Home / Muna Barat / SOROTAN

Selasa, 1 Desember 2020 - 21:43 WIB

Proyek Drainase Di Kusambi Mubar Tidak Ada Papan Proyeknya, Website LPSE Mubar Tidak Dapat Diakses

Proyek Drainase Di Kusambi Mubar Tidak Ada Papan Proyeknya

Proyek Drainase Di Kusambi Mubar Tidak Ada Papan Proyeknya

BERITA-ONLINE.COM, MUBAR – Proyek Drainase di Kusambi Kabupaten Muna Barat Sultra, dibangun Tanpa Adanya Papan Proyek yang Terpasang. Hal tersebut Terpantau Kamera Wartawan Senin (1/12/2020) siang.

Salah satu pekerja di Lokasi Proyek saat di Mintai Keterangan, Dirinya tidak tau Menahu persoalan Itu.

” Saya cuma pekerja Harian Pak, Masalah Papan Proyek, Bisa Anda Tanyakan Langsung kepada kontraktornya, Namun Kontraktornya saat ini tidak berada di Lokasi, ” Ungkap Salah Satu Pekerja Yang Tidak ingin Namanya disebutkan.

Sementara, Koordinator Tim Monitoring dan Investigasi LSM Perak, Hendra Jaya SH, Selasa (1/12/2020) siang mengatakan, Berdasarkan Hasil Monitoring dan Investigasinya di Lapangan, Sejumlah Proyek APBD TA 2020 Di Kabupaten Muna Barat Sulawesi-Tenggara, Anggarannya Dinilai tidak Transparan.

“Penggunaan Anggaran itu semestinya Sudah Online, Coba Cek Kabupaten Lain, Semua Nama Proyek Lengkap dengan Nama Perusahaannya dan Anggarannya, Terpajang di Website LPSE, Namun khusus di Muna Barat, LPSE nya tidak dapat di Akses, Ada apa Gerangan,” Ungkap Hendra Jaya.

Saat Wartawan Mencoba Mengakses Alamat Website Resmi Layanan Pengadaan Secara Elktornik (LPSE) Muna Barat di LPSE.MUNABARAT.GO.ID, Website tersebut tidak dapat di akses.

Berdasarkan Informasi Yang di peroleh Wartawan, Kondisi Ini sudah berlangsung Cukup Lama.

” Ini setiap Kali Ada Proses Lelang, tidak Bisa di Akses, Kami Juga Bingung bagaimana Caranya proyek Lelang dapat kami Pantau dan Ikut serta dalam Tender,” Ungkap Salah satu Kontraktor Yang tidak Ingin Disebutkan Namanya.

Hal Yang sama Juga di sesalkan Oleh Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Wilayah Sulseltra, Sufri Lakotong. Menurutnya, Transparansi pengelolaan Anggaran di Pemkab Muna barat patut di pertanyakan dengan tidak bisa diaksesnya LPSE.

” Hal ini dapat mengindikasikan, Proses Lelang Proyek Di Mubar tidak berlangsung Terbuka,” Ungkap Sufri Lakotong, Di Salah satu warkop di Raha, Senin (1/12/2020) Sore.

Lebih Lanjut, Sufri Lakotong Menambahkan ” Kontraktor pasti kesulitan untuk mendapatkan akses, harusnya lelang pengadaan itu terbuka agar publik bisa melihat langsung Item anggaran,” Tambahnya

Menurut Sufri, Dalam Waktu Dekat ini, Pihaknya akan Bersurat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Di jakarta untuk ditindak Lanjuti.

Sementara itu, Terkait hal tersebut, belum ada keterangan resmi dari pihak pemkab Mubar yang menangani LPSE, begitupun terkait Tidak adanya papan Proyek yang terpasan pada proyek pembangunan Drainase di Kusambi Kabupaten Muna Barat Sultra.

Wartawan hingga saat ini terus melakukan Upaya Klarifikasi kepada pihak terkait untuk pemberitaan selanjutnya.

Sementara itu, KPK Baru baru ini mengingatkan agar seluruh daerah di indonesia melakukan lelang proyek secara terbuka. Hal tersebut guna untuk menghindari Korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pengelolaan keuangan Negara, Karena Lelang Terbuka dalam LPSE juga Bagian dari mewujudkan pemerintahan yang Bersih.

Laporan : Agus Salim

BAGIKAN BERITA INI :

loading...

BACA BERITA LAINNYA :

Muna Barat

Terparkir Di Halaman Kantor Bupati Mubar, Keberadaan Mobil Satlantas Polres Muna Dipertanyakan

LUWU

Jumat Keramat, LSM Perak Resmi Laporkan Enam Kades di Kabupaten Luwu, Proyek Lapangan Andi Djemma Ikut Di Laporkan

Muna Barat

Penggunaan Anggaran Diduga Tidak Transparan, Kades Tiga Mubar Diduga Korupsi Dana Desa

BONE

Telan Anggaran Ratusan Juta, Jalan Rabat Beton di Kacimpang Desa Tocinnong Kondisinya Memprihatinkan

Muna Barat

Telan Anggaran 345 Juta, Pengadaan MCK Di Desa Masara Mubar Disorot

SOPPENG

Proyek Penanganan Pasca Bencana Ruas Salaondro-Pompanua Yang Menelan Anggaran 1,8 M Kondisinya Memprihatinkan

HUKUM

Diduga Dikerjakan Asal-Asalan, Puluhan Proyek APBD Pemkab Muna TA 2018 Hingga 2020 Disorot

LUWU TIMUR

Sebanyak 90 Proyek APBD Pemkab Lutim Jadi Bahan Investigasi Koalisi LSM Anti Korupsi, Ini Daftarnya