Home / SOROTAN / WAJO

Jumat, 4 Desember 2020 - 17:01 WIB

Tidak Ada Laut Dan Sungai Didesanya, Kades Bulusiwa Gelontorkan Dana Desa Untuk Beli Perahu

BERITA-ONLINE.COM, WAJO – Pengadaan Perahu Nelayan oleh Pemerintah Desa Bulusiwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo Sulsel, diduga tidak tepat sasaran.

Sebab, Desa Bulusiwa secara geografis bukan wilayah perairan laut atau DAS (Daerah Aliran Sungai ).

Terkait Hal tersebut, Koordinator Monitoring dan Investigasi LSM Perak Sulsel, Hendra Jaya SH angkat Bicara. menurutnya, Penggunaan dana desa sebaiknya digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak dan bukan kepentingan pribadi.

” Ini perlu di telusuri, soalnya desa bulusiwa secara geografis adalah pegunungan, namun kenapa ada dana digelontorkan untuk beli perahu.” Ungkap Hendra jaya, Jumat (4/12/2020).

Hendra Jaya menambahka, pihaknya akan menelusuri kasus tersebut, dan akan melakukan monitoring dan investigasi lebih mendalam terhadap sejumlah pekerja didesa bulusiwa yang anggarannya bersumber dari ADD/DD.

” Disayangkan, Desa Bulusiwa telah menganggarkan Pengadaan Perahu dari Sumber anggaran Dana Desa yang dominan bukit perkebunan cengkeh dan coklat, sehingga kami duga tidak efisien dan tidak efektif serta berindikasi melanggar prinsip-prinsip pengadaan barang dan jasa pemerintah sebagaiman yang telah diatur pada Pasal 6 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018.” Terang Hendra Jaya.

Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, perahu yang dianggarkan Tahun 2018 tersebut, diduga telah mengalami kerusakan, Dan perahu yang di beli oleh kepala desa di duga perahu bekas dengan harga Sebesar 34 Juta Rupiah.

Berdasarkan informasi masyarakat berinisial M yang merupakan warga setempat mengatakan, jika pihaknya telah mengetahui bahwa perahu tersebut adalah perahu bekas.

” Saya tau perahu itu adalah perahu bekas karena perahu tersebut adalah merupakan perahu milik seseorang yang dikenalnya.” Ungkap M, Jumat (4/12/2020).

Sementara kepala desa Bulusiwa, Amirullah saat dikonfirmasi wartawan Jumat (4/12/2020) siang membenarkan perihal tersebut, menurutnya, Pembelian perahu tersebut berdasarkan permintaan warganya yang di anggaran dari dana desa sebesar 45 Juta Rupiah.

“Harganya memang cuma 34 juta, Namun banyak yang kami benahi, seperti atap dan beberapa perlengkapan perahu lainnya.” Ungkap kades bulusiwa, Amirullah.

Terkait pembelian perahu itu, menurut Amirullah, itu karena atas permintaan warga.

” Itu pembelian perahu bukan kemauan dan kepentingan peribadi saya, namun karena masyarakat kami sering menyewa perahu saat memancing, sehingga di usulkan untuk dianggarkan dari anggaran dana desa.” Ungkap Amirullah.

Laporan : SUFRI

loading...
loading...

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

SOROTAN

Penggunaan Anggaran Di Duga Tidak Transparan, Rabat Beton di Desa Simpurnia Di Sorot

WAJO

Bhabinkamtibmas Polsek Sabbangparu Polres Wajo Gencar Kunjungi Warga

WAJO

Kanit Binmas Polsek Maniangpajo Polres Wajo Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

WAJO

Kontrol Ruang Tahanan, Personil Sat Tahti Polres Wajo lakukan ini

WAJO

UNIT PIDUM SAT RESKRIM POLRES WAJO DATANGI TKP PENGANIAYAN MENYEBABKAN 1 ORANG TEWAS

WAJO

Bhabinkamtibmas Aktif Kunjungi Warganya Didesa Binaanya

WAJO

Menjaga Keamanan dan ketertiban Pasar,Personil Polsek Maniangpajo Polres Wajo Laksanakan Himbauan Dan Pengamanan Dipasar.

WAJO

Patroli Malam Polsek Penrang Polres Wajo Bubarkan Warga Yang Masih Berkerumun.