Home / HUKUM / Muna Barat / SOROTAN

Rabu, 3 Februari 2021 - 14:12 WIB

Dugaan Korupsi Camat Tikep, Kini Dalam Penanganan Tipikor Polda Sultra

Mantan PLT Kades Lasama AL Rahman. (Sumber Foto : Google )

Mantan PLT Kades Lasama AL Rahman. (Sumber Foto : Google )

BERITA-ONLINE.COM, MUBAR – Dugaan Penyalah Gunaan anggaran Dana Desa/Dana Desa, Didesa Lasama, Kec.Tiworo Kepulauan (Tikep), Kab.Muna Barat (Mubar), Sulawesi-Tenggara (Sultra), Kini masuk Dalam Tahap Lidik.

Dari pantauan Wartawan, Kamis (28/1/2021) Lalu, Sejumlah Penyidik Tindak Pidana Tipikor Polda Sultra, Nampak melakukan pengecekan Kegiatan/Pembangunan Fisik Yang di Laporkan Oleh LAK-HAM INDONESIA.

Ketua Umum LAK-HAM INDONESIA, Arham MS, kepada wartawan Rabu (3/2/2021) Mengatakan, ” Ada 4 (Empat ) Pekerjaan Didesa Lasama Pada Tahun 2018 hingga 2019 Lalu di Laporkan oleh lembaganya.

” Ada 4 (empat) Pekerjaan yang kami Laporkan, diantaranya, Pembangunan Gedung Serba Guna dengan Anggaran 313 Juta, Pembangunan Lapangan Olahraga Volli dan Takrau dengan anggaran 121 juta, Drainase dengan Anggaran 261 Juta, serta Bantuan Perahu Fiber sebanyak 20 Buah dengan Anggaran 300 Juta” Ungkap Arham MS.

Dikutif dari laman Kementrian Desa, Pemerintah Desa Lasama Juga Menganggarkan Bantuan Perikanan  dengan anggaran 440 Juta TA 2020.

Aktivis Senior ini menambahkan, ” dari 4 (Empat ) Kegiatan tersebut, pihaknya menduga ada upaya markup anggaran, sehingga diduga mengurangi volume dan menyalahi spesifikasi yang ditentukan dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB),” Tambah Arham.

Selain itu, Arham Sangat Mengapresiasi kinerja Tim Dari Polda Sultra dalam menangani laporan-laporan pengaduan yang masuk dari masyarakat.

” Saya peribadi sangat mengapresiasi kinerja Jajaran Polda Sultra dalam hal menangani setiap pengaduan yang masuk. Baik dari hal pelayanan, maupun dalam hal Kecepatan dalam menindak lanjuti laporan, Terbukti, Laporan Kami baru beberapa hari namun sudah di tindak lanjuti hingga ke Lapangan” Ujar Arham.

Bayangin saja, Kota Kendari ke Kabupaten Muna Barat (Mubar) Butuh waktu berjam-jam dengan menggunakan kapal fery, namun berkat Pelayanan dan kinerja terbaik polda sultra, Laporan kami cepat ditindak  lanjuti.” Ungkapnya

Sementara, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus ) Polda Sultra, Kombes Pol Hery Tri Maryadi kepada wartawan mengatakan, Pihaknya sudah melakukan serangkaian penyelidikan dan meminta keterangan pelapor beberapa hari lalu, namun karena kondisi Covid yang melanda Indonesia, Tak terkecuali Sulawesi-Tenggara, Hingga Pihaknya ada sedikit kendala, yang mana seharusnya lebih cepat dari jadwal sekarang.

” Ini karena adanya covid, sehingga jadwal pemeriksaan terhadap terlapor sedikit molor, namun alhamdulillah saat ini tim sudah kami perintahkan untuk Melakukan Lidik ke Muna Barat,” Ujar Kombes Pol Hery Tri Maryadi, Rabu (27/1/2021) siang.

Mantan Kapolres Pinrang Polda Sulsel ini juga mengatakan, ” Polda sebagai Pembina Tehnis dan dapat mendorong Penyidik Untuk Menindak Lanjuti Laporan-Laporan Yang Masuk, namun jika tidak ada bangunan atau fiktif, sementara anggaran terserap semua, maka tinggal di ciduk saja, ” Ungkapnya.

