oleh

Dukung Strategi Nasional Keuangan Inklusif, BLT-DD Desa Sambueja Gunakan Metode Non Tunai

Maros, berita-online.Com — Pemerintah Desa Sambueja Kecamatan Simbang Kabupaten Maros melaksanakan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 189 keluarga penerima manfaat untuk periode Juli 2020 pada hari kamis tanggal 23 Juli 2020 bertempat di Aula Kantor Desa Sambueja.

Penyerahan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Pemdes Dinas PMD Kabupaten Maros, Koordinator TPP P3MD Kabupaten Maros, Kepala BNI Kantor Cabang Pembantu Maros, Pemerintah Kecamatan Simbang, BPD dan Bhabinkantibmas. kepala Desa Sambueja, Darawati S. S.Pd mengatakan bahwa penyerahan BLT -DD periode Juli ini dilakukan dengan metode cashless/non tunai dalam mendukung Strategi Nasional Keuangan Inklusif dimana penerima BLT-DD telah dibuatkan buku rekening dan Kartu ATM yang dirasa aman dan efisien agar mendekatkan masyarakat dengan lembaga keuangan, mengedukasi masyarakat untuk membiasakan menabung, mengurangi sifat konsumtif masyarakat serta berdasarkan asas pemberdayaan karena apabila BLT-DD ini telah berakhir, masyarakat masih dapat menggunakan buku tabungan dan kartu ATM nya untuk menabung, transfer uang, pembayaran listrik, BPJS dan berbagai kemudahaan lainnya di era digitalalisasi sekarang ini.

Sementara Kepala Bidang Bina Pemdes Dinas PMD Kabupaten Maros, bapak Syamsul Idrus, S.STP, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik serta memberi apresiasi yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Desa Sambueja yang melaksanakan penyerahan BLT-DD ini dengan metode cashless/non tunai dan satu satunya desa di Kabupaten Maros yang menerapkan metode cashless/non tunai, karena memang sudah di atur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2020, Permendesa Nomor 7 Tahun 2020 , Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2020 maupun Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2020 bahwa penyaluran BLT DD dapat dilakukan dengan tunai maupun metode cashless/non tunai. Pemerintah Desa Sambueja memfasilitasi masyarakat membuka buku rekening beserta kartu debit bekerjasama dengan BNI KCP Maros, dimana BNI selama ini telah terpercaya menangani segala bentuk bantuan sosial baik bagi penerima PKH, BPNT, Kartu Sembako dan BST.

Pembukaan dan pembuatan rekening secara gratis, bebas biaya administrasi bulanan, serta tanpa setoran awal, selanjutnya para penerima BLT-DD dapat menarik uang kapanpun dan dimanapun karena di desa Sambueja telah tersedia Mesin ATM, Agen BNI 46, maupun mini ATM yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa). Penyerahan BLT-DD ini diserahkan dengan protokol New Normal Desa.

(Burhan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA