Home / LUWU TIMUR

Minggu, 18 Oktober 2020 - 11:33 WIB

Tiga Proyek APBD Lutim TA 2019 Di Desa Manggala Mangkutana Di Sorot LAK-HAM INDONESIA

BERITA-ONLINE.COM, MANGKUTANA – Tiga Proyek Pembangunan Saluran Air di Desa Manggala Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur Sulawesi-Selatan, Di Sorot LAK-HAM INDONESIA.

Hal tersebut di Ungkapkan Oleh Koordinator Tim Monitoring dan Investigasi LAK-HAM INDONESIA, Faizal, Kepada wartawan, Minggu (18/10/2020) pagi.

Faizal menjelaskan, Dari hasil investigasinya di Lapangan, Pihaknya Menemukan Proyek Saluran air yang bersumber dari APBD Pemkab Lutim T.A 2019 di duga dikerjakan asal-asalan.

” Pembangunan Saluran Tersier BW. 5 Kanan Desa Manggala dengan Anggaran 479 juta, Pembangunan Proteksi Saluran Pembuang Dusun Tamatiku Desa Manggala dengan anggaran 1 M, Dan Pembangunan Proteksi Saluran Pembuang Desa Manggala dengan Anggaran 279 Juta, di duga dikerjakan asal-asalan.” Ungkap Faizal.

Faizal Menjelaskan, Ketiga Proyek tersebut di duga tidak memiliki dasar galian yang memadahi, sehingga nampak retak pada bagian bawah. Campuran Semen yang digunakan, juga di duga tidak sesuai mutu dan spesifikasi yang ditentukan, sehingga sejumlah bagian nampak mengalami keretakan.” Jelasnya

Lanjut Faizal, Selain Retak Dan mengalami kerusakan, Pihaknya juga menduga ada beberapa pelanggaran pada pekerjaan tersebut yang diduga tidak sesuai bestek yang ditentukan dalam RAB.

“Semestinya pada bagian sisi bangunan, harus juga di timbung supaya kuat dan tidak nampak berlubang, ini jika dibiarkan, lama kelamaan bisa mengalami runtuh,” ujarnya.

Dalam Waktu dekat ini, Temuan tersebut akan kami tindak lanjuti dan melaporkan ke Mapolda sulsel untuk pemeriksaan lebih lanjut,” Tegasnya

LAK-HAM INDONESIA baru-baru ini juga telah melaporkan berbagai temuan kasus dugaan penyalah gunaan anggaran, baik APBN maupun APBD Dari berbagai kabupaten Kota di Sulsel ke Mapolda Sulsel.

Hingga berita ini diturunkan, Belum ada pernyataan resmi dari Pihak Kontraktor Maupun Dinas Terkait.

Wartawan Hingga saat ini terus melakukan upaya klarifikasi untuk pemberitaan selanjutnya.

Sekedar di ketahui, Pembangunan Saluran Tersier BW. 5 Kanan Desa Manggala yang menelan Anggaran 479 juta dikerjakan oleh CV. TIMUR INDONESIA yang beralamatkan di Jl. Belimbing, Baruga Kec. Malili, Kabupaten Luwu Timur, Dan Pembangunan Proteksi Saluran Pembuang Dusun Tamatiku Desa Manggala yang menelan anggaran 1 M lebih di kerjakan Oleh CV.NADAON yang berlamatkan di Dusun Lopi Desa Pancakarsa Kec Mangkutana Lutim.

Sedangkan, Pembangunan Proteksi Saluran Pembuang Desa Manggala dengan Anggaran 279 Juta di kerjakan Oleh CV. Abdi Wiguna yang beralamatkan di Desa Sindu Agung Kec. Mangkutana Luwu Timur.(*)

Laporan : SUFRI

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

LUWU TIMUR

Sambangi Kantor Bri ,Kanit Binmas Polsek Wasuponda Polres Luwu Timur Berikan Himbauan Pencegahan Covid-19 Pada Pengunjung

LUWU TIMUR

Peduli Keselamatan Pengguna Jalan, Satlantas Polres Luwu Timur Bantu Pelajar Menyebrang Jalan

LUWU TIMUR

Kanit Reskrim Polsek Malili Polres Luwu Timur Cek Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat Di Pasar Lakawali Luwu Timur

LUWU TIMUR

Kabid Humas AJOI Sulsel Kunker, MTH: Kami Restui Kehadiran DPC AJOI Luwu Timur LUWU

LUWU TIMUR

Kapolsek Towuti Melakukan Pemantauan Di Pos Terpadu Kecamatan Towuti

LUWU TIMUR

Indahnya Berbagi, Polisi Polsek Mangkutana Polres Luwu Timur Berikan Sembako ke Warga Kurang Mampu

LUWU TIMUR

Syarat Pinjam Pakai Senpi, 80 Personil Polres Luwu Timur Gelar Tes Psikologi

LUWU TIMUR

Hari ke Empat Puasa, Polsek Mangkutana Polres Luwu Timur Mengamanakan 16 Unit Motor Di Lokasi Balap Liar