Home / News

Rabu, 24 November 2021 - 21:45 WIB

Warga Desa Mattiro Bone Laksanakan Ritual Selamatan Kapal

Pangkep, Berita-online.com — Masyarakat Pulau Bontosua Desa Mattiro Bone Kecamatan Liukang Tuppa Biring Kabupaten Pangkep laksanakan Ritual pembacaan Barazanji untuk selamat dan memohon berkah untuk kapal salah satu penduduk desa.

Barazanji ialah suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan suatu irama.

Kepala Dusun Selatan Desa Mattiro Bone Suharto mengatakan ma’barazanji kami lakukan pada dasarnya agar barang atau kendaraan yang kami doakan berkah, dijauhkan marabahaya dan membawa rezeki yang banyak.

“Alhamdulillah untuk bulan ini dipulau bontosua ada 3 Kapal Nelayan (pagae) yang kami Barazanjikan, dan itu juga mungkin salah satu bukti bahwa masyarakat pulau Bontosua dalam segi ekonomi sudah berkembang”, ucap Atto saat memberi keteranganya ke Awak media, Rabu (24/11/2021).

Ia juga menjelaskan, Secara spiritual, tradisi pembacaan barazanji berfungsi sebagai media pemindahan dan penyebaran nilai-nilai agamis, yakni sebagai bentuk kontemplasi terhadap makna kehadiran seorang Nabi/ Rasul atas kemaslahatan umat manusia.

“Semoga tradisi ma’barazanji secara alamiah bisa memberi kontemplasi ke masyarakat pulau Bontosua dan dilakukan secara turun-temurun”, tutupnya.

(**)

*BAGIKAN BERITA INI* :

Baca Juga

News

Brigpol Herman N Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas

News

Dandim 1411/ Blk dan Kapolres Bulukumba Memantau Penerapan Prokes di Sekolah

News

Jaga Imun Tubuh, Kapolsek Bulukumpa Laksanakan Olahraga Tenis Lapangan Di Tengah Pandemi

News

Polsek Bulukumpa Mengikuti Kegiatan Jum’at Bersih Bersama Dengan Staf Kecamatan

News

Kapolrestabes Makassar Menerima Kunjungan Danlantamal VI Makassar

News

Bripka Ary Gunawan Sambang Warga dan Himbau Patuhi Protokol Kesehatan

News

Bhabinkamtibmas Hadiri Acara Dikantor Desa Dan Berikan Himbauan

News

Patroli Dialogis, Polisi Sasar Tempat Rawan Kejahatan