Home / Muna Barat / SOROTAN

Jumat, 25 Desember 2020 - 15:51 WIB

Geram Diberitakan Terkait Dugaan Korupsi Saat Menjabat PLT Kades Lasama, Camat Tikep Akan Tempuh Jalur Hukum, Ketua AJOI : Itu Lebay Dan Kami Siap Hadapi

Gedung Serba Guna di Desa Lasama Yang di Sorot

Gedung Serba Guna di Desa Lasama Yang di Sorot

BERITA-ONLINE.COM, MUBAR – Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa (DD) Yang diduga di Lakukan Oleh Oknum Camat Tiworo Kepulauan (Tikep), Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi Perbincangan Hangat Warga Kecamatan Tikep, Khususnya Warga Kambara Dan Warga Desa Lasama.

Pasalnya, Al Rahman, Pelaksana Tugas ( PLT )Kepala Desa (Kades ) Lasama Pada Tahun 2018 Lalu, diduga Menyalahgunakan Anggaran Dana Desa Pada kegiatan Pembangunan Serba Guna yang menelan Anggaran Senilai 313 Juta Rupiah.

Bangunan serba Guna Yang kondisinya saat ini sudah mengalami kerusakan pada sejumlah bagian, Menjadi Sorotan Warga Desa Lasama, Tak Terkecuali sejumlah Awaka Media.

Camat Tikep, Al Rahman, Yang berusaha di Konfirmasi Wartawan melalui sambungan sellulernya, Jumat (25/12/2020) siang, tidak dapat di Klarifikasi. Nomor Telpon Wartawan Di Blokir Oleh Oknum Camat Tikep Yang Juga Sebagai Mantan PLT Kades Lasama Pada Tahun 2018 Lalu.

” Sayang Sekali, Pak Camat Memblokir Akses Kami untuk melakukan Klarifikasi guna untuk memberikan Hak Jawab dan Hak Koreksi. Padahal, kami Sebagai Wartawan Atau Media, Wajib melayani Hak Jawab dan Hak Koreksi,” Ungkap Sufri, S.Kom, Pimpinan Umum Media Berita-Online.com, Jumat (25/12/2020).

Sufri Yang juga Merupakan Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia ( AJOI ) Juga Menyayangkan Statemen Camat Tikep, Al Rahman, yang Sebelumnya diberitakan di salah salah satu Media Online mengatakan, “Wartawan dan media yang meliput  ternyata tidak ada yang jelas”, padahal Jelas-Jelas di BOX Redaksi Media Kami jelas Alamat Kantor dan legalitas Hukumnya.

” Itu Pak Camat Tikep (Al Rahman_Red) Semestinya berikan statemen yang benar donk, jangan asal Ngomong, Media Kami jelas, di terbitkan Oleh Perusahaan Pers Yakni PT.BERITA ONLINE GROUP, Legalitasnya Bisa di Cek DISINI ” Jelas Sufri

Lebih Lanjut, Sufri Menjelaskan,” Cek di Google, Jika Keberadaan Kami tidak Jelas, Pasti Tidak Akan terindeks di Mesin Pecaharian Google, Saya Paham Masalah Kode Etik Jurnalistik, Jadi Semestinya Pak Camat Harus Jadi Pejabat Yang Profesional dan Tidak Menyebarkan Statemen Yang diduga Tidak Benar,” Lanjutnya

Sufri Menambahkan, “Media Kami juga Memiliki hubungan Kerja Sama yang baik dari berbagai Pihak, Salah satunya adalah Mitra Kepolisian Republik Indonesia, Dan Telah Mendapatkan Beberapa Penghargaan Dari Beberapa Polres di Indonesia pada hari Bhayangkara Lalu ,” Tambahnya

” Kami Memberitakan sesuai dengan Fakta yang kami dapatkan di lapangan dan memberitakan dengan Berimbang tanpa ada maksud kepentingan tertentu, Murni Produk Jurnalistik.” Tegasnya

Disinggung Terkait rencana Camat Tikep”Al Rahman” Yang hendak Melaporkan Pemberitaan Yang di Alaminya ke Mapolda Sultra, Sufri Mengatakan akan siap menghadapinya.

” Itu Haknya Beliau (Al Rahman_Red), Jika memang tidak ingin mengklarifikasinya dan memberikan hak jawabnya kepada kami untuk di Publikasikan dan memilih menempuh Jalur Hukum, Saya Pikir Itu Lebay, Kami siap Hadapi..! Jangan Kan Oknum Camat, Beberapa Oknum Kepala Daerah Pun pernah Kami beritakan, Dengan Catatan, Harus Sesuai Kode etik Jurnalistik,” Terang Sufri

Sementara dari Pantauan Wartawan Rabu (23/12/2020), Sejumlah Pembangunan Didesa Lasama kec.Tikep Kab.Mubar, Pada Tahun Anggaran 2020 Ini, Nampak benar-benar dinikmati Oleh Masyarakat. Salah satunya adalah Bantuan Bedah Rumah dan beberapa Bantuan Lainnya.

” Alhamdulillah, Semenjak Kepemimpinan La Baali sebagai Kepala Desa Lasama, Anggaran Dana Desa Benar-Benar di Nikmati Langsung Oleh Masyarakat dan Semua Anggaran Dana Desa Jelas Peruntukannya dan dikelolah secara Transparan,” Jelas Salah satu Warga Desa Lasama Yang enggan di sebutkan identitasnya.