Mantan Dirkrimsus Polda NTT ini juga mengatakan, ” Pihaknya sangat mendukung Masyarakat untuk melaporkan Oknum-Oknum Kepala Desa Maupun Kontraktor Yang di nilai merugikan uang negara.” Tutupnya.

Sekedar di Ketahui, Terlapor Al Rahman Yang Juga Saat ini Menjabat Camat Tikep, Dilaporkan karena Diduga Menyalahgunakan Anggaran Dana Desa Pada saat dirinya Menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala desa (Kades) Lasama, Kec.Tikep, Kab.Mubar, Pada Tahun 2018 Lalu.

Hingga Saat Ini, Camat Tikep AL Rahman belum dapat dimintai keterangan Karena Telpon Wartawan Di Blokir.

Dikutip dari salah satu Laman media Online ( LINK DISINI ), Menurut Al Rahman, semasa menjabat Plt Kades Lasama kurang lebih setahun, dirinya banyak menampung aspirasi masyarakat setempat. Melalui Dana Desa (DD) harapan itu direalisasikan, salah satunya pembangunan gedung serba guna yang sumber anggarannya dari DD 2018.

“Itu tidak benar, semua item pekerjaan di Desa Lasama saat saya menjabat lahir atas keinginan masyarakat Desa Lasama. Selain gedung serba guna, dengan anggaran DD lahan didepan gedung kita bagunkan lapangan takraw, bola voli, dan lapangan bulu tangkis yang sebelumnya semua itu melalui proses Musrembang. Serta semua item pekerjaan kita cantumkan pada baleho APBDes yang dipajang disetiap kegiatan,” kata Al Rahman Kamis 24 Desember 2020.

“Gedung tersebut kini telah dirasakan manfaatnya dan sudah terpakai kurang lebih tiga tahun lamanya. Proses pembangunannya juga terbilang lancar serta tidak ada kendala sedikitpun. Saat pemeriksaan Inspektorat tidak ada temuan pada pekerjaan yang menelan anggaran Rp 300 juta lebih itu,” tambah Al Rahman.

Karena memang di Desa Lasama banyak bibit-bibit altilt yang potensial, lanjut Al Rahman, maka keinginan masyarakat dibangunkan sarana olahraga di lahan depan gedung serbaguna dan mendapat apresiasi masyarakat sangat luar biasa.

Masih kata Rahman, proses pembangunan gedung diatas lahan yang dulunya merupakan kawasan kumuh digenangi air semua telah diserahkan kepada Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dimana pengerjaan sendiri dilakukan oleh masyarakat Desa Lasama sebagai bentuk pemberdayaan.

“Kalau ada yang meragukan keabsahannya, silahkan konfirmasi di Inspektorat, karena kita diaudit oleh mereka. Jadi saat saya menjabat sebagai Plt Kades tidak ada yang diselewengkan apalagi fiktif. Penggunaan DD harus transparan karena semua ada matriksnya. Masyarakat kerja dan mereka juga yang mengawasi langsung. Jadi tidak benar kalau ada tudingan saya menyalahgunakan anggaran,” ulasnya.

Laporan : SUFRI

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

LUWU

Anak Kades Libukang di Duga Jadi Sekdes, Rabat Beton di Dusun Waituo Libukang di Sorot

PINRANG

Terkait Hasil Sawah Pemda Di Sikkuala, FP2KP Resmi Laporkan Perusda dan Dinas Pertanian Kabupaten Pinrang Di Kejati Sulsel

SOPPENG

Proyek Penanganan Pasca Bencana Ruas Salaondro-Pompanua Yang Menelan Anggaran 1,8 M Kondisinya Memprihatinkan

HUKUM

Satuan Sabhara Polres Pangkep Sita 32 Dus Miras Berbagai Merek, Ini Harapan Kapolres Pangkep

Muna Barat

Disorot LSM Perak, Ini Tanggapan Kades Tangkumaho Mubar

Makassar

Kasus Jual Aset PDAM Mandek di Polres Barru, PERAK Desak Polda Sulsel Supervisi

Muna Barat

Geram Diberitakan Terkait Dugaan Korupsi Saat Menjabat PLT Kades Lasama, Camat Tikep Akan Tempuh Jalur Hukum, Ketua AJOI : Itu Lebay Dan Kami Siap Hadapi

HUKUM

Tiga Terduga Pelaku Penganiayaan Tukang Ojek Diamankan Polres Luwu, Satu Diantaranya di Tembak Polisi