Home / OPINI

Kamis, 25 November 2021 - 00:24 WIB

Opini : Pentingnya Akutansi Bagi Badan Usaha

Oleh : Sendy maulanam (mahasiswa INISNU temanggung )

Siapa yang tidak mengetahui apa itu akutansi,yaitu proses mencatat, mengklasifikasi,meringkas,mengolah,dan menyajikan data, atau transaksi atau kejadian yang berhubungan dengan keuangan.yang bertujuan memberikan informasi mengenai keuangan baik itu aktiva maupun pasiva dalam badan usaha menengah hingga skala besar.

Dengan Pencatatan akutansi maka badan usaha akan mengetahui gambaran tentang posisi keuanganya, Akutansi tidak dapat juga dilepaskan dari suatu badan usaha, tanpa akutansi badan usaha tidak dapat berjalan dengan baik karena tidak dapat menentukan langkah apa yang harus diperbuat dan tidak dapat memberikan putusan bagi suatu usaha untuk menjaga stabilitas usaha.

Ada tiga laporan keuangan utama yang dihasilkan oleh pencatatan akutansi anda,laporan laba rugi memberi anda informasi tentang untung dan rugi, neraca memberikan kepada anda gambaran yang jelas tentang posisi keuangan bisnis anda dalam waktu tanggal tertentu, laporan arus kas adalah jembatan antara laporan laba rugi dan neraca melaporkan uang tunai yang dihasilkan dan dihabiskan selama satu periode tertentu.

Sangat penting anda menjaga catatan keuangan anda tetap up to date jika ingin bisnis anda tetap bertahan, ada beberapa alasan mengapa akutansi penting untuk usaha anda baik besar maupun kecil, yaitu membantu mengevaluasi kinerja bisnis catatan keuangan anda mencerminkan hasil operasi serta posisi keuangan bisnis kecil maupun perusahaan anda dengan kata lain, membantu anda memahami apa yang terjadi dengan bisnis anda secara finansial.

Catatan yang bersih dan terkini tidak hanya akan membantu anda melacak pengeluaran,margin kotor dan kemungkinan hutang, tetapi juga akan membantu anda membantu anda membandingkan data pencatatan akutansi saat ini dengan pencatatan sebelumnya dan mengalikasikan anggaran anda dengan cepat.

Fungsi akutansi akan memastikan bahwa kewajiban seperti pajak penjualan,ppn,pajak penghasilan dan dana pensiun,untuk beberapa nama, ditangani dengan tepat.ini membantu membuat anggaran dan proyeksi masa depan yang dapat membuat kemajuan atau kehancuran bisnis, dan pencatatan keuangan anda akan memainkan peran penting dalam hal itu. Tren dan proyeksi bisnis di dasarkan pada data keuangan historis untuk menjaga operasi anda tetap menguntungkan.

Data keuangan ini sangat tepat bila disediakan oleh proses akutansi yang terstruktur dengan baik,tak perlu dikatakan akutansi berperan penting dalam skenario semua ini.

Sistemakutansi menyediakan sejumlah laporan yang disesuaikan secara kualitatif dan kuantitatif yang diperlukan dalam bisnis sehari hari,dapat kita simpulkan bersama bahwa akutansi sangat penting dalam setiap usaha kecil hingga perusahaan besar ,baik terdaftar maupun tidak terdaftar ,berorientasi pada keuntungan dan pemerintah maupun swasta.

Adapun cara menangani akuntansi usaha kecil tidak ada pendekatan tunggal yang tepat untuk akutansi bisnis kecil.namun, banyak proses yang dapat anda lakukan jika anda memang menggunakan pembukuan, belajarlah membaca dan memahami laporan keuangan yang anda terima seingga anda dapat membuat keputusan yang cerdas berdasarkan informasi yang dikandungnya.

Jika anda memiliki orang lain untuk yang melakukan akutansi bisnis anda pastikan untuk menyimpan semua kwitansi anda dan mencatat semua transaksi.

Seiring dengan dengan memperkerjakan seorang akuntan pemilik bisnis dengan perkembangan zaman telah di mudahkan dengan adanya perangkat lunak autansi online.

Perangkat lunak ini menyinkronkan sistem akutansi dengan bank dan membantu andamemahami posisi kas real time anda.

Ini juga dapat digunakan untuk melihat berbagai laporan akutansi, membuat klaim pengeluaran, dan mengirim faktur saat bepergian. (*/)

(Segala bentuk dan isi opini ini adalah tanggung jawab pemilik opini)

*BAGIKAN BERITA INI* :

Baca Juga

OPINI

Opini : Dana Keblinger Untuk Para Influencer

OPINI

Opini : Bagai Buah Simalakama, Oleh Rival Achmad Labbaika Alhasni

OPINI

OPINI : Kartu Pra Kerja Bukanlah Solusi, Kartu Sakti Sekedar Ilusi

OPINI

Polemik Diskriminasi Terhadap Pendidikan, Kapankah Berakhir..?. ?

Makassar

Opini : Kontrak Diputus, Yang Putus Bisa Digugat