Diduga Ada Upaya Markup Anggaran, Dua Lembaga Anti Korupsi Soroti Desa Lasitae Barru

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

BERITA-ONLINE.COM, BARRU – Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Rakyat (LSM-PERAK ) bersama dengan LAK-HAM INDONESIA, Menyoroti sejumlah kegiatan dan Pembangunan TA 2018, di Desa Lasitae, Kec. Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulsel.

Hal tersebut di Ungkapkan Oleh Koordinator Monitoring dan Investigasi LSM Perak Sulsel, Hendra Jaya SH, Senin (12/4/2021) pagi.

Menurut Hendra Jaya, Penggunaan ADD/DD Pada Tahun 2018, Pihaknya mengendus ada upaya markup anggaran dari berbagai jenis kegiatan dan pembangunan pada tahun 2018. Akibatnya, Mutu dan spesifikasi diduga tidak sesuai yang ada dalam Rencana Anggarab Belanja (RAB).

” Kami duga ada upaya Markup anggaran, sehingga diduga kuat tidak sesuai mutu dan spesifikasi yang ditentukan dalam RAB,” Ujar Hendra Jaya, Senin (12/4/2021) pagi.

Lanjut Hendra Jaya, Pihaknya akan membuat laporan resmi dalam waktu dekat ini kepihak terkait untuk di tindak lanjuti,” Tegasnya

Sementara Ditempat Yang sama, Koordinator Monitoring dan Investigasi LAK-HAM INDONESIA, Jumardin SH mengatakan, Ada beberapa  jenis kegiatan Fisik yang disorotinya, Diantaranya, Pengadaan Perpipaan Sarana Air Bersih dusun Butung Senilai 69 Juta, Pengadaan PLTS Dusun Putiangin sebanyak 41 Rumah Senilai 183 Juta, Pembangunan Lapangan Olah Raga Serbaguna Dusun Butung Rt 02 Senilai 152 Juta dan Bendungan Irigasi Dusun Butung Rt 01 senilai 186 Juta.

Lanjut Jumardin, Rabat Beton Dusun Bj. Lompo Rt 02 senilai 196 Juta, Tembok Penahan Tanah / Talud Dusun Bj. Lompo Rt 01 senilai 76 Juta, dan Pembangunan Jembatan Tani Dusun Butung senilai 60 Juta.

Sementara, Kepala Desa Lasitae Ibu Kartini Baharuddin, Saat di Konfirmasi Wartawan senin (12/4/2021) sore Melalui sambungan sellulernya belum dapat dimintai keterangan.

” minta maaf karena saya lagi rapat verifikasi warga penerima bansos dan lanjut penyaluran BLT,” Singkatnya

Sementara Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek,SIK Kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan, Pihaknya mempersilahkan kepada Seluruh Masyarakat maupun Lembaga Untuk melaporkan dugaan-dugaan penyalahgunaan anggaran.

” Jika memang ada dugaan, dan bukti-bukti yang kuat, kami persilahkan masyarakat ataupun lembaga untuk melaporkannya, namun semua prosesnya sesuai dengan prosedur yang berlaku,” Ujar Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek,SIK.

” Silahkan Laporkan jika memang Ada bukti Awal,” Tutupnya

Laporan : SUFRI

  • Whatsapp

Pos terkait