Home / HUKUM / LUWU / SOROTAN

Jumat, 2 Oktober 2020 - 00:06 WIB

Dua Rabat Beton Dengan Anggaran 475 Juta Di Desa Salubua, di Jadwalkan Akan di Laporkan Perak Sulsel

Rabat Beton di Dusun Salubua Desa Salubua Kec Suli Barat Kabupaten Luwu, Selasa (29/9/2020)

Rabat Beton di Dusun Salubua Desa Salubua Kec Suli Barat Kabupaten Luwu, Selasa (29/9/2020)

BERITA-ONLINE.COM, LUWU – LSM Perak Sulsel Jadwalkan akan Melaporkan Secara Resmi Kepala Desa Salubua Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu, di Polres Luwu, Jumat (2/10/2020) Pagi.

Hal Tersebut di Ungkapkan Ketua LSM Perak Sulsel, Adiarsa MJ SE SH Kepada wartawan di salah satu hotel di Kota Belopa, Kamis (1/10/2020) malam.

Menurut Adiarsa, Pihaknya telah mengkaji  Dua Pembangunan Rabat Beton di Desa Salubua Dengan Menelan Anggaran 475 Juta tersebut di duga merugikan Negara.

” Insya Allah, Kami akan Melaporkan Temuan Ini Jumat ( 2/10/2020) Pagi di Unit Tipikor Polres Luwu dan Menembuskannya Ke Dirkrimsus Polda Sulsel,” Ungkap Adiarsa.

Diberitakan Sebelumnya, Penggunaan Alokasi Dana Desa di T.A 2019 di Desa Salu Bua Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan Perlu di Pertanyakan.

Pasalnya, Sejumlah Alokasi Dana Desa Yang di peruntukan untuk pembangunan Sejumlah Rabat Beton kondisinya sangat memprihatinkan.

Dari Temuan LSM Perak-Sulsel Selasa (29/9/2020) sore, dua Pembangunan Rabat Beton Yang di bangun Pada T.A 2019, Kondisinya sangat memprihatinkan.

” Dua Bangunan Rabat Beton di Desa Salu Bua kondisinya nampak Hancur, Anggaran yang di Gunakan mencapai Ratusan Juta Rupiah,” Ungkap Ketua LSM Perak Sulsel, Adiarsa MJ SE SH, kepada wartawan, Selasa (29/9/2020) malam.

Adiarsa menambahkan, Kedua Rabat beton yang di kritiknya adalah, Rabat beton di dusun Salubua Depan Kantor Desa Hingga di sekeliling Lapangan, Anggarannya bersumber dari APBN Dana Desa 2019 dengan Nilai 337.354.600, dan Rabat Beton depan rumah kepala desa dengan anggaran 137.587.000 Yang bersumber dari APBN Dana Desa 2019.

” Kedua Rabat Beton Tersebut kondisinya nampak hancur, Batu-batu krikil berserakan, kami duga mutu rabat beton tersebut tidak sesuai spesifikasi yang telah di tentukan, Kami duga Anggaran pembangunan Kedua Rabat Beton itu ada penyimpangan sehingga merugikan uang negara,” Tambahnya

Dalam Waktu dekat, Kami akan Melaporkan temuan ini ke Pihak Terkait untuk di Tindak Lanjuti, ” Tegasnya

Sementara Ketua Umum   LAK-HAM INDONESIA Arham MS Kepada wartawan Mengatakan, Temuan Teman-Teman LSM Perak Sulsel akan dikawal hingga ke Pihak terkait.

” LHI akan kawal temuan ini terhadap Pihak terkait agar tidak ada permainan di dalamnya.” Tegas Arham

Sementara Kepala Desa Salubua kecamatan Suli Barat, Mardin saat di konfirmasi wartawan melalui sambungan sellulernya, Selasa ( 29/9/2020 ) malam membenarkan prihal kerusakan pada rabat beton yang di sorot LSM Tersebut. Menurutnya, Kerusakan Rabat Beton karena Akibat Cuaca dan Kendaraan Proyek Yang Sering Melintas.

” Benar Pak, Itu kerusakan Di Sebabkan Akibat Cuaca dan Kendaraan Sejumlah Proyek Yang melintas, Hal Tersebut juga telah kami laporkan Ke Inpekstorat Kabupaten Luwu.” Jelasnya kepada wartawan Melalui Sambungan Sellulernya.

Laporan : SUFRI

BAGIKAN BERITA INI :

loading...

BACA BERITA LAINNYA :

LUWU

Anak Kades Libukang di Duga Jadi Sekdes, Rabat Beton di Dusun Waituo Libukang di Sorot

BONE

Diduga Lakukan Penipuan Dan Penggelapan Di Muna, Lelaki Gonrong Asal Bone Diciduk Polisi

HUKUM

Diduga Miliki Lima Sachet Shabu, Dua Warga Belopa Di Amankan Satuan Narkoba Polres Palopo

LUWU

Tingkatkan Pelayanan, Polres Luwu Pampang Maklumat Pelayanan SPKT

BREAKING NEWS

Tetapkan PSBB, Tim Patroli Satgas 1 Gencar Lakukan Patroli Di Kecamatan Somba Opu, Ini Sasarannya

LUWU

Jelang Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020, Forkopimda Luwu Gelar Rapat Terbatas

BREAKING NEWS

Pinjam Motor Untuk Beli Nasi Kuning, Buruh Tenda Pengantin di Langa Pinrang Gadaikan Motor Temannya

BREAKING NEWS

Personil Polsek Polut Amankan Terduga Pencuri Kabel Listrik PLN Di Takalar