Home / BANTAENG

Sabtu, 19 September 2020 - 13:10 WIB

Dosen Sosiologi Unismuh Makassar Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Digital di Desa Bonto Jai

BANTAENG, BeritaOnline.com — Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema ”Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Literasi Digital Berbasis QR Code di Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng, Sabtu (19/09/20).

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Dr. Nursalam, M.Si sebagai ketua Tim dan Suardi, S.Pd,.M.Pd, Syarifuddin, S.Pd,.M.Pd, Indah Ainun Mutiara, S.Pd,.M.Pd dan Herdianty R, S.Pd,.M.Pd sebagai anggota tim yang merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat berdasar pada berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama masyarakat desa yang belum memiliki pengetahuan yang cukup dan akses informasi yang mudah terkait hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan mereka seperti informasi literasi, meskipun hampir setiap masyarakat memiliki Handphone yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Permasalahan lainnya ada pemerintahan desa belum cukup memiliki informasi literasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat yang berbasis online yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut konsep pemberdayaan yang dilakukan adalah  menyediakan akses informasi melalui Literasi Digital berbasis QR Code yang dapat memudahkan pemerintah desa memberikan berbagai informasi secara online kepada masyarakat. Disisi lain masyarakat desa juga dengan mudah dapat mengakses informasi tersebut melalui Handphone (HP) yang mereka miliki. Permasalahan masyarakat desa mitra yang menjadi prioritas dan perlu untuk diselesaikan melalui program IbM ini adalah kurangnya jumlah dan ragam sumber belajar bagi siswa dan guru baik jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang penting untuk kehidupan masyarakat yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat Desa. Oleh karena itu Konsep pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk (1) memberikan pelatihan penggunaan Aplikasi QR Code dalam mengakses berbagai informasi yang telah disiapkan dalam bentuk QR Code yang terkait dengan literasi digital pendidikan yaitu buku-buku sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. (2) memberikan materi Literasi Digital Berbasis QR Code kepada masyarakat yang hadir dan perangkat Desa, (3) melakukan penyebaran informasi dan pengetahuan Literasi Digital Berbasis QR Code kepada masyarakat melalui Whatsapp dan Facebook yang telah dimiliki oleh masyarakat, agar dapat diakses secara luas oleh seluruh anggota masyarakat.

Hasil yang telah diperoleh dari kegiatan pengabdian yang dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat melalui literasi digital berbasis QR code di desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng telah memberikan kemudahan kepada masyarakat Desa dalam mengakses informasi terkait pendidikan dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan oleh masyarakat, meningkatnya frekuensi membaca masyarakat Desa menggunakan Handphone (HP) melalui literasi digital berbasis QR Code setiap hari dan menciptakan Gerakan Literasi Digital Berbasis QR Code di Masyarakat Desa.

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

BANTAENG

Polsek Bissappu Polres Bantaeng Semprot Desinfektan di Ruangan Layanan Publik
polres bantaeng

BANTAENG

Patroli Dialogis Kasat Sabhara Himbau Pengunjung Pegadaian Gunakan Masker
polres bantaeng

BANTAENG

Ini Yang Dilakukan Kapolsek Uluere Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

BANTAENG

Sinergitas TNI-POLRI Bersama Dinas Terkait, Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Perbatasan Bantaeng Bulukumba

BANTAENG

Polsek Pajukukang Polres Bantaeng Siapkan Tempat Cuci Tangan Bagi Pengunjung

BANTAENG

Bantu Pedagang Menyusun Barang Jualan Ketulusan Hati Kapolsek Pajukukang

BANTAENG

Patroli Malam Kanit Sabhara Polsek Uluere Ajak Warga Ronda

BANTAENG

Kapolsek Uluere sosialisasikan Cara Cuci Tangan Yang Benar Cegah Covid-19