. Salah satu dari mereka pasti akan membeli motor tersebut sehingga Anda bisa memperoleh sejumlah keuntungan. Belum lagi apabila Anda mendapatkan komisi dari pemilik motor tersebut.

Apabila Anda harus mengeluarkan modal untuk membuka dan menjalankan bisnis dan usaha sampingan jasa jual beli motor bekas, maka mulailah dengan membeli motor bekas dengan harga di bawah Rp.10 juta rupiah. Dengan modal yang tidak banyak tersebut, Anda dapat memiliki dua buah motor bebek dengan kondisi bekas yang sudah siap untuk dijual kembali.

  1. Bisnis Dan Usaha Sampingan Menjadi Makelar Properti

Di lingkungan tempat tinggal Anda pasti ada perumahan atau apartemen baru kan ? Apabila ya, Anda bisa memulai bisnis dan usaha sampingan menjadi seorang makelar properti tersebut dengan cara menawarkan ke teman-teman atau rekan kerja Anda. Tentu saja, terlebih dahulu Anda harus bekerja dengan pihak yang memasaran properti tersebut, sehingga Anda mengetahui batas profit serta bonus yang akan Anda peroleh seandainya Anda dapat menjual sebuah unit atau lebih properti tersebut.

Untuk bisa membuka dan memulai menjadi seorang makelar properti ini, Anda bisa memulainya tanpa memerlukan modal di dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan bisa berupa kepercayaan saja, baik dari perusahaan atau pemilik dari properti atau pun calon konsumen sebagai pembeli properti. Selain itu, Anda juga harus memiliki sedikit ilmu tentang pemasaran, supaya lancar di dalam menawarkan properti ke teman-teman atau rekan kerja Anda atau bisa juga kepada orang lain.

Untuk hidup di zaman yang serba sulit seperti sekarang ini memiliki modal kecil seharusnya bukan menjadi penghambat Anda di dalam membuka serta memiliki usaha sampingan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa ditujukan untuk karyawan yang memiliki kemampuan modal yang kecil. Oleh karena itu, pilihlah salah satu dari beberapa ide usaha dan bisnis sampingan di atas yang cocok dengan minat, bakat, situasi dan kondisi Anda. Setelah itu, lalu Anda bisa membuat rancangan ide usaha dan bisnisnya, sehingga Anda bisa mengelola usaha atau bisnis sampingan tersebut dengan baik, bahkan tanpa mengganggu sedikit pun produktivitas kerja Anda sebagai karyawan.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »