12 Peserta Bakomsus Perawat dan Bidan Polri TA 2020 Polda Sulsel Ikut Tes Psikologi Tahap I

beritaonline.com – Makassar – Panitia Daerah Penerimaan Polri Jalur Bakomsus Perawat dan Bidang Tahun Anggaran 2020 Polda Sulsel Biro melakukanTes Psikologi terhadap 12 Peserta, di Lantai 4 Mapolda Sulsel tepatnya di Aula Bagpsikologi Biro SDM Polda Sulsel, Senin 20/4/2020.

Peserta ujian psikologi terdiri dari 11 orang Perawat dan 1 orang Bidan, sebelumnya telah menjalani tes kesamaptaan jasmani, dan Antropometri.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Pelaksana Penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 Kombes Pol Anang Pudjijanto, S.I.K., M.Si. Saat dikonfirmasi oleh wartawan di tengah-tengah pelaksanaan pemeriksaan Psikologi.

Pelaksanaan tes psikologi mengacu pada petunjuk pelaksanaan Panitia Pusat melalui Surat Kapolri Nomor : B/2297/IV/DIK.2.1./2020/SSDM tanggal 6 April 2020. dalam penyelenggaraannya Pelaksanaannya tetap mempedomani protokoler kesehatan tentang pencegahan penyebaran virus corona,

Ruang tes sebelumnya diseterilkan dengan penyemprotan disinfektan, serta memeriksa kondisi kesehatan setiap peserta dan panitia yang dilakukan oleh Biddokes Polda Sulsel dengan pemerikaan suhu badan. Selain itu pihak Panitia juga menyiapkan cairan antiseptic hand sanitzer, tempat cuci ntangan dan sabun

Ruang tes di tata sedemikian rupa sehingga terdapat jarak aman satu sama lainnya, peerta dan panitia di wajibkan mengenakan maker penutup wajah.

Panitia penyelenggara mengandeng Auditor IT Univeritas Hasanuddin, selaku penawas eksternal untuk memeriksa perangkat komputer dan scenner.

Sebelum Tes psikologi dimulai, Kabagpsikologi Biro SDM polda Sulsel AKBP Dwitondo Widodo, S.Psi., Psikolog selaku Panitia Tim Psikologi menjelaskan secara teknis bahwa sistem pelaksanaan tes psikologi ini diterapkan one day service jadi hasilnya ditayangkan langsung setelah tes selesai, dan hasil/Nilai Peserta dari pemeriksaan psikologi langsung dikirim ke Biro Psikologi SSDM Polri selaku panitia Psikologi tingkat pusat.

Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol Anang Pudjijanto, S.I.K., M.Si, selaku Ketua Pelaksana Penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 Polda Sulsel, menjelaskan, ” Pelaksanaan Tes Psikologi tahap pertama ini, melibatkan Auditor IT Unhas Makassar, untuk melakukan pengawasan terhadap perangkat komputer dan scenner, sedangkan prosesnya langsung di pandu oleh Kabagpsikologi Biro SDM polda Sulsel AKBP Dwitondo Widodo, S.Psi., Psikolog selaku Panitia Tim Psikologi ” Kata Kombes Pol Anang.

” Prinsip Betah (Bersih, Transparan , Akuntabel dan Humanis) dalam proses ini benar-benar kami lakukan, untuk menghasilkan calon anggota Polri yang Profesional, bagi yang lulus tahapan tes ini peserta akan mengikuti tes berikutnya” tambahnya.

Laporan: Supri

Pos terkait