Search

Ini 7 Manfaat Dari Limbah Serbuk Gergaji Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Ini 7 Manfaat Dari Limbah Serbuk Gergaji Yang Belum Diketahui Banyak Orang
Share this :

Serbuk gergaji merupakan salah satu contoh limbah yang dapat diperoleh dari hasil proses menggergaji kayu yang biasa di lakukan oleh tukang kayu. Biasanya serbuk gergaji tersebut dapat dihasilkan setelah melakukan proses penggergajian kayu atau pun setelah dilakukan proses penghalusan dari kayu yang dilakukan dengan cara menggunakan alat penghalus kayu. Biasanya, hasil dari serbuk gergaji kayu ini akan langsung dibuang begitu saja oleh tukang kayu. Namun ternyata, serbuk gergaji dari kayu ini yang merupakan hasil dari proses penggergajian atau pun limbah dari hasil penghalusan kayu ternyata memilki banyak berbagai manfaat.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa serbuk gergaji kayu ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik sekali untuk kehidupan kita. Nah, apa saja manfaat dari serbuk gergaji kayu ini? Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci, beberapa diantaranya :

  1. Serbuk gergaji kayu digunakan sebagai bahan campuran pembuatan bahan meubel

Serbuk gergaji kayu yang memiliki banyak manfaat yang baik. Serbuk gergaji kayu bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan bahan meubel. Biasanya, beberapa pabrik meubel yang besar di saat sekarang ini sudah tidak menggunakan bahan kayu yang masih utuh untuk membuat bahan meubel. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi dengan serendah-rendahnya, sehingga produk-produk meubel yang dihasilkan, seperti: lemari dengan ukuran yang kecil serta juga meja belajar bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Ada beberapa keuntungan dari produk meubel yang telah dicampur menggunakan serbuk gergaji ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Biaya produksi pembuatan mebel dapat ditekan
  • Harga jual produk mebel lebih murah
  • Bobot produk meubel yang dihasilkan lebih ringan

Akan tetapi, terdapat juga beberapa kekurangan dari produk meubel yang dibuat dari campuran bahan serbuk gergaji kayu. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari produk meubel yang dibuat dengan cara menggunakan bahan campuran yang terbuat dari serbuk gergaji diantaranya sebagai berikut:

  • Produk mebel yang dihasilkan tidak akan tahan dalam waktu yang lebih lama
  • Produk mebel mudah lapuk
  • Produk mebel sering menimbulkan kotoran berupa serbuk kayu di lantai
  • Produk mebel yang dihasilkan memiliki struktur yang ringkih dan rapuh

 

  1. Serbuk gergaji kayu digunakan untuk bahan pembuatan batako

Teknologi yang digunakan di dalam pembuatan batako pada saat ini juga menggunakan manfaat dari serbuk gergaji kayu. Serbuk gergaji kayu ini digunakan sebagai salah satu bahan campuran di dalam pembuatan batako. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa campuran serbuk gergaji dari kayu yang dipergunakan sebagai bahan campuran pada proses pembuatan batako dapat menekan biaya produksi. Untuk hasil dari produk batako-nya sendiri katanya kualitas batako yang dibuat juga tidak kalah bagusnya bila dibandingkan dengan jenis batako yang tidak menggunakan campuran serbuk gergaji dari kayu.

  1. Serbuk gergaji kayu digunakan sebagai bahan bakar

Bagi anda yang masih atau sering memanfaatkan kayu bakar untuk keperluan, seperti: memasak. Serbuk gergaji dari kayu juga dapat dimanfaatkan untuk membakar sesuatu. Serbuk gergaji dari kayu juga dapat digunakan sebagai pengganti kertas, dan juga serbuk gergaji kayu dapat dengan mudah terbakar. Hal ini sudah tentu akan sangat membantu anda di dalam membuat api dengan  lebih cepat, serta proses pembakaran yang dihasilkan dari serbuk gergaji kayu ini bisa menjadi lebih baik.

 

  1. Serbuk gergaji kayu dipergunakan sebagai alas untuk memeliara hewan hamster dan marmut

Apakah Anda suka memelihara hewan hamster atau marmut? Kalau jawabannya ya, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan serbuk gergaji dari kayu. Biasanya serbuk gergaji dari kayu ini diletakkan pada bagian dasar kandang hewan peliharaan, seperti: hamster atau pun marmot. Kegunaan serbuk gergaji dari kayu ini adalah digunakan sebagai media atau tempat hewan hamster untuk tidur. Selain itu, juga serbuk gergaji dari kayu ini dipergunakan sebagai media atau tempat buang air kecil dan besar hewan hamster dengan tujuan agar tidak menimbulkan bau yang kurang enak. Manfaat serbuk gergaji dari kayu ini bisa juga dipergunakan sebagai media atau tempat untuk bermain-main hewan hamster atau pun marmot.

 

  1. Serbuk gergaji dari kayu dipergunakan sebagai media tanam

Manfaat lain serbuk gergaji dari kayu bisa juga dipergunakan sebagai media tanam. Serbuk gergaji dari kayu ini merupakan salah satu media untuk tanam yang baik. Media tanam dari serbuk gergaji kayu ini yang bisa dibuat dengan menggunakan serbuk kayu. Media tanam dari serbuk kayu ini biasanya dapat mengoptimalkan daya penyerapan air serta unsur hara oleh tanaman. Dengan meningkatnya daya penyerapan air serta juga unsur hara oleh tanaman. Oleh karena itu, kondisi kesuburan tanaman akan menjadi lebih baik.

Anda dapat menggunakan serbuk gergaji atau pun serbuk kayu sebagai media tanam yang diletakkan di dalam polybag atau pun pot dengan ukuran yang kecil. Selain itu, media tanam serbuk gergaji dari kayu ini bisa juga dipergunakan sebagai media tanam untuk menanam tanaman yang memiliki ukuran lebih besar.

  1. Serbuk gergaji dari kayu digunakan untuk bahan pembuatan briket

Serbuk gergaji dari kayu ini tidak hanya dipergunakan sebagai media tanam saja. Ternyata, bagi mereka yang sangat kreatif serta mampu melihat ada peluang usaha dari bahan serbuk gergaji kayu ini bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi briket. Briket ini dapat digunakan untuk keperluan, seperti: memasak di dalam kehidupan sehari-hari. Briket yang terbuat dari limbah gergaji dari kayu ini memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan briket yang terbuat dari bahan batubara.

Apabila briket yang terbuat dari serbuk kayu ini dibandingkan dengan penggunaan gas alam serta minyak tanah, ternyata briket yang terbuat dari serbuk gergaji kayu ini akan jauh lebih efektif dan yang pasti dapat mengurangi biaya pengeluaran dalam mengkonsumsi bahan bakar untuk keperluan memasak sehari-hari rumah tangga.

Bagi Anda yang telah memiliki kemampuan di dalam mengolah serbuk gergaji dari kayu ini menjadi bentuk briket, maka sudah pasti akan mendatangkan keuntungan finasial tersendiri bagi anda. Untuk meningkatkan omzet penjualan dari hasil produksi briket. Anda dapat mengembangkan bisnis dan usaha briket serbuk gergaji dari kayu ini sehingga bisa menjadi salah satu bentuk industri yang lebih besar lagi.

  1. Serbuk gergaji dari kayu dipergunakan untuk pembuatan casing sosis

Apakah Anda sering mengkonsumsi makanan yang bernama sosis? Apabila kita perhatikan, setiap makanan sosis yang dijual di pasaran pasti memiliki lapisan luar yang digunakan untuk melapisi olahan daging sosis. Lapisan luar yang digunakan untuk melapisi olahan daging sosis ini bukan terbuat dari bahan plastik pembungkus sosis, namun lapisan yang terbuat dari olahan daging yang berwarna kemerahan atau pun krem pada setiap makanan sosis.

Nah, asalkan Anda perlu ketahui bahwa ternyata lapisan ini pun dapat diolah dengan memanfaatkan serbuk gergaji dari kayu. Namun demikian, Anda tidak perlu kuatir, karena lapisan yang telah dibuat dari serbuk gergaji atau pun serbuk kayu ini sudah mengalami proses pengolahan sedemikian rupa, sehingga makanan sosis yang biasa kita konsumsi sudah aman untuk dikonsumsi. Lapisan pada makanan sosis yang berwarna kemerahan atau pun krem ini tidak akan membahayakan kesehatan, karena proses pengolahan lapisan makanan sosis ini sudah terstandardisasi secara internasional.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »