Persiapan Libur Akhir Tahun, Kasat Lantas Polres Luwu Tawarkan Tip Keselamatan Berlalulintas.

berita-online.com – luwu – Kasat Lantas Polres Luwu AKP. Muhammadi Muhtari, S.H.S.I.K, memberikan Tip selamat, aman dan lancar berkendara di jalan raya, saat menikmati perjalanan libur akhir tahun 2019.

Tip Keselamatan Berlalulintas, disampaikan Kasat Lantas didepan Pos Pelayanan Nataru Operasi Lilin 2019 Belopa Kabupaten Luwu, Kamis 26/12/2019. pagi.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berlalulintas, terutama saat melakukan perjalanan libur di akhir tahun, ini berlaku bagi pengusaha angkutan umum, pengemudi juga kepada penumpang.

“Kita semua berbahagia saat menikmati pelajalan untuk berlibur, katakanlah mudik atau berwisata. namun terkadang perjalanan menjadikan suasana lain, akibat macet maupun hambatan lainnya, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, untuk itu para pengusaha angkutan, pengemudi dan calon penumpang perlu mengetahui Tip selamat, aman dan lancar dalam perjalanan” Kata Muhtari.

Bagi pengusaha angkutan umum agar diperhatikan berikut ini ;

1. Mentaati standar keselamatan operasional kendaraan ( seperti keur, membayar pajak, cek bengkel atas bodi, ac, ban, rem, transmisi maupun emisi gas buang,
2. melakukan pengawasan dengan baik dan benar atas pengemudi dan krunya, pengawas lapangan, back up darurat dan memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan penumpang.
3. menerapkan SOP perusahaan dengan baik dan benar seperti pengemudi memiliki sim sesuai peruntukkannya, mengecek kesehatan dan kesiapannya sebelum berangkat, serta melakukan komunikasi secara berkala.
4. Ikut bertanggung jawab atas keselamatan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Selanjutnya untuk para pengemudi perlu mengetahui :

1. Kondisi fisik untuk berkendara (sehat jasmani dan rohani), siap administrasi seperti sim , stnk, buku keur, jangan lupa mengecek kesiapan kendaraan dan terkahir wajibnya mematuhi aturan berlalu lintas.
2. Mengutamakan keselamatan, peduli akan keamanan dan kenyamanan penumpang.
3. Tidak sembrono dalam berlalulintas, senantiasa peduli dan peka dengan dengan kondisi jalan raya,
4. Gunakan jalur atau rute jalan raya yang diperuntukkanBerikan kesempatan dan ruang kepada pengguna jalan lain.
5. Tidak meminum minuman keras atau konsumsi narkoba.

Bagi penumpang angkutan umum atau menyewa agar memperhatikan hal hal ini;

1. Kredibilitas perusahaan angkutan umum
2. Melihat kondisi kendaraannya, melihat pengemudinya dan juga krunya.
3. Tidak memaksaksakan diri apabila sudah melampaui kapasitas muatan.
4. Bagi yang menyewa untuk jumlah besar meminta pernyataan dari perusahaan bahwa kendaraanya layak operasional dan memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan
5. Jangan sebatas murah namun mengesempingkan standar keselamatan
6. Mengingatkan bagi pengemudi yang ugal ugalan
7. melaporkam kepada perusahaan atau pihak yang berwajib apabila terjadi pelanggaran atau penyimpangan

“Selamat menikmati perjalanan, semoga selamat tiba di tujuan, stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan” Pungkas Kasat Lantas AKP. M.Muhtari.

Pos terkait