Home / BREAKING NEWS / HUKUM / SULSEL / TAKALAR

Jumat, 15 Mei 2020 - 22:59 WIB

Polres Takalar Gelar Press Release 2 Oknum PNS Ditakalar Ditetapkan Tersangka Terkait Kasus Dugaan Pembuatan SK CPNS Palsu

Berita-Online. Com, Takalar- Dua Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Kab. Takalar berinisial SS (53) dan WK (44) diamankan unit Reskrim Polres Takalar dan ditetapkan tersangka atas dugaan kasus Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) palsu yang berhasil menipu ratusan korban.

terkait hal tersebut, Kapolres Takalar, AKBP Budi Wahyono mengatakan sejak dilakukan penangkapan pada April lalu dan dilakukan penyelidikan korban para pelaku penipuan mencapai 367 orang.

“Iya, sebanyak 367 berkas CPNS dengan 45 SK PNS palsu menjadi barang bukti. Korban penipuan SK CPNS utamanya dari Kabupaten Takalar dan Maros,” kata Kapolres Takalar, AKBP Budi Wahyono ketika Press relase di Halaman Mapolres Takalar, Jumat (15/5/2020). Pagi

Dia mengatakan dari ratusan korban yang di tipu. Kedua pelaku kemudian mendapatkan keuntungan hingga milyaran rupiah.

“Pelaku melakukan penipuan SK CPNS sejak tahun 2016. Total kerugian mencapai Rp.2 milliar rupiah, sisanya yang diamankan puluhan juta, Sebagian dibelanjakan dengan membeli barang-barang tas mewah jenis tas everbest dan lainnya,” ungkap Budi Wahyono.

Kedua pelaku dijerat pasal 378 dan 372 junto 556 ancaman 4 tahun penjara. Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain dari kedua oknum PNS tersebut.

“Pasal yang kita terapkan junto pasal 445 KUHP, tidak menutup kemungkinan ada yang terlibat dalam kasus penipuan SK CPNS ini,” ujranya.

Budi Wahyono menambahkan, Dari hasil penyelidikan, puluhan barang bukti yang diamankan antara lain, ada 300 berkas Blanko Formulir CPNS dengan isi 13 kardus, Perangkat komputer, mesin printer, dan beberapa berkas SK PNS palsu dan bukti-bukti pembayaran dan uang puluhan juta juga diamankan.

“Berkas kasus kedua oknum PNS juga kita sudah serahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Takalar,” tutup AKBP Budi Wahyono. (Sau)

Share :

Baca Juga

BREAKING NEWS

Bawaslu Pastikan Ijazah Basli Asli, PERAK Ucapkan Permintaan Maaf

BREAKING NEWS

Residivis Pencuri Ponsel di Bekuk bersama dengan Seorang Penadah

HUKUM

Tawuran di Jalan Kumala Makassar, 12 Orang di Amankan, 1 Petugas Kena Busur

TAKALAR

Unit Reskrim Polsek Galut Bekerjasama Tim Resmob Polda Sulsel Kambali Ringkus Pelaku DPO Curanmor

BREAKING NEWS

Warga Desa Bungi Duampanua Pinrang di Temukan Tewas di Salah Satu Kamar Kos di Parepare

HUKUM

Cegah Virus Corona Dan Minimalisir Terjadinya Aksi Tindak Kejahatan, 10 Cafe di Razia Polsek Paleteang

TAKALAR

Polri Peduli Covid-19, Kapolsek Pattallassang Pimpin Giat Bakti Sosial Pembagian Paket Sembako Kewarga Kurang Mampu

TAKALAR

Kapolres Takalar AKBP Budi Wahyono Melayat Ke Rumah Duka Orang Tua dari Ipda H. Sarro