Search

6 Bisnis Rumahan Ini Sangat Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

6 Bisnis Rumahan Ini Sangat Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
Share this :

Ada banyak sekali ide yang bisa kita kembangkan yang khususnya diperuntukkan sebagai bisnis rumahan untuk dijalankan oleh para ibu rumah tangga. Di zaman seperti sekarang ini seorang wanita maupun pria sudah pasti sama dalam hal hak serta tanggungjawabnya dalam segala banyak urusan, termasuk di dalam urusan tentang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Kalau kita perhatikan secara seksama, pada saat ini terdapat banyak sekali seorang wanita yang berhasil di dalam dunia kerja, bahkan beberapa dari para wanita ini memiliki karir yang lumayan lebih cemerlang dibandingkan dengan seorang pria. Akan tetapi, ketika wanita ini menikah, banyak dari wanita ini yang telah memiliki karier yang lumayan bagus di dunia kerja dengan terpaksa harus meninggalkan pekerjaannya dikarenakan harus dapat mengurus keluarga, namun tidak sedikit para wanita ini ada juga yang tetap bertahan dan masih tetap bekerja seperti biasanya di kantoran.

Di zaman seperti sekarang ini, berkarier di dalam dunia kerja sekaligus bersama dengan mengurus urusan keluarga pasti akan terasa sangat sulit untuk dilakukan para wanita karier ini, apalagi bila sudah memiliki anak. Beberapa dari wanita mungkin akan lebih memilih menjadi seorang ibu rumah tangga dan dengan terpaksa meninggalkan pekerjaannya, namun beberapa dari wanita lain juga akan lebih memilih untuk tetap bekerja seperti biasanya dan supaya bisa menghasilkan uang. Bagi para wanita yang telah terbiasa untuk bekerja pasti akan sangat merasa stress apabila hanya berada di rumah saja untuk mengurus urusan keluarga dan anak. Para wanita karie ini pastinya ingin selalu melakukan sesuatu yang bisa mengisi waktu luangnya saat berada di rumah sekalipun serta bisa juga menghasilkan uang.

Bagi seorang ibu rumah tangga yang sudah terbiasa bekerja serta ingin membantu kondisi perekonomian keluarga, bisnis rumahan ini adalah pilihan yang paling terbaik. Bisnis rumahan bisa kita lakukan walaupun tanpa harus meninggalkan tugas sebagai seorang ibu rumah tangga dan tetap bisa berada di rumah, namun tentunya akan semakin kerepotan dikarenakan harus mengerjakan lebih banyak hal.

Berikut ini adalah beberapa contoh 6 ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Bisnis Rumahan MLM Produk Kosmetik

Para wanita dan kosmetik adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Sesibuk apapun seorang wanita di dalam ber-karier atau seorang ibu rumah tangga pun pastinya akan selalu memperhatikan hal masalah kecantikan serta perawatan diri. Menjual produk-produk kecantikan adalah salah satu peluang bisnis untuk ibu rumah tangga, karena bisnis ini bisa dilakukan dari rumah. Lalu, kenapa harus bisnis MLM?

Bisnis MLM (atau kepanjangan dari Multi Level Marketing) adalah satu-satunya model dengan konsep bisnis yang dapat memberikan keuntungan berkali-kali lipat pada tiap membernya, tentunya harus dengan beberapa criteria yang sesuai dengan aturan dari bisnis Multi Level Marketing ini. Setiap ada penjualan yang terjadi yang dilakukan seorang member di bisnis MLM ini, maka member ini akan mendapatkan suatu komisi, dan tiap kali downline-nya terjadi penjualan maka upline serta downline tersebut juga akan mendapatkan komisi, dan begitu seterusnya.

2. Bisnis Rumahan Makanan

Bagi seorang ibu rumah tangga yang terampil dan ahli di dalam bidang memasak, maka peluang usaha rumahan makanan ini bisa jadi pilihan yang cukup baik. Bisnis atau usaha makanan ini dapat berupa makanan pokok atau pun makanan ringan atau camilan. Hal ini tergantung bagaimana potensi bisnis makanan di sekitar tempat tinggal Anda.

Apabila tempat tinggal Anda ada di sekitar perkantoran serta kampus, maka peluang bisnis rumahan makanan pokok akan sangat menguntungkan sekali. Hal ini dikarenakan para mahasiswa serta karyawan kantoran sudah pasti akan mencari makanan siap saji setiap harinya. Selain itu, keuntungan yang diperoleh dari setiap porsi makanan yang dijual biasanya laku dengan harga cukup lumayan tinggi.

3. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

Bagi seorang ibu rumah tangga yang bisa dan memiliki kemampuan di dalam membuat kerajinan dari tangan, maka usaha atau bisnis rumahan kerajinan tangan ini dapat dijadikan peluang bisnis atau usaha yang bisa menghasilkan uang. Bisnis kerajinan tangan tentu akan sangat potensial apabila lokasi Anda berada di sekitar daerah tempat wisata, di mana ada keramaian oleh turis lokal atau pun mancanegara yang selalu lalu lalang ke sana.

Untuk produk kerajinan tangan yang sangat unik biasanya akan memiliki nilai jual yang cukup lumayan tinggi. Selain turut serta membantu mempromosikan kebudayaan daerah juga dengan kerajinan tangan Anda kepada turis, Anda juga bisa mendapatkan uang dari penjualan kerajinan tangan ini.

4. Menjadi Seorang Perancang Pakaian

Bagi seorang ibu rumah tangga yang memiliki keahlian serta keterampilan di dalam merancang suatu busana, maka keterampilan merancang serta mendesain busana ini bisa dijadikan juga sebagai bisnis rumahan. Anda tidak juga harus membuat busana yang sedang mengikuti tren terkini, tetapi bisa juga membuat sesuatu rancangan busana yang lebih inovatif di dalam rancangan pakaian Anda.

Langkah pertama yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan merancang dan membuat pakaian yang cantik untuk putri atau pun untuk kerabat Anda. Ketika ada banyak orang yang melihat rancangan baju Anda ini dan kemudian tertarik, kemungkinan besar akan banjir orderan akan dating secara terus menerus. Tentunya Anda tidak mau melewatkan peluang dari bisnis rumahan menjadi seorang perancang pakaian ini.

5. Menjadi Designer Serta Dekorator Interior

Secara khusus bagi seorang ibu rumah tangga yang memiliki keahlian serta latar belakang yang baik sebagai seorang desainer interior atau bisa juga untuk seorang ibu rumah tangga yang punya hobi mendekorasi interior untuk rumah, maka keterampilan, keahlian serta hobi mendekorasi rumah tersebut sebaiknya bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan.

Tidak semua orang memiliki keahlian dan kemampuan di dalam mendekor interior di rumah mereka. Peluang bisnis rumahan sebagai seorang pendekorasi ruangan di dalam rumah ini bisa dilakukan juga oleh ibu rumah tangga yang tentu saja memiliki kemampuan serta keahlian khusus di dalam mengatur interior dari sebuah rumah supaya rumah tersebut menjadi enak dipandang oleh mata serta terlihat nyaman.

6. Bisnis Toko Online

Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini dan semakin meratanya koneksi internet si seluruh wilayah menjadikan bisnis online sangat berkembang pesat. Banyak Ibu rumah tangga yang bisa berbinis online seperti buka toko online yang menjual berbagai macam barang seperti pakaian, mainan, perlengkapan bayi, busana muslim, dan lain-lain. Untuk buka usaha toko online cukup mudah kita tidak perlu susah-susah belajar cara membuat toko online cukup kita mencari jasa pembuatan toko online yang siap jadi dan jasa ini banyak yang menyediakan tinggal kita search aja di Google. Untuk barangnya bisa kita beli di pasar dekat rumah atau kalau tidak mau resiko dan repot tinggal kita cari barang milik orang lain yang bisa kita jual kembali di internet, bisa cari barang di tokopedia, bukalapak, dan lain-lain. Bisnis toko online ini sekarang banyak diminati karena sistemnya yang sudah otomatis, tidak perlu repot, resiko kecil dan yang pasti modal usahanya kecil tapi potensi hasilnya sangat besar.

Sebenarnya masih terdapat banyak sekali ide bisnis rumahan untuk bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Poin yang perlu kita perhatikan oleh seorang pebisnis ibu rumah tangga yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga pada umumnya; kebutuhan akan tuntutan ekonomi memang sangat dirasakan penting sekali untuk menunjang kehidupan dan taraf hidup untuk bisa menuju pada hidup yang layak dan maju, serta berkualitas, namun terdapat tugas yang lebih penting yaitu sebagai seorang ibu rumah tangga juga merupakan memiliki sebuah tanggung jawab yang sangat besar terhadap keluarga. Oleh karena itu, bisa pilih lah sebuah bisnis rumahan yang tentu saja bisa dikerjakan dengan tanpa mengorbankan kewajiban serta tanggung jawab Anda adalah seorang ibu rumah

Facebook Comments
Share this :

Related posts

Leave a Comment

Translate »