Search

Beberapa Format Contoh Laporan Laba Rugi

Beberapa Format Contoh Laporan Laba Rugi
Share this :




Apakah sebenarnya arti dari laporan laba rugi itu sendiri? Laporan laba rugi yaitu mengamati kinerja keuangan perusahaan atau organisasi pada suatu periode tertentu. Contoh laporan laba rugi ini menggambarkan kegiatan operasional perusahaan. Menurut pengertian dari Van Horne dan juga Wachowicz, laporan laba rugi menjadi ringkasan dari biaya dan pendapatan perusahaan pada periode tertentu, diakhiri dengan jumlah kerugian atau laba bersih pada periode tersebut.

Laporan laba rugi secara khusus menampilkan informasi kinerja yang terasa diperlukan oleh perusahaan dalam mengevaluasi perubahan potensi sumber daya ekonomi yang kemungkinan dapat dikendalikan pada masa yang akan datang. Informasi kinerja berguna untuk meramalkan kemampuan perusahaan dalam memberi hasil arus kas dari sumber daya yang tersedia. Selain itu, informasi ini juga berfungsi dalam merumuskan pertimbangan mengenai efektifitas perusahaan dalam mendayagunakan sumber daya tambahan.

Dengan dasar Standar Akuntansi Keuangan yang menyatakan bahwasanya laporan laba rugi yang lengkap dan baik minimal harus mempunyai pos-pos berikut ini: pendapatan, laba rugi bisnis, beban utang, bagian dari laba maupun rugi perusahaan afiliasi serta asosiasi yang dikelola dengan memakai metode ekuitas, beban pajak, laba maupun rugi dari kegiatan normal pada perusahaan, pos luar biasa, hak minoritas, serta laba maupun rugi bersih pada periode yang sedang berjalan. Pernyataan pada Standar Akuntansi Keuangan juga memberi saran agar perusahaan menampilkan rincian beban pada laporan laba rugi maupun pada catatan dari laporan keuangan dengan memakai klasifikasi yang didasari oleh sifat maupun fungsi dari beban pada perusahaan.

Laba pada contoh laporan laba rugi dibagi menjadi lima bagian, yaitu:
1. Laba kotor
Merupakan suatu ukuran pendapatan langsung dari perusahaan atas penjualan produk pada satu periode akuntansi. Laba kotor diperoleh dari perhitungan pendapatan penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan. Laba kotor menunjukkan secara langsung sampai sejauh mana perusahaan dapat menutup biaya produk yang dihasilkannya.

2. Laba operasi
Merupakan selisih dari penjualan dengan keseluruhan beban dan biaya operasi. Laba operasi dapat difungsikan sebagai pengukuran sejauh mana kemampuan perusahaan meraih pendapatan dari aktifitas bisnisnya yang utama.

3. Laba sebelum pajak
Merupakan jumlah dari laba sebelum dikurangi pajak penghasilan yang ditentukan Standar Akuntansi Keuangan. Laba ini sendiri tak memiliki pengaruh pada jumlah dari pajak penghasilan yang sesungguhnya bagi pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan.

4. Laba bersih
Laba bersih ini menunjukkan profitabilitas dari perusahaan. Laba bersih sendiri merupakan kelebihan dari penjualan bersih dihadapkan pada harga pokok penjualan dikurangi beban operasi serta pajak penghasilan. Faktor yang mempengaruhi jumlah laba bersih diantaranya pendapatan, beban operasi, beban pokok penjualan, serta tarif pajak penghasilan.

5. Laba dari operasi yang berjalan
Merupakan laba bisnis perusahaan yang sedang berjalan sesudah pajak dan bunga. Laba ini disebut juga laba sebelum pos luar biasa dan operasi pada penghentian.

Mengenai format dari laporan laba rugi sendiri terdapat dua format yang secara umum digunakan dalam kegiatan pelaporan keuangan dari perusahaan, yaitu Single-Step Income Statement dan Multiple-Step Income Statement. Pada bentuk single-step, seluruh pendapatan dan laba yang masuk pada kategori operasi ada di bagian awal dari laporan laba rugi, dilanjutkan dengan seluruh beban dan rugi yang masuk kategori operasi. Selisih dari keseluruhan pendapatan dan laba dengan keseluruhan beban dan rugi menjadi laba operasi. Sedangkan pada bentuk multiple-step, transaksi operasi dan non operasi dipisah, serta membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang memiliki hubungan. Penjelasan laba operasional pada format contoh laporan laba rugi ini akan menunjukkan perbedaan diantara aktifitas biasa dengan yang tak biasa.

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »