Home / ENREKANG / SOROTAN

Minggu, 14 Maret 2021 - 18:28 WIB

Diduga Pekerjaannya Fiktif, LSM Perak Sulsel Jadwalkan Laporkan Mantan Kades Banti Ke Mapolda Sulsel

foto Ilustrasi

foto Ilustrasi

BERITA-ONLINE.COM, BARAKA – Sejumlah kegiatan dan pembangunan di Desa Banti, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, sulsel, Pada Tahun 2018 Hingga 2019 diduga Fiktif.

Hal tersebut di ungkapkan Koordinator Monitoring dan Investigasi LSM Perak Sulsel, Hendra jaya SH, Minggu (14/3/2021) sore.

Menurut Hendra Jaya, Selain diduga Fiktif, Sejumlah kegiatan dan pembangunan di desa Banti Pada Tahun  Anggaran 2018 s/d TA 2019, Diduga ada Upaya Markup Anggaran.

” Berdasarkan hasil monitoring dan invesitigasi kami dilapangan, kami menduga kuat ada upaya markup anggaran, dan juga ada beberpa kegiatan yang dinilai fiktif,” Ujar Hendra Jaya SH.

Ditanya Terkait jenis Kegiatan yang diduga ada upaya markup dan dinilai fiktif, Hendra Jaya tidak ingin membeberkan secara detail.

” Kami tidak Bisa publis, namun intinya adalah pada sejumlah kegiatan pembangunan fisik, seperti Jalan Tani.” Jelasnya

Hendra jaya menegaskan, Dalam Waktu dekat, Pihaknya akan melaporkan temuan ini ke Krimsus Polda Sulsel untuk ditindak Lanjuti.

Sementara kepala desa Banti, Aco, Saat di konfirmasi wartawan mengatakan, dirinya tidak tau menahu terkait anggaran TAHUN 2018-2019.

” Maaf, Saya tidak tau persis kalau terkait anggaran 2018-2019, Karena saya menjabat kepala desa banti Akhir Desember 2019,” Jelas Kades Banti, Aco, melalui sambungan sellulernya, Minggu (14/3/2021) sore.

Namun Aco tidak menampik, Bahwa, Berdasarkan Arsip Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tahun anggaran 2018-2019 yang ada di kantor desa, Pihaknya menilai ada kejanggalan.

” Kalau kami lihat LPJ tahun 2018-2019, memang ada yang ganjil, namun, lebih jelasnya coba konfirmasi ke Pak mantan atau Anggota BPD Saat itu,” ujar Kades Banti, Aco.

Sementara, Ketua BPD Desa Banti, Arasyid, saat di konfirmasi wartawan melalui sambungan sellulernya, Minggu (14/3/2021) sore mengatakan, ” saya selaku BPD sudah menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan, dalam hal ini kepala desa,” Ujar Arasyid

Arasyid menambahkan, selain menyampaikan hal tersebut kepada kepala desa, pihaknya juga sudah menyampaikan hal itu ke camat baraka dan pihak terkait dalam hal ini inspektorat.

” Kalau mau tau lebih jelas, bisa kita ke kantor desa cek arsipnya, karena arsipnya ada di kantor desa,” Tambahnya

Berdasarkan informasi yang di himpun wartawan, inspektorat sudah tiga kali mengirimkan surat kepada mantan Kepala Desa Banti Terkait hasil temuannya, Namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari Mantan Kades.

Sementara Mantan Kepala Desa Banti, Tamsir D. saat di konfirmasi wartawan melalui sambungan sellulernya, Minggu (14/3/2021) malam mengatakan, pihaknya sama sekali tidak pernah menerima surat dari inspektorat terkAit hasil temuan.

” saya sama sekali tidak pernah menerima surat dari inspektorat, dan jika memang ada yang diduga fiktif pekerjaan kami pada saat kami menjabat, silahkan di Laporkan, Kami siap pertanggung Jawabkan.” Jelasnya

Tamsir D menambahkan, Walaupun dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai kepala desa Banti, Namun jika dirinya diperlukan, maka ia siap kapan saja.

” walaupun saya tidak menjabat lagi, jika teman-teman ingin ke lokasi cek kegiatan yang diduga dianggap fiktif, kami siap kapan saja,” tegasnya

Laporan : SUFRI

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

ENREKANG

Akibat Membunyikan Petasan, 3 Orang Remaja Diamankan Oleh Tim Anti Pekat Polres Enrekang

ENREKANG

Dengan Sambang Cara Bhabinkamtibmas Polsek Anggeraja Brigpol Syaeful S Jalin Silaturahmi Dengan Warga

ENREKANG

Bhabinkamtibmas Polsek Anggeraja Mengontrol Posko PPKM Skala Mikro DiDesa Mendatte

ENREKANG

Sering Kehilangan Tanaman Import, Sat Binmas Bersama masyarakat Menjaga Kamtibmas kondusif

HUKUM

Dua Rabat Beton Dengan Anggaran 475 Juta Di Desa Salubua, di Jadwalkan Akan di Laporkan Perak Sulsel

ENREKANG

Polres Enrekang Terus Menerus Ingatkan Masyarakat Untuk Terapkan Protokol Kesehatan

ENREKANG

Sambang/Kunjung Yang Di Laksanakan Bhabinkamtibmas ,Sekaligus Menghimbau Protokol Kesehatan

ENREKANG

Sinergitas Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Kunjungi Posko PPKM Sembari Ajak Warganya Patuhi Prokes