Hal senadah Juga di Ungkapkan Oleh Salah Satu Mantan Anggota BPD setempat, ia Mengatakan, kepemimpinan Kades Lasama” La Baali ” saat ini, benar-benar baik dan semata-mata untuk kepentingan Rakyat.

” Sekarang ini, Semua Staf Desa dan BPD nya di fungsikan, Kalau dulu tahun 2018-2019, Staf Desa Dan BPD Hanya di Jadikan Pajangan dan kadang tidak dilibatkan dalam hal Mengelolah Anggaran, Semua di Kelolah sendiri,” Terangnya

Lebih Lanjut Ia Mengatakan, Pembentukan Ketua dan Anggota BPD Terpilih saat ini juga sama sekali tidak ada interpensi atau intimidasi dari Kades Lasama, La Baali.

” Tadi Pagi ada Rapat Pembentukan Pengurus Ketua Dan Anggota BPD di Desa Lasama, siapapun yang terpilih jadi ketua dan Anggota BPD, itu murni hasil Musyawarah bersama, Bukan intruksi atau titipan dari Kades,” Ucapnya

Sementara Kepala Desa Lasama “La Baali” saat dikonformasi wartawan mengatakan, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meberikan yang terbaik kepada masyarakatnya.

” Terima Kasih, Saya sebagai Kepala Desa Lasama Akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi masyarakat kami,” Ungkapnya

Disinggung terkait dengan Dugaan Korupsi PLT Kades Lasama Tahun 2018, Dirinya Enggan Memberikan komentar Lebih detail.

” Kalau Masalah itu, saya kurang Tau masalahnya, Coba di kroscek saja sama yang bersangkutan, saat ini saya hanya fokus urus warga saya untuk yang terbaik.” Tutupnya, Rabu (23/12/2020).

Sementara Camat Tikep, Al Rahman, Hingga Saat ini, Jumat (25/12/2020) siang, belum dapat di mintai klarifikasinya, Wartawan Terus Berupaya menghubunginya melalui sambungan sellulernya, namun masih tetap Memblokir Telpon Wartawan.

Sementara, Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya, Juga merasa geram atas pemberitaan dugaan Korupsi dana desa yang Diduga dilakukan oleh Camat Tikep.

” Hati-Hati, Jangan Asal Tuduh, bisa di Lapor balik pencemaran Nama Baik, Butuh pembuktian yang akurat, jangan main Lempar di FB, Ngarang Saja Ini Orang,” Tulis Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya dalam komentar Facebook miliknya Kona Pano, Rabu (23/12/2020).

Tanggapan dari pengguna akun Facebook Pun berdatangan, Salah satunya Pengguna Akun Facebook Sangia Rumemba Law, ” Disamapikan dengan jelas bahwa diduga”. Rabu (23/12/2020)

sementara akun facebook lainnya, Laode Muhammad Idrusyah Pasa mengatakan,” baca dan pahami dulu kalimatx baru comentar, tdk usahmi sok menyalahkan kalau membaca tanpa memahami kalimat yang ada.

Sementara Ketua Umum Lembaga Kajian dan Advokasi HAM Indonesia, Arham MS, menyayangkan pernyataan Oknum Camat Tikep tersebut,” seharusnya jika ia keberatan minta hak jawab kepada media bersangkutan dan jangan menjawab dimedia lain karna ini berpotensi memicu “perang media”. Ungkap Arham, Jumat (25/12/2020) sore.

Arham MS Menambahkan, Pihaknya juga akan menindak lanjuti dugaan korupsi tersebut dan melaporkan ke APH.

“Kami akan pertimbangkan, laporkan dugaan tipikor tersebut ke APH”. Tutup Aktivis Senior Ini Yang kebanyakan melaporkan temuannya langsung ke KPK RI.

Editor : Redaksi

Penulis : Adiarsa 

BAGIKAN BERITA INI :

loading...

BACA BERITA LAINNYA :

Makassar

Kasus Jual Aset PDAM Mandek di Polres Barru, PERAK Desak Polda Sulsel Supervisi

LUWU

Penggunaan Anggaran Di Duga Tidak Transparan, Rabat Beton Di Desa Kurrusumanga Belopa Jadi Sorotan

LUWU

Rabat Beton di Desa Riwang Selatan Telan Anggaran 600 Juta, Kondisinya Rusak Parah

SIDRAP

Dua Proyek di Kabupaten Sidrap Yang Senilai 2 Milyar Segera di Laporkan Ke Mapolda Sulsel

HUKUM

Kades Muhajirin Suli Barat di Jadwalkan Akan di Laporkan Perak Sulsel di Tipikor Polres Luwu

HUKUM

PERAK Cium Aroma Permufakatan Jahat Proses Lelang Pengadaan Sapi Dinas Peternakan Sulsel

PINRANG

LSM Perak Sulsel Soroti Penggunaan Anggaran Dana Desa Di Samaenre Mattiro Sompe Pinrang

SOROTAN

Pekerjaannya Disorot, Kades Botto Penno Wajo Nilai Pekerjaan kades Lain Jauh Lebih Buruk